Sonora.ID - Profesi sebagai admin kini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Orang yang bekerja sebagai admin ini memiliki tanggung jawab untuk mengurus tata kelola administrasi, misalnya, mengurus segala berkas, membuat laporan, pengarsipan, dan pengaturan keuangan.
Oleh sebab itu, dibutuhkan sosok orang yang cekatan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu multitasking untuk menjadi seorang admin.
Selain itu, mengingat pekerjaannya yang tidaklah mudah, seorang admin juga harus tidak gagap teknologi terutama terkait dengan aplikasi-aplikasi yang mendukung pekerjaannya.
Salah satu aplikasi yang mendukung pekerjaan seorang admin adalah Microsoft Excel yang memiliki berbagai fitur untuk membantu seorang admin membuat laporan dan lain sebagainya.
Untuk menguasai Microsoft Excel ini memang diperlukan pengetahuan khusus lantaran aplikasi ini memiliki berbagai rumus untuk mempermudah pekerjaan.
Lantas apa saja sih rumus Excel yang bisa membantu pekerjaan admin itu? Simak informasinya berikut ini.
Baca Juga: Cara Filter di Excel yang Berguna Untuk Mempermudah Pekerjaan
Untuk menitikberatkan kepada potensi angka yang tertinggi pada suatu data.
Rumus
=MAX(Angka1;Angka2;…)
Contoh
=MAX(B4:B9)
Mengarahkan dalam mencari data yang terendah.
Rumus
=MIN(Angka1;Angka2;…)
Contoh
=MIN(B3:B9)
Untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).
Rumus
lower(text)
Contoh
=lower("Jangan Lupa mencuci Tangan") > jangan lupa mencuci tangan
Untuk mengubah teks ke bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf besar).
Rumus
Proper(text)
Contoh
=proper("ini aDalah rumUS eXcel yang mudah diPelajari") > Ini Adalah Rumus Excel Yang Mudah Dipelajari
Untuk mengubah teks ke bentuk upper case (huruf besar semua)
Rumus
Upper(text)
Contoh
=upper("ini adalah rumus excel sederhana di dunia kerja") > INI ADALAH RUMUS EXCEL SEDERHANA DI DUNIA KERJA
Untuk mencari data secara vertikal.
Rumus
vlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Contoh
=vlookup("Jojon",A1:C11,3,0)
Untuk mencari data yang dilakukan secara horizontal.
Rumus
hlookup(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])
Contoh
=hlookup(A2,D3:I6,2,FALSE)
Untuk mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.
Rumus
sumifs(sum_range,criteria_range1,criteria1,criteria_range2,criteria2,...)
Contoh
=sumifs(d1:d10,a1:a10,'Jojon",E1:E10,"Februari")
Untuk membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.
Rumus
round(number,num_digit)
Contoh
=round(12:3456789,2)
Untuk membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.
Rumus
trim(text)
Contoh
=trim("Ini adalah rumus excel yang mudah dipelajari")
Untuk menghitung jumlah cell yang ada datanya.
Rumus
counta(value1,[value2],..]
Contoh
=counta(a1:a10)
Baca Juga: Mau Jago Excel? Ini Penjelasan Rumus SUMIF, Beserta Fungsi dan Contoh!
Untuk menghitung jumlah cell pada suatu range yang punya satu kriteria tertentu.
Rumus
countif(range,criteria)
Contoh
=countif(a1:a10,"A")
Untuk menjumlahkan suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi tertentu.
Rumus
sumif(range,criteria,[sum_range])
Contoh
=sumif(a1:a6,"Tempe",B1:B6)
Untuk menunjukkan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu.
Rumus
match(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Contoh
=match("Jojon",A1:A20,0)
Untuk mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.
Rumus
IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
Contoh
=IF(2<3,"Benar","Salah") > "Benar" =IF(2>3,"Benar","Salah") > "Salah"
Untuk mengurutkan data agar terstruktur sehingga tidak melakukannya secara manual.
Rumus
SORT(array; [sort_index]; [sort_order]; [by_col])
Contoh
=SORT(A3:C11; [2;1])
Untuk menjumlahkan sekumpulan angka.
Rumus
Sum(number1,[number2],..]
Contoh
=sum(2,3,5,6,11) > 28 =sum(a1,a2)
Untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka.
Rumus
count(value1,[value2],..]
Contoh
=count(a1:a10)
Untuk menghitung rata-rata nilai pada suatu kelompok.
Rumus
AVERAGE(angka1, [angka2],...)
Contoh
=AVERAGE(a1,a2,a3)
Untuk menyembunyikan atau menghilangkan data yang eror.
Rumus
IFFEROR(value;value_if_error)
Contoh
=IFERRIOR(C6;”Rumus Salah’)
Untuk mengambil data secara horizontal maupun vertikal berdasarkan kolom dan baris sebuah tabel atau range data.
Rumus
INDEX(reference,rum_num,[column_num],[area_num])
Contoh
=INDEX(C3;E10,5,2)
Untuk menyajikan data khusus dengan melakukan customize sendiri sesuai dengan kebutuhan.
Rumus atau caranya adalah sebagai berikut.
a. Pilih sel apa pun dalam rentang.
b. Pilih Filter lalu Data.
c. Pilih panah header kolom.
d. Pilih Filter Teks atau Filter Angka kemudian pilih perbandingan.
e. Masukkan kriteria filter lalu pilih "OK."
Baca Juga: Cara Membulatkan Angka di Excel dengan Rumus, Mudah Banget Ternyata
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.