Sonora.ID - Untuk melamar berbagai pekerjaan saat ini dibutuhkan adanya kemampuan menguasai teknologi yang diperlukan untuk menjalankan tugas serta tanggung jawab yang akan dijalankan.
Salah satunya adalah kemampuan untuk mengoperasikan Microsoft Excel. Biasanya kemampuan ini menjadi syarat wajib yang harus dimiliki oleh seorang admin atau profesi lainnya.
Dengan fitur-fitur yang ada di dalam Microsoft Excel pekerjaan memang akan terasa lebih mudah dan cepat selesai lantaran aplikasi ini bisa membantu kita untuk mengolah serta merapikan berbagai data.
Oleh sebab itu, tak jarang para perekrut akan mengadakan tes kerja untuk menguji kemampuan para pelamar dalam mengoperasikan Microsoft Excel ini.
Supaya lolos dalam proses rekrutmen para pelamar pun dianjurkan untuk sering berlatih dalam mengoperasikan aplikasi ini.
Guna menunjang proses melatih kemampuan diri Anda pun dapat mencoba mengerjakan berbagai soal excel untuk tes kerja di bawah ini, dikutip dari laman Kita Lulus.
Baca Juga: Mau Jago Excel? Ini Penjelasan Rumus SUMIF, Beserta Fungsi dan Contoh!
Contoh Soal Excel Lengkap dengan Jawabannya
Jawaban:
1. Kerjakan dengan menggunakan rumus VLOOKUP.
Nama pelanggan = VLOOKUP(C5;M6:N8;2;0).
Keterangan:
C5 = Lookup value yang berisikan kolom kode pelanggan.
M6:N8 = Table array, yaitu tabel sebelah kanan yang berisikan nama dari kode pelanggan tersebut.
2 = Index, karena nama kode pelanggan berada pada kolom ke-2 di dalam tabel,
0 = Range lookup untuk mencari data yang benar sama persis.
2. Kalikan jumlah di kolom kuantitas dan harga satuan dengan rumus G5*H5.
3. Gunakan rumus =IF(G5>500;20%;0).
4. Hitung penjualan bersih dengan cara total penjualan dikurangi total penjualan dikali diskon. Rumusnya =I5-(I5*J5).
5. Gunakan dengan menggunakan rumus SUM dan dijumlah dari 15 kolom kuantitas serta penjualan bersih. Selanjutnya, gunakan rumus Average untuk menghitung rata-ratanya.
Baca Juga: Cara Membulatkan Angka di Excel dengan Rumus, Mudah Banget Ternyata
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.