Sonora.ID – Ketika bekerja dengan rumus di Excel, penting bagi kamu mengetahui cara mengunci rumus di Excel untuk menjaga supaya lembar kerjamu tidak berubah dan tidak bisa diubah orang lain.
Memindahkan data ke sheet lain atau tidak sengaja salah ketik adalah hal yang kerap terjadi dan berisiko menyebabkan hasil pengelolaan data pada formula rumus menjadi eror.
Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka mengunci rumus di Excel merupakan salah satu cara menjaga agar cell atau sheet di lembar kerjaan tetap aman.
Selain itu, mengunci rumus di Excel juga bisa mencegah orang lain untuk mencuri rumus tersebut.
Lantas bagaimana cara mengunci rumus di Excel supaya tidak bisa diubah dan dicuri orang? Simak penjelasannya berikut ini.
Baca Juga: Begini Cara Menghapus Kolom di Excel dengan Cepat dan Mudah!
Mengunci rumus di Excel bisa dilakukan dengan memanfaatkan kombinasi tombol tertentu pada keyboard, berikut dua metode yang bisa kamu coba.
tombol F4 di Excel adalah tombol fungsi yang memungkinkan pengguna mengulangi tindakan terakhir sesuai kebutuhan.
Di sisi lain, kamu bisa memanfaatkan tombol fungsi ini untuk mengunci sel berisi rumus.
Cara Mengunci Rumus di Excel Menggunakan Tombol F4
Untuk mengunci rumus di Excel menggunakan tombol F4, berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba:
Buka Excel dan pilih sel berisi rumus yang akan dikunci.
Tekan tombol F4 sesuai kebutuhan. Tekan F4 satu kali untuk mengunci baris dan kolom.
Bila kamu hanya ingin mengunci baris, tekan tombol F4 sebanyak dua kali. Sementara itu, untuk mengunci kolom yang berisi rumus, tekan tombol F4 sebanyak tiga kali.
Jika tidak berhasil, kamu dapat menekan kombinasi tombol Fn + F4 secara bersamaan agar rumus bisa dikunci.
Rumus di Excel berhasil dikunci.
Menggunakan Password
Kamu juga dapat mengunci rumus di Excel menggunakan fitur password atau kata sandi.
Cara ini bisa dijadikan alternatif selain memanfaatkan tombol F4. Adapun langkahnya sebagai berikut:
Baca Juga: Mengenal Rumus VLOOKUP: Contoh dan Cara Menggunakannya, Lengkap!
Cara Mengunci Rumus di Excel pada Macbook
Mengutip website resmi Microsoft, berikut cara mengunci rumus di Excel di Macbook.
Langkah pertama untuk mengunci rumus di excel adalah memilih sel yang yang ingin dikunci.
Caranya, Moms tekan COMMAND + 1 atau klik sel yang ada pada menu Format.
Selanjutnya, Moms klik tab Protect, lalu pastikan kotak centang Lock telah dipilih.
Perlu diketahui, secara default, semua sel memiliki format Lock, kecuali Moms telah menonaktifkan sebelumnya.
Jika ada sel yang tidak terkunci, pilih sel tersebut. Tekan COMMAND + 1. Lalu klik untuk mengosongkan kotak centang Lock agar sel tidak dipilih.
Pada tab Review, klik Lock Sheet atau Lock Workbook. Ketik kata sandi untuk lembar atau buku kerja, lalu ketikkan kembali kata sandi di bawah Verification.
Cara Membuka Kunci pada Cells
Caranya, klik buka Open Protect Sheet atau Open Protect Workbook pada Review. Lalu masukan password.
Caranya tekan PERINTAH + 1. Lalu, klik untuk mengosongkan kotak centang Terkunci sehingga sel tidak dipilih.
Jika masih ada sel lain yang perlu dikunci, pada tab Tinjau , klik Proteksi Lembar atau Proteksi Buku Kerja.
Lalu ketik kata sandi untuk lembar, dan verifikasi dengan mengetikkan kembali kata sandi.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.
Baca Juga: Cara Mengetik dengan Suara di Microsoft Word, Tanpa Aplikasi Tambahan