Sonora.ID - Mari simak ulasan terkait cara membuat Minutes of Meeting (MoM) yang sudah dilengkapi dengan contoh sebagai referensi.
Bagi Anda yang sudah terbiasa menghadiri rapat pasti sudah tidak asing dengan istilah Minutes of Meeting atau yang disingkat sebagai MoM.
Istilah ini digunakan untuk merujuk pada dokumentasi rapat yang dilakukan oleh seorang sekretaris dengan mencatat informasi penting selama pertemuan berlangsung.
Penulisan Minutes of Meeting (MoM) tidak dapat dilakukan begitu saja karena ada beberapa cara yang harus dilakukan agar tersusun dengan rapi.
Simak penjelasan 7 cara membuat Minutes of Meeting berikut ini dan sudah lengkap dengan contohnya.
1. Persiapkan Format sebelum Rapat Berlangsung
Baca Juga: Jangan Panik! Ini 6 Cara Mengeluarkan Air dari iPhone dengan Atau Tanpa Aplikasi!
Anda bisa menyiapkan format terlebih dahulu sebelum rapat berlangsung dengan mengetahui tempat rapat, lokasi rapat, daftar kehadiran, nama pembicara, hasil rapat sebelumnya, keputusan rapat, rencana yang dilakukan, hasil voting, dan yang lainnya.
2. Ketahui Tujuan Rapat
Tujuan rapat wajib diketahui oleh Anda untuk bisa memahami dan menuliskan konsep-konsep penting yang dapat ditanyakan kepada pihak penyelenggara.
3. Undang Peserta Rapat yang Terlibat Saja
Pastikan Anda untuk mengundang peserta rapat yang terlibat saja agar rapat dapat berjalan lebih efektif dan pembahasan cepat terselesaikan.
4. Menentukan Durasi Rapat
Ketika ingin membuat Minutes of Meeting (MoM), maka Anda harus bisa menentukan durasi rapat terlebih dahulu agar tidak keluar dari pembahasan yang didiskusikan.
5. Rekam Ketika Meeting Berlangsung
Agar tidak lupa dengan pembahasan rapat, Anda bisa melakukan dokumentasi dengan merekam meeting saat berlangsung. Dengan begitu, kelengkapan informasi pun terjamin.
6. Bacakan Minutes of Meeting (MoM)
Sebelum meeting berakhir, Anda bisa membacakan Minutes of Meeting (MoM) untuk mengkonfirmasi kembali informasi dari setiap poin yang sudah ditulis.
Baca Juga: Cara Membuat Mainan Tipe X Trondol yang Lagi Viral! Keren dan Super Kreatif Abis!
7. Kirim Minutes of Meeting (MoM) Secepat Mungkin
Jika rapat sudah berakhir, maka Anda wajib mengirimkan Minutes of Meeting (MoM) secepat mungkin kepada peserta rapat yang bersangkutan.
Contoh Minutes of Meeting (MoM)
Agar bisa membuat MoM yang baik, Anda bisa menyimak contoh dari Minutes of Meeting berikut ini yang bisa dijadikan sebagai referensi, yaitu:
1. Contoh Minutes of Meeting I
2. Contoh Minute of Meeting II
Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.