Sonora.ID - Sekarang ini pelamar pekerjaan lebih banyak daripada perusahaan yang menyediakan pekerjaan. Dan karena itu para HRD lebih ketat dalam merekrut pegawai untuk masuk kedalam perusahaan. Membuat HRD terkesan akan mempermudah kamu dan memiliki nilai lebih untuk dipanggil oleh perusahaan.
Persaingan di dunia kerja saat ini sangat ketat sehingga membuat semakin sulit untuk medapatkan pekerjaan. Akan tetapi jika memiliki kompetensi tinggi dan juga memiliki keahlian yang diinginkan perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.
Dan saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kamu bukanlah satu-satunya orang yang melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut jadi sebisa mungkin untuk membuat HRD terkesan pada kalian.
Ada beberapa cara untuk membuat HRD terkesan pada recruiter yaitu:
1. Memilih bidang sesuai dengan apa yang sesuai dengan kemampuan
Memilih bidang di perusahaan merupakan salah satu nilai plus ketika berhadapan dengan HRD.
Karena bagi HRD yang mewawancarai pelamar, jika sudah memiliki kemampuan di suatu bidang akan membuat HRD lebih tertarik.
Baca Juga: Contoh Job Description yang Harus Diperhatikan Ketika Melamar Pekerjaan
Akan tetapi untuk fresh graduate bisa menggunakan cara membuat blog untuk dijadikan sebagai portofolio ketika berhadapan dengan HRD karena, hal itu merupakan nilai tambah tersendiri bagi HRD.
2. Memasang foto profesional
Ketika menampilkan foto di CV, kamu harus menampilkan foto yang formal agar membuat HRD lebih tertarik karena di foto yang disertakan terlihat seperti profesional dapat meningkatkan ketertarikan HRD.
Beda halnya ketika memasang foto yang tidak formal akan membuat HRD manjadi kurang tertarik dan meragukan keterampilan pelamar.
3. Memiliki CV yang menarik
Memiliki CV yang dapat membuat HRD tertarik untuk membaca keseluruhan data diri menjadi salah satu nilai tambah agar HRD tau kemampuan yang kamu miliki dengan menyeluruh.
Memberikan poin yang penting di dalam CV seperti portofolio dan keterangan mengenai diri sendiri.
4. Loyal kepada perusahaan
Jaman sekarang banyak orang yang berpindah-pindah perusahaan dan menurut mereka itu hal yang keren, akan tetapi bagi HRD hal tersebut merupakan hal yang kurang menarik karena loyalitas pada perusahaan merupakan salah satu hal yang penting, HRD akan melihat berapa lama bekerja di perusahaan sebelumnya dan mempertimbangkan untuk merekrut calon pegawai.
Baca Juga: 10+ Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat dari Fresh Graduate, D3, dan S1
5. Melakukan riset ke perusahaan yang ingin dituju
Sebelum mengirimkan CV dan melakukan interview, lebih baik jika melakukan riset kepada perusahaan agar mengetahui apa saja posisi yang dibutuhkan, serta mengetahui jenis bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.
Dengan berbekal hal-hal di atas, kamu dapat meningkatkan rasa percaya diri ketika melamar ke perusahaan yang akan kamu lamar. (Farid Efendi)
Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News