Sonora.ID - Program kerja (proker) merupakan rangkaian susunan kegiatan yang dirancang untuk dilaksanakan dalam satu periode kepengurusan dari sebuah lembaga atau organisasi.
Susunan tersebut menjadi pegangan untuk mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi serta menjadi tolak ukur dalam pencapaian kinerja kepengurusan.
Program kerja ini pun ada berbagai macam jenisnya di antaranya adalah sebagai berikut.
Baca Juga: 15 Pertanyaan Wawancara Organisasi Kampus dan Jawaban
Cara Membuat Proker yang Efektif
Selanjutnya, untuk membuat program kerja yang efektif ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dan didiskusikan bersama tim, yaitu:
Berikut ini un beberapa contoh program kerja organisasi yang sederhana, namun menarik.
Contoh Program Kerja Organisasi
Contonya, membuat proker pertandingan olahraga antarfakultas dengan tujuan mempererat hubungan para mahasiswa antarfakultas tersebut.
Menyusun proker jangka panjang untuk 5-10 tahun yang akan datang dengan menimbang segala risikonya.
Misalnya, membuat proker periklanan di beberapa media guna meningkatkan penjualan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rencana kerja yang meliputi tujuan proyek, perhitungan anggaran, perkiraan waktu penyelesaian proyek, perkiraan material dan biaya yang dibutuhkan.
Setelah itu, Anda perlu melakukan analisis media yang cocok untuk digunakan sebagai mdia pemasaran, contohnya, YouTube.
Contohnya, menyusun strategi perencanaan untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan hingga target 25 persen dengan menggunakan pakar atau ahli periklanan.
Baca Juga: Contoh Kepemimpinan yang Kurang Baik, Jangan Ditiru Ya!
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.