25 Contoh Soal Pre Test PPG Kemenag 2023 dengan Kunci Jawaban

23 Maret 2023 13:00 WIB
Ilustrasi Contoh Soal Pre Test PPG Kemenag 2023
Ilustrasi Contoh Soal Pre Test PPG Kemenag 2023 ( Freepik.com)

Sonora.ID - Program Pendidikan Profesi Guru atau PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi agama Islam yang memiliki program pengadaan tenaga pendidikan yang memenuhi syarat dan ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Pada bulan suci ini, Kementerian Agama (Kemenag) pun menggelar program PPG ini, yang salah satu tahap awalnya adalah pre test.

Pre test PPG Kemenag 2023 ini perlu dilakukan sebagai upaya mengukur penguasaan tiap materi belajar bagi calon yang akan mengikuti program ini.

Berikut ini adalah 25 contoh soal pre test PPG Kemenag 2023.

Baca Juga: Kabar Baik, Kemendikbud Berikan Peluang 1 Juta Orang Guru Honorer Jadi PNS

1. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

a. Behaviorisme

b. Konstruktivisme

c. Kognitivisme

d. Sibernati

2. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

a. Behaviorisme

b. Humanistik

c. Sibernetik

d. Kontruktivisme

3. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

a. Silabus

b. RPP

c. Silabus dan RPP

d. SKL

4. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

a. Sibernetik

b. Humannistik

c. Behaviorisme

d. Konstruktivisme

5. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….

a. Pengukuran

b. Evaluasi

c. Penilaian

d. Penilaian

6. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……

a. Adil

b. Obyektif

c. Valid

d. Sistematis

7. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….

a. Sibernetik

b. Konstruktivisme

c. Behaviorisme

d. Kognitivisme

Baca Juga: Viral, Apa Itu Tes Love Character? Ini Link Test-nya, Sudah Coba?

8. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali

a. Teknologi sebagai alat bantu bagi Siswa dalam pembelajaran

b. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)

c. Teknologi sebagai bahan dan alat bantu pembelajaran (literacy)

d. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

9. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut adalah…….

a. implusive

b. reflektif

c. gaya berfikir terikat

d. gaya berfikir bebas

10. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:

a. memberi contoh penting toleransi

b. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa

c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitard

d. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

11. Pada masa kini Siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….

a. Sibernetik

b. Konstruktivisme

c. Behaviorisme

d. Kognitivisme

12. Bu Ani mengajak Siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap dipanen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi Siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar Siswa diperoleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan Siswa memiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....

a. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)

b. Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )

c. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)

d. Auditif Visual dan kinestetik

13. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

a. Kognitif

b. Sosial

c. Emosional

d. moral

14. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

a. 0 - 2 tahun

b. 2 -- 7 tahun

c. 7 -- 11/12 tahun

d. 11/12/ -- 14/15 tahun

15. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

b. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

c. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

d. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

Baca Juga: 50 Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 6 dan Jawabannya

16. Upaya membimbing Siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya Guru:

a. memberi contoh penting toleransi

b. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar Siswa

c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

d. melatih Siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

17. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

a. kemampuan berkomunikasi

b. Kemampuan untuk memecahkan masalah

c. kemampuan berinteraksi

d. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

18. Upaya Guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ………

a. menentukan kreteria keberhasilan belajar

b. mengklasifikasi Siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan

d. merencanakan pengajaran remidi

19. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

a. sosial-emosional

b. kognitif

c. moral

d. spritual

20. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

a. mengemukakan gagasan

b. mengaktualisasikan diri

c. penciptaan hubungan yang baik

d. menformulasikan tindakan

21. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

a. Prakonvensional

b. Konvensional

c. Pascakonvensional

d. Interkonvensional

22. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....

a. kesulitan akademis

b. gangguan simbolik

c. gangguan nonsimbolik

d. gangguan sosial

Baca Juga: 15 Contoh Soal OSN Biologi SMA beserta Kunci Jawabannya, Lengkap!

23. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

a. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

b. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

c. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

d. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

24. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali

a. 30

b. 21

c. 27

d. 18

25. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

a. kemampuan kognitif

b. kemampuan interaksional

c. kemampuan integrasi diri

d. kemampuan komunikatif

Berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm