Pengertian Iklan yang Lengkap dengan Fungsi, Tujuan, dan Medianya

29 Maret 2023 14:30 WIB
Ilustrasi pengertian iklan
Ilustrasi pengertian iklan ( unsplash.com)

Sonora.ID - Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian iklan yang sudah dilengkapi dengan fungsi, tujuan, dan medianya.

Iklan merupakan salah satu istilah yang sudah pasti sering kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu pasti bisa menemukan iklan di berbagai tempat, seperti pada baliho jalan raya, televisi, radio, platform streaming musik dan video, majalah, dan banyak lagi.

Meskipun sudah sering ditemukan, kamu mungkin masih belum memahami secara mendalam terkait pengertian dari iklan.

Untuk itu, simak langsung pengertian iklan berikut ini agar kamu lebih memahami tentang istilah tersebut dengan fungsi, tujuan, dan medianya.

Pengertian Iklan

Baca Juga: 15 Cara Menjaga Keutuhan NKRI dari Keluarga hingga Lingkungan Sekolah

Terdapat beberapa pengertian terkait iklan yang didefinisikan oleh para ahli terkenal, seperti:

  • Kotler dan Amstrong: iklan didefinisikan sebagai bauran promosi kepada masyarakat yang disebar melalui media, baik cetak maupun online.
  • Supriyanto: iklan merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk mempromosikan barang, ide perusahaan, atau jasa yang dibayarkan oleh sponsor
  • Shapiro dan Krishnan: iklan adalah kegiatan yang melibatkan kreativitas untuk mempromosikan suatu ide atau jasa secara menarik kepada target pasar
  • Sutisna: iklan adalah upaya untuk mengarahkan seseorang atau kelompok agar memiliki pendapat yang sama dan sampai pada tujuan tertentu dengan menggunakan media

Apabila sudah memahami seluruh pengertian tentang iklan, maka kamu bisa mengetahui fungsi dari media promosi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Iklan

Kamu mungkin hanya mengetahui bahwa iklan berfungsi sebagai media untuk melakukan promosi suatu ide atau jasa.

Tetapi, iklan sebenarnya memiliki enam fungsi lain dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, yakni:

  • Meyakinkan audiens untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan
  • Memberikan nilai tambah pada barang atau jasa yang dipasarkan
  • Menjadi sarana bantuan selain upaya dari perusahaan
  • Memberikan informasi terkait barang atau jasa kepada target pasar
  • Menjaga memori serta ingatan konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan

Tujuan Iklan

Baca Juga: 10+ Contoh Visi Misi Perusahaan yang Menarik dan Inspiratif

Suatu perusahaan sudah pasti akan membuat iklan dengan tujuan tertentu, seperti:

  • Commercial advertisingbertujuan untuk memasarkan produk melalui dua cara, yaitu iklan strategis dan iklan taktis. Iklan strategis digunakan untuk membangun nama produk sedangkan iklan taktis digunakan untuk menarik perhatian audiens guna membeli produk
  • Corporate advertising: bertujuan untuk meningkatkan atau memperkokoh citra perusahaan agar target pasar percaya terhadap suatu distributor
  • Public service advertising: bertujuan untuk memasarkan suatu ide dan gagasan guna memenuhi kepentingan masyarakat

Media Iklan

Terdapat beberapa media yang bisa digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan iklan, yaitu:

  • Media elektronik: radio, televisi, platform streaming
  • Media cetak: koran dan majalah
  • Media interaktif: media sosial
  • Media alternatif: iklan di video, rambu-rambu lalu lintas, baliho pada jalan raya, dan masih banyak lagi

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm