Sonora.ID - Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian iklan yang sudah dilengkapi dengan fungsi, tujuan, dan medianya.
Iklan merupakan salah satu istilah yang sudah pasti sering kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Kamu pasti bisa menemukan iklan di berbagai tempat, seperti pada baliho jalan raya, televisi, radio, platform streaming musik dan video, majalah, dan banyak lagi.
Meskipun sudah sering ditemukan, kamu mungkin masih belum memahami secara mendalam terkait pengertian dari iklan.
Untuk itu, simak langsung pengertian iklan berikut ini agar kamu lebih memahami tentang istilah tersebut dengan fungsi, tujuan, dan medianya.
Terdapat beberapa pengertian terkait iklan yang didefinisikan oleh para ahli terkenal, seperti:
Kotler dan Amstrong: iklan didefinisikan sebagai bauran promosi kepada masyarakat yang disebar melalui media, baik cetak maupun online.
Supriyanto: iklan merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk mempromosikan barang, ide perusahaan, atau jasa yang dibayarkan oleh sponsor
Shapiro dan Krishnan: iklan adalah kegiatan yang melibatkan kreativitas untuk mempromosikan suatu ide atau jasa secara menarik kepada target pasar
Sutisna: iklan adalah upaya untuk mengarahkan seseorang atau kelompok agar memiliki pendapat yang sama dan sampai pada tujuan tertentu dengan menggunakan media
Apabila sudah memahami seluruh pengertian tentang iklan, maka kamu bisa mengetahui fungsi dari media promosi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Fungsi Iklan
Kamu mungkin hanya mengetahui bahwa iklan berfungsi sebagai media untuk melakukan promosi suatu ide atau jasa.
Tetapi, iklan sebenarnya memiliki enam fungsi lain dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, yakni:
Meyakinkan audiens untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan
Memberikan nilai tambah pada barang atau jasa yang dipasarkan
Menjadi sarana bantuan selain upaya dari perusahaan
Memberikan informasi terkait barang atau jasa kepada target pasar
Menjaga memori serta ingatan konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan
Suatu perusahaan sudah pasti akan membuat iklan dengan tujuan tertentu, seperti:
Commercial advertising: bertujuan untuk memasarkan produk melalui dua cara, yaitu iklan strategis dan iklan taktis. Iklan strategis digunakan untuk membangun nama produk sedangkan iklan taktis digunakan untuk menarik perhatian audiens guna membeli produk
Corporate advertising: bertujuan untuk meningkatkan atau memperkokoh citra perusahaan agar target pasar percaya terhadap suatu distributor
Public service advertising: bertujuan untuk memasarkan suatu ide dan gagasan guna memenuhi kepentingan masyarakat
Media Iklan
Terdapat beberapa media yang bisa digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan iklan, yaitu:
Media elektronik: radio, televisi, platform streaming
Media cetak: koran dan majalah
Media interaktif: media sosial
Media alternatif: iklan di video, rambu-rambu lalu lintas, baliho pada jalan raya, dan masih banyak lagi