Sonora.ID - Berikut ini adalah beberapa rumus dasar Excel yang harus diketahui oleh pemula dan dikuasai.
Excel memiliki banyak rumus dasar yang dapat digunakan untuk menghitung dan menganalisis data dalam spreadsheet.
Setiap penggunaan rumus atau formula dasar, wajib mengawalinya dengan tanda sama dengan "=". Sebab jika tidak diawali dengan tanda tersebut, maka formula tidak akan bekerja.
Selain itu, tipe data yang digunakan juga harus benar. Jangan sampai formula mengacu pada sel yang kosong dan berisi teks, bukan angka.
Apabila hal itu terjadi, maka akan muncul tulisan "#VALUE!" karena sel menghasilkan nilai yang tidak valid.
Baca Juga: 4 Cara Menggabungkan Kolom di Excel dengan Mudah, Simak Yuk!
Rumus Dasar Excel
Adapun beberapa rumus dasar yang perlu diketahui pemula dalam menggunakan Excel dirangkum dari Kompas.com dan buku Microsoft Excel 2019 Inside Out oleh Bill Jelen dan Mark Dodge, diterbitkan oleh Microsoft Press yakni sebagai berikut.
1. SUM: digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam sel atau rentang sel tertentu.
Contoh: =SUM(A1:A10)
2. AVERAGE: digunakan untuk menghitung rata-rata nilai dalam sel atau rentang sel tertentu.
Contoh: =AVERAGE(A1:A10)
3. MAX: digunakan untuk menemukan nilai maksimum dalam sel atau rentang sel tertentu.
Contoh: =MAX(A1:A10)
4. MIN: digunakan untuk menemukan nilai minimum dalam sel atau rentang sel tertentu.
Contoh: =MIN(A1:A10)
5. COUNT: digunakan untuk menghitung jumlah sel yang mengandung nilai (angka atau teks) dalam rentang sel tertentu.
Contoh: =COUNT(A1:A10)
6. COUNTA: digunakan untuk menghitung jumlah cell yang tidak kosong dari range.
Contoh: =COUNTA(A1:A10)
Baca Juga: Rumus COUNTIF Excel Lengkap dengan Contoh dan Cara Menggunakannya
7. COUNT IF: digunakan untuk menghitung atau mencacah range yang telah ditentukan.
Contoh: =COUNTIF9Range; Criteria)
8. SUM IF: digunakan untuk menghitung jumlah dalam suatu range data dengan kriteria tertentu.
Contoh: =SUMIF(range; criteria;[sum_range])
9. IF: IF digunakan sebagai formula logika untuk menentukan nilai sebuah pernyataan di mana fungsi IF akan menentukan keputusan berdasarkan kondisi tertentu.
Contoh: =IF(logical_test, value_if_true, value_if_false)
10. VLOOKUP: digunkan untuk mencari nilai pada suatu kolom tabel yang vertikal (tegak).
Contoh: =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num,[range_lookup])
11. HLOOKUP: digunakan untuk mencari nilai pada suatu kolom tabel yang horizontal (mendatar).
Contoh: =HLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num,[range_lookup])
Baca Juga: 3 Cara Menghitung Diskon di Excel! Ga Perlu Ribet Hitung Satu-satu!
Itulah tadi rumus dasar excel yang harus diketahui. Semoga bermanfaat!
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.