Instagram memiliki berbagai fitur kreatif yang dapat dimanfaatkan oleh sebuah brand untuk menjangkau audiens mereka, mulai dari Feed, Stories, LIVE, hingga IGTV.
Instagram juga tersedia bagi akun personal maupun akun bisnis untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggannya.
Instagram juga memberikan kesempatan bagi para pebisnis untuk beriklan di media sosial tersebut.
Iklan di Instagram terbagi menjadi lima jenis, yakni iklan cerita (stories), iklan foto (feed), iklan video, iklan carousel dan iklan koleksi.
Terdapat dua cara pasang iklan di Instagram Ads, yaitu melalui Instagram Business dan melalui Facebook Business Manager. Berikut ini selengkapnya:
1. Menggunakan Instagram Business
Jika kamu belum punya akunnya, sebaiknya pelajari dulu bagaimana cara membuat Instagram Business.
Berikut ini cara beriklan di Instagram melalui Instagram post dan story.
Instagram post
Berikut cara membuat Instagram ads berupa post:
Ubah akun instagram-mu menjadi Instagram Business atau Instagram Creator.
Pilih postingan atau reels yang akan dipromosikan.
Klik “promote” atau “boost post”.
Tentukan dengan atau tanpa akun Facebook.
Pilih target pemasaran. Pada tahap ini, Kamu akan menemukan 3 menu, yaitu:
Semakin banyak orang yang mengunjungi profil Instagram-mu.
Semakin banyak orang yang mengunjungi Website-mu.
Semakin banyak orang yang mengirimimu pesan.
Pilih target audiens. Pada tahap ini, kamu diminta untuk “mendefinisikan” siapa target audiens dari konten promosi tersebut. Di sini, akan ada tiga pilihan menu, yaitu target audiens otomatis sesuai algoritma Instagram, target audiens yang kamu definisikan sendiri dengan memilih kriteria tertentu (special requirement), dan target audiens yang spesifikasinya Kamu buat sendiri (create your own). Setelah memilih, silahkan klik done.
Tentukan budget dan durasi iklan. Dalam tahap ini, kamu juga akan mengetahui jumlah akun yang akan dijangkau oleh iklan tersebut. Setelah cocok, klik next untuk melihat “preview” dari iklan tersebut.
Setelah tidak ada yang perlu diedit lagi, silahkan klik “payment” untuk memilih metode pembayaran.
Lalu klik “Create Promotion”
Instagram story
Berikut cara membuat Instagram ads berupa story:
Buat konten story. Pastikan konten story tersebut berukuran 1080 x 1920 piksel atau memiliki rasio 16:9.
Unggah story tersebut.
Klik ikon titik tiga di bagian kanan bawah story.
Lalu klik “promote” atau “boost story”.
Tentukan call to action (CTA) yang akan ditampilkan kepada audiens. Call to action adalah tindakan yang Kamu inginkan untuk dilakukan oleh para audiens. Tindakan ini bisa berupa swipe langsung masuk ke WhatsApp, swipe untuk cek IG profile dan lain sebagainya.
Tentukan budget dan durasi.
Lihat preview dari iklan tersebut.
Klik payment untuk melihat dan mengubah metode pembayaran.
Cara pasang iklan di Instagram Ads selanjutnya adalah menggunakan Faceboo Business Manager.
Dengan menggunakan platform ini, kamu bisa melihat dan mengevaluasi berbagai konten iklan yang sebelumnya telah dibuat.
Masuk ke Facebook Business Manager menggunakan akun Facebook-mu.
Pilih menu campaign atau kampanye.
Pilih menu pembuatan iklan terpadu.
Tentukan tujuan pembuatan iklan. Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk memilih satu tujuan diantara 3 menu, yaitu:
Meningkatkan brand awareness.
Meningkatkan trafik dan interaksi.
Meningkatkan konversi. Konversi adalah jumlah penonton iklan yang berhasil membeli produkmu.
Tentukan jenis iklan. Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk memilih antara dua jenis iklan yaitu uji split dan pengoptimalan anggaran. Pada pengoptimalan anggaran, seluruh anggaranmu digunakan untuk mengoptimalkan satu iklan saja, sementara untuk uji split, kamu bisa membuat dua iklan dengan konten yang mirip. Tujuannya adalah supaya kamu dapat melihat iklan mana yang mampu menarik lebih banyak massa.
Tuliskan nama iklan. Dengan nama iklan ini, kamu bisa membedakan antara satu iklan dengan iklan lainnya di Facebook Ads Manager.
Tentukan tujuan iklan. Tujuan atau rujukan iklan adalah situs yang kamu inginkan untuk dikunjungi oleh penonton iklan tersebut. Situs ini bisa berupa situs websitemu, profil instagram atau WhatsApp.
Nyalakan tampilkan promo jika kamu sedang menjalankan promo di bisnis tersebut.
Tentukan target audiens. Di bagian ini, kamu bisa menentukan target audiens iklanmu berdasarkan berbagai kriteria, seperti gender, lokasi, usia dan lain sebagainya.
Tentukan penempatan iklan. Jika kamu ingin agar iklan tersebut hanya tampil di Instagram saja, maka kamu bisa memilih menu edit penempatan. Sebab jika kamu memilih menu penempatan otomatis, iklan tersebut akan tampil di Facebook, Instagram dan semua aplikasi yang berada di bawah Meta lainnya.
Tentukan jadwal penayangan iklan. Pada tahap ini, kamu harus menentukan jadwal penayangan iklan baik harinya maupun jam-jamnya.
Sambungkan dengan instagram.
Pilih format iklan.
Buat teks yang menyertai iklan tersebut.
Unggah materi iklan, mulai dari gambar, tulisan dan lain sebagainya.
Lakukan pembayaran.
Itu dia informasi seputar cara pasang iklan di Instagram Ads yang bisa kamu coba untuk bisnis kamu!