Sonora.ID - Surat tanda terima barang merupakan sebuah surat yang dijadikan sebagai bukti bahwa suatu barang yang dipesan oleh pelanggan sudah dikirim oleh pihak perusahaan yang menjual.
Namun, sebenarnya surat tanda terima barang ini tidak hanya terbatas untuk keperluan bisnis atau perusahaan saja.
Surat tanda terima barang juga diperlukan oleh organisasi maupun instansi pemerintahan sebagai salah satu bukti dari adanya penyerahan barang kepada pihak tertentu.
Secara umum sebuah surat tanda terima barang ini biasanya memiliki struktur yang meliputi nama, email, telepon, dan alamat.
Di dalam surat ini juga memuat informasi mengenai detail barang yang akan diserahkan, waktu penyerahan barang serta tanda tangan pengirim dan penerima.
Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh surat tanda terima barang yang benar dan sesuai dengan struktur, dikutip dari berbagai sumber.
Baca Juga: Contoh Surat Rekomendasi BUMN 2023 yang Sesuai dengan Pedoman
Contoh Surat Tanda Terima Barang
Contoh 1
PT….........
Jl. ……….. Telp. …..
Website:...........; Email: ………..
SURAT TANDA TERIMA BARANG
No. ….
Pada hari …., tanggal ………, kami yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Jabatan
Alamat :
Selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Pertama.
Nama :
Jabatan:
Alamat :
Selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Kedua.
Pihak Pertama telah mengirimkan barang berupa … unit motor …. kepada Pihak Kedua. Pihak Kedua telah menyatakan bahwa ia telah menerima barang yang dikirimkan oleh Pihak Pertama.
Kedua belah pihak telah sepakat bahwa barang yang dikirimkan tersebut telah sampai dan diterima dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan apa pun. Apabila setelah dilakukan pengecekan ulang, ternyata ditemukan adanya barang yang kondisinya kurang baik atau mengalami kerusakan, maka Pihak Pertama berkewajiban untuk memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.
Selanjutnya segala keperluan dan biaya yang timbul sehubungan dengan barang yang sudah dikirimkan tersebut akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Pihak Kedua, kecuali jika ada barang yang mengalami masalah sebelum digunakan.
Demikian surat tanda terima ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
…………, ………… 20…
Pihak Pertama
(Nama)
Pihak Kedua
(Nama)
Contoh 2
PT....………
Jalan………..
Telepon………….; Email: ………………
Tanda Terima Barang
Nomor:
………., …..20… telah diterima barang-barang dengan rincian sebagai berikut:
Barang-barang tersebut telah diterima dalam keadaan baik untuk selanjutnya dipergunakan sebagai perlengkapan kantor divisi keuangan.
Pengirim,
(Nama)
Penerima,
(Nama)
Contoh 3
TANDA TERIMA BARANG
Telah diterima dari:....................
Barang berupa : (Nama dan jumlah barang yang diterima)
Yang diterima oleh : ………….
Untuk keperluan : ……………..
………., ………….20…
Penerima
(Nama)
Pengirim
(Nama).
Baca Juga: 5 Contoh Surat Penawaran Negosiasi yang Benar dan Sesuai Struktur
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.