Sonora.ID - Berikut ulasan selengkapnya mengenai "Account Officer Pengertian, Skill, Tugas dan Gaji".
Account Officer merupakan salah satu ungkapan yang diberikan kepada seseorang yang bertanggung jawab mengelola system akuntansi pada Lembaga keuangan, seperti bank atau koperasi.
Sosok AO memiliki tanggung Jawa untuk meningkatkan penggunaan produk kredit pada nasabah.
Account Officer merupakan sebuah posisi pada sebuah perusahaan keuangan umumnya seperti bank atau koperasi.
Adapun tugasnya untuk menyediakan, menyiapkan memenuhi kebutuhan klien atas segala sesuatu hal kredit.
Pada dunia perbankan ada beberapa jenis Account Officer yang terdiri dari beberapa hal sebagai mana berikut ini:
Baca Juga: 5 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Beserta Kisaran Gaji yang Didapatkan
Account officer micro
Account officer SME
Account officer secured loan
Account officer financial service
Account officer kredit
Tugas dan Tanggung Jawa Account Officer
Adapun beberapa tugas yang berkaitan dengan Account Officer adalah sebagai berikut:
Collecting
Salah satu tugas utama dari Accoun Officer adalah menyebar brosur, menghandle sosial media meminta referensi dan mencari calon klien atau nasabah baru untuk direkrut.
Pengenalan Produk
Tugas AO lainnya adalah melakukan pengenalan produk pada klien.
Menjalin Hubungan dengan Klien
Tugas lainnya adalah melakukan follow up terkait penawasan produk sebelumnya dabn menjaga serta menjalin hubungan baik dengan klien.
Melakukan Koordinasi dengan Pihak Marketing
Tugas lain yang harus dilakukan oleh Account Officer adalah membuat perencanaan pemasaran jadi amat sangat penting melakukan koordinasi dengan Marketing.
Mengelola Akun Klien atau Nasabah
Berikutnya job desk account officer adalah mengelola akun klien atau nasabah. Hal tersebut dilakukan agar akun nasabah tidak mengalami masalah di masa mendatang.
Skill yang Harus Dimiliki Account Officer
Beberapa skill yang harus dimiliki oleh account officer adalah:
- Mahir menggunakan komputer, terutama untuk Microsoft Excel dan/atau QuickBooks.
- Memiliki keahlian di bidang matematika pada tingkat lanjut untuk melakukan penghitungan dan pencatatan yang akurat.
- Mampu berkomunikasi dengan baik dan kuat dalam bentuk lisan atau tulisan untuk berinteraksi dengan klien atau nasabah. Terutama untuk topik sensitif yang berurusan dengan uang.
- Memiliki kemampuan mengorganisir dan menjaga catatan keuangan perusahaan dengan detail, akurat, dan teliti.
- Mampu bekerja secara multitasking untuk mengelola beberapa akun klien atau nasabah, invoice, dan bentuk pembayaran lainnya.
- Memiliki tingkat efisiensi yang baik untuk menangani berbagai problem dengan cepat dan minim gangguan.
- Mampu secara efisien menangani banyak masalah akuntansi dengan cepat.
Informasi Gaji Account Officer di Indonesia
Sesuai tingkat senioritas dan pengalaman kerja, rata-rata gaji account officer di Indonesia berada di antara angka Rp4,1 juta sampai Rp11 juta.
Nominal ini biasanya akan lebih tinggi di lembaga perbankan yang sudah bereputasi.
Namun, gaji account officer tersebut belum termasuk komisi dan bonus lain apabila ada closing atau penambahan klien baru.
Baca Juga: Cara Menjawab Pertanyaan Gaji yang Diharapkan yang Benar! Jangan Asal Sebut Angka
Baca artikel update lainnya dari Sonora.ID di Google News.