Sonora.ID - Apa yang dimaksud dengan iklan? Apakah pertanyaan itu pernah terpikir di benakmu? Atau kamu mendapat pertanyaan tersebut dari materi kuliah?
Iklan umumnya dianggap sebagai komunikasi publik yang mempromosikan suatu produk, layanan, merek, atau acara.
Bisnis sangat umum kaitannya dengan iklan karena dengan begitulah mereka bisa memasarkan produk yang dijual.
Meski demikian, penting untuk diperhatikan bahwa periklanan tidak sama dengan pemasaran; itu lebih merupakan subkategorinya.
Baca Juga: 7 Contoh Iklan Produk Makanan yang Menarik, Bisa Dijadikan sebagai Referensi!
Pengertian Iklan
Iklan adalah pesan yang disampaikan ke publik dengan tujuan memengaruhi keputusan khalayak, bisa untuk mengajak membeli suatu produk atau menggunakan jasa tertentu.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Iklan diciptakan untuk memperluas komunikasi berbayar yang dirancang untuk menginformasikan atau mempengaruhi.
Jenis Iklan
Iklan cetak: Iklan cetak melihat tinta yang dicetak di atas kertas. Surat kabar, majalah, brosur, poster, selebaran, dan surat langsung adalah contoh iklan cetak.
Iklan siaran: Di tahun-tahun yang lalu, istilah 'iklan siaran' mencakup radio dan TV, meskipun saat ini garis antara saluran analog dan layanan streaming digital ini lebih kabur dari sebelumnya.
Iklan luar ruang: Halte bus, papan reklame, balon udara, pesawat spanduk, hal-hal lain yang tidak dimulai dengan 'B' – iklan luar ruang memperlakukan seluruh dunia sebagai panggung periklanan.
Integrasi produk: Mungkin bentuk periklanan yang paling halus, integrasi produk melihat produk dan merek disertakan (dan dipromosikan secara implisit) dalam film, TV, Instagram, YouTube, dan bentuk media lainnya.
Periklanan digital: Selama beberapa dekade terakhir, periklanan digital telah mengambil alih semua bentuk lain yang tercantum di atas. Bahkan, itu benar-benar layak mendapat bagiannya sendiri.
Fungsi Iklan
Berikut Sonora.ID rangkum fungsi iklan yang kerap muncul di kalangan masyarakat.
Baca Juga: 10 Contoh Iklan Masyarakat: Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya
- Memberikan informasi kepada target konsumen
- Mempersuasi audiens untuk membeli produk yang ditawarkan
- Untuk menjaga memori dan ingatan konsumen pada produk tertentu
- Memberi nilai tambah pada produk-produk yang sedang dipasarkan
- Menjadi sarana bantuan daripada upaya lain perusahaan