Sonora.ID - Tanpa kita sadari, kita mungkin sering melihat contoh gimmick marketing yang dilakukan oleh penjual.
Hal ini tentunya dilancarkan guna menarik pembeli dan produk dapat terjual lebih banyak ke konsumen.
Dilansir dari Copify, gimmick termasuk dalam taktik pemasaran yang bergantung pada strategi yang dipikirkan dengan cermat.
Gimmick marketing umumnya dimaksudkan untuk membuat pelanggan mengambil keputusan pembelian dengan reaksi spontan.
Baca Juga: 39 Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed yang Unik dan Menarik
Adapun sejumlah contoh gimmick marketing yakni sebagai berikut.
1. Flash Sale
Membuat penawaran khusus dengan harga diskon yang hanya berlaku dalam waktu terbatas, seperti "Hanya hari ini" atau "3 jam terakhir" disebut dengan flash sale.
Hal ini dapat mendorong konsumen untuk segera membeli produk atau layanan Anda sebelum penawaran berakhir.
2. Hadiah Gratis dengan Pembelian
Menawarkan hadiah gratis kepada konsumen yang melakukan pembelian dengan nilai tertentu.
Contohnya seperti, "Dapatkan tas eksklusif gratis dengan pembelian di atas Rp500.000," sehingga pembeli akan membeli barang mencapai angka tersebut.
3. Kontes dan Lomba
Mengadakan kontes atau lomba dengan hadiah menarik untuk menarik perhatian dan interaksi konsumen atau bahkan mengenalkan produk pada khalayak yang lebih luas.
Misalnya, mengadakan lomba foto di media sosial yang kini ramai digunakan dengan hadiah liburan gratis atau produk eksklusif.
Baca Juga: 8 Contoh Promosi Produk yang Menarik, Efektif Tingkatkan Penjualan!
4. Membuat Karakter atau Maskot Unik
Menciptakan karakter atau maskot unik yang mewakili merek juga digunakan oleh beberapa brand, seperti Alfamart, Indomaret, Vivo, Mixue, dan lain-lain.
Karakter tersebut dapat digunakan dalam kampanye pemasaran, iklan, atau kegiatan promosi untuk menciptakan kesan yang kuat pada konsumen.
5. Kemasan Kreatif
Merancang kemasan produk yang menarik dan unik agar konsumen terpikat untuk membeli produk Anda juga dapat dikatakan gimmick.
Kemasan yang kreatif dan sesuai dengan target pasar dapat mencerminkan nilai merek Anda dan membuat produk Anda menonjol di rak toko.
6. Membayar Influencer
Melibatkan influencer yang relevan dengan pasar target Anda untuk mempromosikan produk atau layanan Anda lewat kerja sama atau endorse juga membantu pemasaran.
Influencer dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan obrolan di antara pengikut mereka.
7. Penawaran Terbatas
Menawarkan jumlah terbatas dari produk atau layanan tertentu untuk menciptakan rasa kebutuhan mendesak pada konsumen.
Hal ini mirip dengan konsep flash sale yang hanya tersedia dalam waktu tertentu. Misalnya, "Hanya 5 unit tersedia!"
Baca Juga: 8 Contoh Promosi Produk yang Menarik, Efektif Tingkatkan Penjualan!
Itulah tadi contoh gimmick marketing untuk tarik pembeli. Semoga bermanfaat!