Sonora.ID - Upselling sering menggunakan grafik perbandingan untuk memasarkan produk kelas atas kepada pelanggan.
Menunjukkan kepada pengunjung bahwa versi atau model lain dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik
Apa itu Upselling?
Upselling adalah strategi penjualan yang melibatkan mendorong pelanggan untuk membeli versi produk yang lebih tinggi daripada yang awalnya ingin mereka beli.
Karena mendapatkan pelanggan baru bisa jauh lebih mahal daripada menjual ke pelanggan yang sudah ada, perusahaan sering kali menggunakan teknik seperti upselling untuk meningkatkan pendapatan penjualan.
Baca Juga: Jenis-jenis Laporan Keuangan dan Tujuan Pembuatannya di Dunia Bisnis
Mengapa Upselling Penting?
Meskipun teknik penjualan cenderung menimbulkan perasaan negatif dalam diri kita, jika dilakukan dengan benar, teknik tersebut sebenarnya dapat meningkatkan pengalaman berbelanja kita.
1. Membantu pengecer membangun hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan
2. Lebih mudah menjual ke pelanggan yang sudah ada daripada mendapatkan yang bar
3. Upselling mengarah pada peningkatan Nilai Seumur Hidup Pelanggan (CLV).
4. Upselling itu unik karena menambah nilai bagi pelanggan yang membuat mereka ingin kembali lagi.
Perbedaan Upselling dan Cross-selling
Upselling dan cross-selling saling menguntungkan bila dilakukan dengan benar, memberikan nilai maksimal kepada pelanggan dan meningkatkan pendapatan tanpa biaya berulang dari banyak saluran pemasaran.
Cross-selling dan upselling serupa karena keduanya berfokus untuk memberikan nilai tambahan kepada pelanggan, alih-alih membatasinya pada produk yang sudah ada.
Dalam kedua kasus tersebut, tujuan bisnis adalah untuk meningkatkan nilai pesanan menginformasikan pelanggan tentang opsi produk tambahan yang mungkin belum mereka ketahui.
Baca Juga: Pengertian Bisnis: Jenis dan Tujuan, Beserta Contohnya Lengkap!
Kunci kesuksesan keduanya adalah dengan benar-benar memahami apa yang pelanggan Anda hargai dan kemudian merespons dengan produk dan fitur yang sesuai yang benar-benar memenuhi kebutuhan tersebut.