Kelebihan dan Kekurangan Punya Sahabat di Tempat Kerja, Kamu Setuju?

28 Mei 2023 23:42 WIB
Ilustrasi kelebihan dan kekurangan punya sahabat di tempat kerja.
Ilustrasi kelebihan dan kekurangan punya sahabat di tempat kerja. ( freepik/chevanon)

Sonora.ID - Mengetahui kelebihan dan kekurangan punya sahabat di tempat kerja bisa menjadi salah satu acuan agar dapat menentukan sikapmu dalam dunia profesional.

Bekerja di kantor bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menantang.

Selain bekerja keras dan mencapai tujuan profesional, memiliki sahabat di tempat kerja bisa menjadi hiburan tambahan.

Ketika kita memiliki teman kerja, itu dapat membantu menjaga kewarasan kita di tengah tekanan kerja dan politik kantor yang kadang-kadang dapat mengganggu kebahagiaan kita.

Namun, seperti halnya segala sesuatu dalam hidup, memiliki sahabat di tempat kerja juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga: 7 Prospek Kerja Teknik Sipil yang Jarang Disadari, Ada Banyak Pilihan!

Apa saja? Simak kelebihan dan kekurangan punya sahabat di tempat kerja sebagaimana dirangkum dari laman Times of India.

Kelebihan Punya Sahabat di Tempat Kerja

1. Memberi dukungan emosional

Memiliki sahabat di tempat kerja memberikan dukungan emosional yang berarti.

Pekerjaan sering kali menyebabkan stres, dan memiliki teman kerja yang dapat menjadi tempat bersandar saat menghadapi masa-masa sulit sangat berharga.

Mereka dapat mendorong kita untuk tetap kuat dan mereka sangat memahami kondisi kita.

Berbagi frustrasi dan keberhasilan dengan rekan kerja yang dapat dipercaya dapat meningkatkan kesejahteraan mental kita.

Baca Juga: 60 Kata-kata Perpisahan Sahabat, Singkat dan Penuh Makna

2. Meningkatkan kepuasan kerja

Membangun hubungan dengan rekan kerja kita menciptakan rasa kepemilikan dan membuat lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan.

Menikmati kebersamaan dengan teman-teman kita di tempat kerja dapat membuat setiap hari terasa lebih memuaskan, yang pada akhirnya berkontribusi pada kepuasan keseluruhan terhadap pekerjaan kita.

3. Meningkatkan kerja tim

Hubungan dekat dengan rekan kerja kita dapat memperkuat kolaborasi dan kerjasama tim sehingga meningkatkan produktivitas.

Ketika kita memiliki ikatan yang kuat dengan seseorang, kita lebih cenderung berkomunikasi dengan baik, mempercayai kemampuan satu sama lain, dan bekerja secara sinergis.

Kekurangan Punya Sahabat di Tempat Kerja

1. Politik kantor

Memiliki sahabat di tempat kerja juga memiliki beberapa kontra. Salah satunya adalah terkait dengan politik kantor.

Terkadang, memiliki sahabat di tempat kerja dapat menimbulkan persepsi adanya pilih kasih atau bias.

Rekan kerja lain mungkin merasa terpinggirkan atau percaya bahwa promosi atau peluang diberikan berdasarkan hubungan personal, bukan prestasi.

Hal ini dapat menciptakan ketegangan dan menciptakan lingkungan kerja yang negatif.

Baca Juga: 12 Puisi Tentang Rindu untuk Pasangan, Orang Tua, atau Sahabat yang Menyentuh!

2. Konflik dan gosip

Terlibat dalam gosip dapat menyebabkan kesalahpahaman, konflik, atau bahkan merusak reputasi profesional kita.

Sebagai teman, kadang-kadang kita juga bisa terjebak dalam konflik antara rekan kerja yang lain, yang dapat mempengaruhi hubungan kita dengan mereka.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan punya sahabat di tempat kerja. Bagaimana menurutmu?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm