Sonora.ID - Pada Jumat (2/6/2023), terjadi salah satu kecelakaan kereta api terburuk di India yang setidaknya menewaskan sekitar 288 orang dan ratusan lainnya luka-luka.
Terdapat 3 kereta api yang terlibat dalam kecelakaan, yakni kereta Howrah Superfast Express, Coromandel Express, dan kereta barang.
Dilansir dari Reuters, kecelakaan tersebut terjadi setelah salah satu kereta yang ditumpangi keluar jalur dan menabrak kereta lain.
Mayat masih terperangkap di gerbong yang hancur dan operasi penyelamatan terus berlanjut, sedangkan jumlah korban tewas diperkirakan akan terus meningkat.
Berdasarkan laporan awal, disampaikan bahwa penyebab kecelakaan kereta api India tahun 2023 ini terjadi akibat kegagalan sinyal.
Baca Juga: Saksi Pilu Kereta Maut India yang Tewaskan 207 Orang: 'Orang-orang Sekarat'
Namun tampaknya, kecelakaan kereta api di India bukanlah sesuatu yang baru dan bukanlah yang terparah.
Sebelum kejadian ini, selama dua dekade terakhir, negara tersebut telah mengalami setidaknya 13 insiden kereta api, demikian dilaporkan laman The Guardian.
Kecelakaan Kereta Api Terburuk di India
Adapun daftar kecelakaan kereta api terparah yang pernah terjadi di India diurutkan dari yang terbaru yakni sebagai berikut.
1. Tahun 2023
Insiden kereta api terbaru di India ini termasuk kecelakaan kereta api terparah. Ditumpangi sekitar 800 penumpang, insiden ini menyebabkan 288 orang tewas.
2. Tahun 2016
Sekitar 146 orang meninggal saat kereta Indore-Patna Express, yang mengangkut sekitar 2.000 penumpang, tergelincir di Uttar Pradesh pada 20 November, menyebabkan tabrakan antara gerbong-gerbongnya.
Baca Juga: Cara Beli Tiket Indonesia vs Argentina di Tiket.com & PSSI: Harga dan Jadwal
3. Tahun 2010
Pada 28 Mei, sebuah kecelakaan kereta terjadi ketika kereta tersebut tergelincir dan menabrak sebuah kereta barang sekitar 83 mil di sebelah barat Kolkata, Bengal Timur.
Kecelakaan tersebut menewaskan 146 orang dan melukai lebih dari 200 orang. Pihak berwenang menduga adanya sabotase yang dilakukan oleh pemberontak Maois.
4. Tahun 2002
Sebuah kecelakaan terjadi ketika Rajdhani Express, sebuah kereta mewah yang berangkat dari Kalkuta menuju New Delhi, keluar dari jalurnya dan jatuh ke sungai Dhabi yang sedang meluap.
Kecelakaan tersebut menewaskan setidaknya 120 orang. Otoritas perkeretaapian menyatakan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh sabotase, namun tidak menyebutkan pelakunya.
5. Tahun 2006
Serangkaian serangan yang dilakukan oleh kelompok Islamis di kereta api dan stasiun di daerah Mumbai menyebabkan 186 orang tewas dan 700 orang terluka pada 11 Juli.
Pemerintah India menyalahkan intelijen Pakistan dan kelompok Islamis Lashkar-e-Taiba.
Baca Juga: 5 Negara Paling Tidak Bahagia di Dunia Tahun 2022, Afghanistan Paling Menyedihkan, Kok Bisa?
6. Tahun 1999
Pada 2 Agustus, sebanyak 285 orang tewas dan 312 orang terluka dalam tabrakan antara dua kereta api di Gaisal, Benggala Barat, timur India.
7. Tahun 1998
Sekitar 210 orang meninggal ketika Sealdah Express, yang beroperasi dalam kabut tebal, menabrak kereta api yang tergelincir di negara bagian Punjab, utara India.
8. Tahun 1995
Lebih dari 300 orang tewas dan 344 orang terluka pada tanggal 20 Agustus dalam tabrakan antara dua kereta api di Ferozabad, dekat Agra, utara India.
9. Tahun 1981
Lebih dari 800 orang tewas dalam kecelakaan kereta api paling parah dan mematikan di India pada 6 Juni 1981.
Kecelakaan ini terjadi ketika sebuah kereta tergelincir saat melintasi jembatan di Bihar timur dan jatuh ke sungai di bawahnya.
10. Tahun 1956
Pada 23 November, sebuah kereta api terjun ke sungai Marudyar setelah jembatannya runtuh akibat banjir.
Kecelakaan tersebut menyebabkan setidaknya 154 orang tewas dan 115 orang luka-luka.
11. Tahun 1954
Tanggal 28 September, sebuah kereta api yang melakukan perjalanan antara Madras dan New Delhi tergelincir setelah jembatannya runtuh, menyebabkan setidaknya 137 orang tewas dan 100 orang luka-luka.
Baca Juga: Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Paling Dermawan, Banyak Crazy Rich?
Demikian tadi daftar kecelakaan kereta api terburuk di India. Semoga bermanfaat.