Sonora.ID - Faktor keberhasilan usaha harus dirumuskan agar sebuah bisnis dapat berjalan dengan baik.
Ady Inrawan dkk., dalam buku Manajemen Kewirausahaan Kontemporer (2022) menjelaskan bahwa aspek keberhasilan seorang wirausahawan bukan hanya dilihat dari seberapa keras dirinya bekerja.
Namun juga bagaimana ia mampu menggunakan kecerdasannya untuk merancang strategi dan merealisasikannya.
Henry Faizal Noor (2007) dalam Saryanto (2021) menjelaskan bahwa keberhasilan usaha pada hakikatnya adalah keberhasilan bisnis mencapai tujuanya.
Baca Juga: Prinsip Etika Bisnis: Memimpin dengan Integritas dalam Lingkungan Bisnis yang Beretika
Faktor-Faktor Keberhasilan Usaha
Adapun sejumlah faktor yang memengaruhi keberhasilan sebuah usaha menurut Hendro (2011) yakni sebagai berikut.
1. Faktor peluang
Wirausahawan harus mampu menciptakan peluang dan juga mengambil peluang yang ada dengan menerapkan strategi yang cocok untuk perkembangan usaha.
Terkadang, wirausaha terbuai peluang emas yang bersifat sementara. Perusahaan pun hanya seumur jagung sebab tidak mampu memanfaatkan peluang tesebut.
2. Faktor SDM
Sumber Daya Manusia (SDM) juga memengaruhi keberhasilan suatu usaha. Penting untuk menemukan SDM yang tepat dan berkualitas agar mampu memecahkan masalah dengan baik.
3. Faktor keuangan
Pemilik bisnis tentunya wajib mengelola keuangan dengan ketelitian dan memastikan arus kas yang sehat.
Contoh keuangan yang harus diperhatikan yakni kontrol bujet, modal kerja, dana investasi, untung-rugi, rasio keuangan, dan struktur biaya.
Baca Juga: 7 Ide Bisnis Online untuk Pemula, Modalnya Murah Meriah Banget!
4. Faktor organisasi
Organisasi dalam bisnis adalah bagian yang mengontrol semua kegiatan kerja dari mulai pemimpin hingga anggota, sehingga harus terstruktur dengan baik.
5. Faktor perencanaan
Memiliki gambaran perencanaan yang matang merupakan hal mendasar yang mendukung tercapainya sebuah tujuan, termasuk keberhasilan usaha.
6. Faktor pengelolaan
Pengelolaan usaha harus mendapat perhatian khusus demi tercapainya arah dan tujuan dari perencanaan yang sudah dibuat.
Hal yang harus diperhatikan yakni bentuk organisasi, pengelolaan aset, jadwal bisnis dan aktivitas, jumlah pekerja, distribusi barang, dan kontrol inventaris serta produk.
7. Faktor pemasaran dan penjualan
Penjualan dan pemasaran adalah lokomotif transportasi lainnya yang didalamnya terdapat keuangan, personel, produksi, distribusi, logistik, pembelian, dan lain sebagainya.
Baca Juga: 10 Usaha Sampingan di Rumah untuk Laki-laki, Tak Butuh Modal Banyak
8. Faktor administrasi
Suatu usaha juga membutuhkan dokumentasi dan pengelompokan data yang baik dalam bentuk adminitrasi.
9. Faktor peraturan
Peraturan dalam hal ini berkaitan dengan peraturan dari pemerintah, politik, sosial, ekonomi, dan budaya lokal setempat.
Jadi, wirausahawan harus memperhatikan beberapa hal seperti legalitas dan izin, situasi ekonomi-politik, dan faktor insidental lainnya.
10. Catatan bisnis
Catatan bisnis membantu wirausahawan memahami sejauh mana kemampuan bisnis berjalan.
Baca Juga: Cara Menghitung Persentase Keuntungan, Lengkap dengan Rumus dan Contoh
Itulah tadi faktor keberhasilan usaha menurut ahli. Semoga bermanfaat!