Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word yang Praktis dan Rapi

13 Juni 2023 13:40 WIB
Ilustrasi cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word
Ilustrasi cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word ( freepik.com)

Sonora.ID - Mari simak penjelasan tentang cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word yang praktis dan rapi untuk kamu coba.

Daftar isi merupakan salah satu bagian halaman penting yang wajib ada di beberapa jenis dokumen untuk memudahkan pembaca dalam mencari halaman.

Untuk membuat halaman ini, kamu dapat melakukannya secara manual di Microsoft Word, baik menggunakan Windows ataupun MacOS.

Agar tidak membuang waktu banyak, kamu dapat membuat daftar isi secara otomatis menggunakan Microsoft Word.

Berikut adalah ulasan cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word untuk kamu praktikkan secara praktis dan rapi.

1. Membuat Daftar Isi Otomatis di Windows 10

Baca Juga: Simak Cara Merapikan Tulisan di Word dengan Mudah dan Cepat

  • Buka dokumen word yang ingin Anda kerjakan atau edit menggunakan Microsoft Word
  • Kemudian, klik 'References'
  • Pilih 'Table of Contents'
  • Akan muncul pilihan menu dan klik 'Automatic Table 1'
  • Microsoft Word akan membuat daftar isi secara otomatis dan memuat sub-judul di setiap halaman dengan keterangan lengkap
  • Jika Anda ingin menambahkan atau memperbarui isi dari dokumen, Anda bisa menyunting kembali daftar isi dengan klik 'References' > 'Update Table'. Pilih salah satu opsi yang tersedia, 'Update Page Numbers Only' atau 'Update Entire Table'
  • 'Update Page Numbers Only' hanya akan mengubah nomor halaman saja, tetapi 'Update Entire Table' akan merubah seluruh nomor halaman + isi dari daftar isi
  • Jika ada entri yang hilang di daftar isi, pilih 'Home' > 'Style' > 'Heading 1. Kemudian masukkan nama teks judul dan halaman yang diinginkan

2. Membuat Daftar Isi Otomatis di MacOS

Untuk membuat daftar isi di MacOS, kamu dapat mengikuti cara yang sama dengan membuat daftar isi di Windows 10.

Namun untuk memperbarui isi dari daftar isi, kamu dapat mengikuti cara berikut ini, yaitu:

Baca Juga: 8 Fungsi Microsoft Word Lengkap dengan Penjelasan Fitur-fiturnya

  • Klik 'References' > 'Update Table'. Pilih salah satu opsi 'Update Page Numbers Only' atau 'Update Entire Table'
  • Pada opsi 'Update Entire Table', Anda dapat memperbarui seluruh daftar isi dengan mengklik 'References' > 'Table of Contents' > 'Auto Contents'

3. Membuat Daftar Isi Otomatis melalui Website

Terakhir, kamu dapat membuat daftar isi Microsoft Word secara otomatis menggunakan website berikut ini.

Melalui website ini, kamu dapat membuat daftar isi dengan cara:

  • Klik menu 'References' > 'Table of Contents' > 'Insert Table of Contents'
  • Lalu, Microsoft Word akan menampilkan daftar isi untuk membuat keterangan teks judul dengan jumlah halaman yang tertera
  • Jika ingin menambahkan atau memperbarui isi, maka daftar isi dapat Anda ubah dengan cara 'References' > 'Update Table of Contents' dan daftar isi akan berubah

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm