Pengertian ASEAN, Lengkap dengan Sejarah, Tujuan, dan Anggotanya

14 Juni 2023 06:27 WIB
Logo ASEAN.
Logo ASEAN. ( asean.org)

Sonora.ID - Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian ASEAN, lengkap dengan sejarah, tujuan, dan anggotanya.

ASEAN, atau Association of Southeast Asian Nations, merupakan organisasi regional yang terdiri dari sepuluh negara di kawasan Asia Tenggara.

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan perkembangan politik di wilayah ini, pembentukan ASEAN pada tahun 1967 menjadi langkah penting dalam membangun kerjasama regional yang saling menguntungkan.

Untuk dipahami, ASEAN didirikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kerjasama di antara negara-negara anggotanya, memperkuat stabilitas politik, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta mempromosikan perdamaian dan keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Seiring dengan perkembangan waktu, ASEAN telah mencapai pencapaian yang signifikan dalam berbagai bidang, seperti integrasi ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, perlindungan lingkungan, dan peningkatan kerjasama dalam isu-isu keamanan regional.

Organisasi ini juga memainkan peran penting dalam memfasilitasi dialog dan diplomasi antara negara-negara anggotanya, serta menjembatani perbedaan dan perselisihan yang mungkin timbul.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih jauh soal sejarah dan tujuan ASEAN, serta informasi terkait negara-negara anggota yang merupakan bagian integral dari organisasi ini.

Pemahaman yang komprehensif tentang ASEAN akan memberikan wawasan yang lebih baik tentang pentingnya kerjasama regional dalam mencapai kemajuan dan stabilitas di Asia Tenggara.

Baca Juga: Presiden RI Pimpin Dua Pertemuan di Hari Terakhir KTT ke-42 ASEAN 2023

Maka, untuk tahu lebih jauh, simak penjelasan mengenai pengertian, sejarah, tujuan, dan anggota ASEAN sebagaimana yang Sonora kutip dari Kompas.com berikut ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm