Sonora.ID - Simak ulasan tentang cara buat daftar pustaka otomatis di Word dengan mudah.
Daftar Pustaka merupakan elemen yang penting dalam sebuah karya ilmiah seperti skripsi, jurnal, makalah dan lainnya.
Dalam pembuatan Daftar Pustaka penulis biasanya membutuhkan waktu yang lama.
Ini karena daftar pustaka ditulis secara manual satu per satu.
Nah, jika kamu masih menulis secara manual sebaiknya simak ulasan ini sampai tuntas.
Pasalnya, kita akan memberikan tips cara menulis Daftar Pustaka dengan otomatis lewat fitur Word.
Kamu bisa menggunakan fitur 'Reference' di bagian menu bar Word.
Lantas bagaimana caranya? Simak di sini yuk.
Baca Juga: 11 Contoh Daftar Pustaka APA Style Semua Sumber: Buku, Jurnal, Skripsi
Cara buat Daftar Pustaka otomatis di Word untuk Skripsi
- Buka aplikasi Miscrosoft Word
- Di halaman utama kamu bisa klik tab 'References' dan pilih opsi 'Manage Sources'
- Klik 'New' saat layar menampilkan halaman 'Source Manager'
- Kemudian akan muncul jendela pop-up 'Create Source'
- Sebelum menuliskan, ubah terlebih dahulu bahasa yang ada di kolom 'Language' menjadi 'Indonesian'
- Kemudian kamu bisa memilih beberapa opsi pada menu 'Type of Source' untuk memilih jenis rujukan yang dibuat
- Isi detail referensi mulai dari penulis buku, judul, tahun terbit dan lainnya
- JKika sudah kemudian klik 'OK'
- Kemudian untuk menampilkan Daftar Pustaka, kamu bisa pilih opsi 'Bibliography' yang ada pada tab 'References'. Kemudian klik 'Insert Bibliography'.
Baca Juga: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Lengkap dengan Contohnya
Cara merapikan Daftar Pustaka dan memperbarui secara otomatis di Word
Untuk memperbaiki Daftar Pustaka pengguna pelu memasukkan sumber referensi kemudian klik 'Update'.
- Klik Daftar Pustaka yang sudah disusun
- Klik 'Update Citations & Bibliography' untuk perbarui Daftar Pustaka.
Itulah cara mudah membuat Daftar Pustaka otomatis di Word.
Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News