Sonora.ID - Berikut ulasan selengkapnya mengenai "Apa yang Dimaksud dengan Poster, Ciri dan Tujuan Pembuatannya".
Poster menjadi salah satu alat promosi atau penyanpaian informasi yang saat ini populer digunakan.
Poster bisa Anda temukan diberbagai tempat atau fasilitas umum.
Lalu apasih yang dimaksud dengan poster?
Berikut penjelasan selengkapnya mengenai hal tersebut:
Baca Juga: 10 Contoh Poster Anti Korupsi yang Kreatif dan Menarik Tapi Menohok!
Pengertian Poster
Poster merupakan sebuah bahasa ajakan, promosi atau himbauan yang kemudian disederhanakan menjadi kalimat yang easy to ear.
Dengan ini maka para audiens akan tertarik dengan apa yang di promosikan pada poster.
Sehingga berminat untuk membeli atau memakai jasa yang ditawarkan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Poster merupakan sebuah plakat yang dipasang ditempat umum dengan tujuan mengumumkan atau mengiklankan.
Sedangkan menurut Ensiklopedia Britannica, poster adalah pengumuman kertas cetak atau iklan yang dipertontonkan secara umum.
Baik mempromosikan produk, acara, atau sentimen (seperti patriotisme), poster harus segera menarik perhatian orang yang lewat.
Baca Juga: 30 Poster Hari Raya Waisak 2023 yang Sesuai dengan Tema Tahun Ini
Ciri-ciri dari Poster
Sebuah informasi dapat dikatakan sebagI poster apabils memenuhi kriteria atau ciri-ciri sebagai berikut:
- Memuat komposisi huruf dan gambar
- Dibuat dengan menggunakan bahasa yang singkat padat, dan jelas
- Berisi sesuatu yang menarik perhatian orang
- Ukurannya disesuaikan dengan tempat pemasangan
- Menggunakan perpaduan warna yang kuat dan kontras
Fungsi dari Poster
Umumnya fungsi utama dari pembuatan sebuah poster adalah untuk menarik audiens pada informasi yang disampaikan.
Namun berikut beberapa fungsi lain dari sebuah poster:
Fungsi poster secara umum
- sebagai penggerak perhatian masyarakat
- sebagai petunjuk
- sebagai peringatan
- sebagai pengalaman kreatif
- sebagai alat kampanye
Baca Juga: 21 Poster Ramadhan Anak SD, Lucu dan Menarik untuk Dipajang!
Tujuan dari Poster
Adapun tujuan utama pemasangan atau pembuatan poster adalah untuk menarik perhatian, menginformasikan, meyakinkan dan memprovokasi.
Sebuah poster dikatakan berhasil menarik audiens jika mereka merasa "terpanggil".
Inilah alasan mengapa poster dirancang secara optimal.
Reaksi audiens terhadap poster bergantung pada minat, kecenderungan, dan terutama situasi sosialnya.
Akibatnya, setiap audiens dapat menafsirkan poster secara berbeda, berdasarkan asalnya, latar belakang, dan realitas sosial serta politik.
Baca Juga: Jenis-Jenis Poster Menurut Isi dan Tujuannya lengkap dengan Penjelasan