(Ilustrasi: siswa sekolah) Permainan atau games MPLS, MOS yang seru dan mendidik. (
Freepik)
Sonora.ID - Program MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah menjadi salah satu program yang mungkin terkesan sepele, namun sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk para siswa.
Dengan adanya program MPLS, MOS, Ospek ini para siswa baru bisa lebih dengan mudah mengenal serta beradaptasi dengan aturan atau lingkungan sekolah.
Selain itu, program ini juga membantu para siswa untuk berkenalan dengan siswa lainnya melalui berbagai permainan atau gamesseru yang ada di dalamnya.
Games MPLS ini juga bisa menjadi media untuk para siswa belajar mengenai berbagai hal seperti kepemimpinan, kedisiplinan, kerja sama, dan lainnya.
Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh permainan atau games MPLS tahun 2023 yang seru dan mendidik untuk SMP, SMA, SMK.
Game ini menjadi salah satu permainan populer yang seru dan menarik untuk dimainkan. Untuk memainkan permainan ini dibutuhkan minimal dua orang peserta.
Kata-kata yang harus ditebak oleh para peserta pun beragam, misalnya, profesi yang ada di sekolah atau tempat yang ada di sekolah.
Cara bermain:
Pilih dua peserta MPLS secara acak.
Kirim pesan secara privat kepada peserta tersebut. Pesan dapat berupa kata atau kalimat yang harus ditebak oleh peserta lain.
Peserta yang sudah ditunjuk harus menjelaskan kalimat tersebut menggunakan gerakan tubuh atau gerakan mulut untuk ditebak peserta lain.
Peserta lain yang berhasil menebak dengan benar akan mendapatkan poin. Peserta dengan poin terbanyak akan menjadi pemenang di permainan.
2. Mencari Harta Kartun
Permainan ini dapat dimainkan secara berkelompok atau individual dengan cara sebagai berikut.
Panitia bisa menuliskan perintah kepada pemain di atas kertas atau papan. Contoh perintahnya seperti “Carilah benda berwarna merah!”
Para peserta pun harus menunjukkan benda sesuai dengan yang diperintahkan.
Pemenang dalam permainan ini bisa diambil dari peserta yang paling banyak menemukan benda atau berdasarkan pemain yang paling cepat menemukan benda tersebut.
3. 2 Fakta 1 Hoaks
Game ini dapat membantu para peserta untuk saling mengenal secara lebih dalam.
Minta pemain untuk menuliskan 3 hal tentang dirinya yang terdiri dari 2 fakta dan 1 hoaks. Selanjutnya, peserta tersebut menuliskan nomor dari pernyataan hoaks di balik kertas.
Pemain pertama akan menceritakan 3 hal tentang dirinya, lalu pemain lainnya harus menebak mana pernyataan yang hoaks.
Setiap pemain hanya bisa menebak sebanyak 1 kali, pemain bisa menuliskan jawaban di kertas.
Pemain yang berhasil menebak bisa mendapatkan 10 poin, sedangkan yang tebakannya salah bisa mendapatkan 0 poin.
Pemain dengan poin terbanyak akan jadi pemenang. Permainan pun selesai sampai setiap orang mendapatkan giliran untuk menceritakan dirinya.
4. Storytelling
Permainan ini menuntut para peserta untuk melanjutkan cerita dari peserta lainnya. Caranya:
Perwakilan panitia bisa mengarang cerita terlebih dulu, lalu tunjuk peserta lain secara acak untuk melanjutkan cerita.
Kata terakhir dari cerita harus menjadi kata pertama yang diucapkan oleh peserta tersebut, begitu pula seterusnya.
Peserta bisa menunjuk peserta lain untuk melanjutkan cerita.
Peserta yang gagal melanjutkan cerita bisa mendapatkan hukuman.
5. Kelipatan 4
Permainan kelipatan 4 ini membentuk satu kelompok yang terdiri dari seluruh siswa dalam kelas. Permainan ini dapat melatih konsentrasi para siswa dengan cara:
Panitia menunjuk salah satu peserta untuk berhitung dengan angka.
Namun, tidak hanya berhitung saja, para siswa harus konsentrasi lantaran siswa dengan kelipatan 4 harus menyebutkan kata boom.
Yang dimaksud dengan kelipatan 4 sendiri seperti 4, 8, 12, 16, dan lainnya. Contohnya, 1, 2, 3, boom, 5, 6, 7, boom, 9, 10, 11, boom, dan seterusnya.
Jika ada peserta yang salah sebut, maka peserta tersebut akan mendapatkan hukuman.
6. Siapa Dia?
Permainan ini juga melatih konsentrasi siswa dan dapat membuat para siswa saling mengenal. Caranya:
Kumpulkan semua peserta ke lapangan dan membuat lingkaran.
Perintahkan semuanya untuk berjongkok.
Perintahkan satu orang untuk berdiri, menyebutkan nama, dan menyatakan apa hobinya.
Setelah itu, biarkan peserta pertama untuk berjongkok kembali.
Peserta kedua berdiri dan menyebutkan nama serta hobi dari peserta pertama.
Setelah itu, barulah ia menyebutkan nama dan juga hobi dirinya sendiri.
Begitu seterusnya hingga semua peserta mendapat giliran.
Selanjutnya panitia mengajukan pertanyaan apa hobi salah satu peserta.
Bila ada yang lupa, maka yang bersangkutan harus bertanya langsung kepada orangnya.
7. Bolpoin Berjalan
Caranya:
Panitia meletakkan bolpoin ke salah satu meja siswa.
Permainan dimulai dengan siswa memberikan bolpoin tersebut ke siswa lainnya selama lagu dinyanyikan bersama.
Ketika lagu berhenti tepat di depan salah satu siswa. Siswa tersebut wajib bernyanyi atau diberi pertanyaan panitia di depan kelas.
8. Sambung Sarung
Caranya:
Panitia memberikan sarung ke salah satu peserta dan harus disambung dengan peserta lainnya.
Jika sambungan terputus, maka peserta dianggap gugur dan mendapatkan hukuman dari panitia.
9. Melanjutkan Gambar
Permainan ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan anggota kelompok sebanyak 4-5 orang. Caranya adalah sebagai berikut.
Panitia memberikan kata yang harus digambar oleh peserta pertama dalam kelompok tersebut.
Peserta pertama kemudian menggambar kata yang diberikan oleh panitia. Misal, kata yang diberikan panitia adalah jeruk, maka peserta pertama bisa menggambar buah jeruk.
Peserta pertama kemudian menunjukkan gambar yang telah dibuatnya ke peserta kedua.
Peserta kedua harus menggambar gambar yang sama lalu ditunjukkan ke peserta berikutnya.
Sampai pada peserta terakhir yang harus menebak jawaban.
Jika benar kelompok bisa mendapatkan poin. Pemenang pun dapat diambil dari kelompok yang berhasil mendapatkan poin paling banyak.
10. Berdirilah Jika Aku…
Games ini melatih ketangkasan peserta dalam mengenali dirinya, berani tampil di depan publik, dan menemukan teman yang satu frekuensi. Caranya:
Kumpulkan semua peserta di lapangan dan membuat lingkaran dalam posisi berjongkok.
Panitia menyebutkan kalimat-kalimat pernyataan, misalnya, “Aku lahir tahun 2007”, “Aku lahir di Kota”, “Aku suka es teh manis”, dan lainnya
Peserta yang merasa pernyataannya sama dengan dirinya dipersilahkan untuk berdiri.
11. Tebak Judul Lagu
Panitia dapat membuat permainan mengenai tebak judul lagu masa kini, lagu wajib, atau lagu daerah. Caranya:
Bagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
Panitia dapat memainkan lagu yang harus ditebak oleh peserta dalam hitungan beberapa detik atau panitia yang pandai bermain musik dapat memainkan satu nada dari lagu tersebut.
Jika satu nada tidak cukup, maka panitia dapat menambah nada hingga berhasil ditebak oleh para peserta.
Peserta dengan poin terbanyak menjadi pemenangnya.
12. Memindahkan Bola
Untuk memainkan jenis permainan ini, perlu empat bilah bambu ataupun pipa untuk setiap kelompok dan beberapa bola ping pong.
Game ini melatih para siswa baru untuk bergerak cepat, saling berinteraksi, dan berkoordinasi dengan baik.
Berikan bilah bambu atau pipa pada masing-masing peserta.
Bilah bambu atau pipa tersebut sebagai media para siswa untuk memindahkan bola. Para siswa harus bekerja sama untuk memindahkan bola dari tempat A ke tempat B tanpa terjatuh.
Jika bola tersebut jatuh, maka peserta harus mengulanginya dari awal.
Pemenang permainan ini dapat ditentukan dari kelompok peserta yang paling cepat memindahkan bola atau kelompok peserta yang paling banyak berhasil memindahkan bola dalam waktu tertentu.
Itulah beberapa rekomendasi ide games MPLS atau MOS 2023 yang seru dan mendidik. Pastikan untuk tidak memberikan hukuman berupa kekerasan fisik maupun yang merusak mental peserta didik, ya!