Sonora.ID - Berikut ini adalah 50 soal tes substantif PPG Prajabatan yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban.
PPG Prajabatan merupakan program pendidikan profesi guru untuk menghasilkan tenaga pengajar yang profesional dan memiliki keinginan kuat dalam memajukan generasi Indonesia.
Untuk mengikuti program ini, para guru akan menghadapi berbagai test, seperti soal tes Substantif PPG Prajabatan.
Anda yang sedang mengikuti program ini pun wajib untuk belajar dan memahami dengan baik soal-soal tes substantif yang diberikan oleh penyelenggara PPG Prajabatan tersebut.
Maka dari itu, kamu bisa langsung menyimak 50 soal tes substantif PPG Prajabatan berikut ini dengan kunci jawabannya sebagai referensi belajar.
Baca Juga: Contoh Soal Esai PPG Prajabatan Bagian F-G Tahun 2023 dan Jawabannya
1. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah:
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
2. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
3. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ....
a. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
b. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi
c. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
d. Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.
e. Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.
4. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
a. membangkitkan minat siswa
b. merangsang siswa lebih aktif belajar
c. memberi kesempatan siswa berkreasi
d. membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
e. menantang siswa untuk selalu belajar
5. Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a. Behaviorisme
b. Cognitivisme
c. Behavionisme dan Cognitivisme
d. Semua benar
6. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
a. kemampuan kognitif
b. kemampuan interaksional
c. kemampuan integrasi diri
d. kemampuan komunikatif
7. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
a kemampuan berkomunikasi
b. Kemampuan untuk memecahkan masalah
c. kemampuan berinteraksi
d. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
8. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
a. 0 - 2 tahun
b. 2 -- 7 tahun
c. 7 -- 11/12 tahun
d. 11/12/ -- 14/15 tahun
9. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
a. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
b. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
c. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
d. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
10. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
a. Kognitif
b. Sosial
c. Emosional
d. Moral
11. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
12. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar
13. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini ….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Bakat dan Minat siswa
e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
14. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
e. konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
15. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a. kompetensi dasar
b. standar kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
e. sumber belajar
Baca Juga: 25 Contoh Soal Pretes PPG PGSD 2023, Lengkap dengan Kunci Jawaban
16. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
a. sosial-emosional
b. kognitif
c. moral
d. spritual
17. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
a. penalaran pascakonvensional
b. penalaran konvensional
c. penalaran prakonvensional
d. penalaran interkonvensional
18. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
a. Prakonvensional
b. Konvensional
c. Pascakonvensional
d. Interkonvensional
19. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
a. mengemukakan gagasan
b. mengaktualisasikan diri
c. penciptaan hubungan yang baik
d. menformulasikan tindakan
20. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
a. intelegensi dan kognitif
b. budaya dan pembiasaan
c. keluarga dan lingkungan masyarakat
d. emosional dan kepribadian
21. Semua pelajar memakai sepatu hitam. Beberapa yang hadir di sekolah tidak memakai sepatu hitam. Berdasarkan dua pernyataan di atas, simpulan yang paling tepat adalah sebagai berikut ...
a. beberapa yang hadir di sekolah bukan pelajar
b. beberapa yang hadir di sekolah memakai sepatu hitam
c. beberapa yang memakai sepatu hitam bukan pelajar
d. Kakek dan Ajo Sidi bermusuhan
e. semua yang memakai sepatu hitam adalah pelajar
22. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
e. mengadakan tes remidi
23. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal- soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
e. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
24. Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
a. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b. Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
c. Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
d. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e. Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
25. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
a. kesulitan akademis
b. gangguan simbolik
c. gangguan nonsimbolik
d. gangguan sosial
26. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
a. Sibernetik
b. Konstruktivisme
c. Behaviorisme
d. Kognitivisme
27. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
a. Behaviorisme
b. Konstruktivisme
c. Kognitivisme
d. Sibernatik
28. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
a. Silabus
b. RPP
c. Silabus dan RPP
d. SKL
29. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
b. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
c. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
d. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
30. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
Baca Juga: Soal Esai Bagian C-E PPG Prajabatan 2023 dan Kunci Jawabannya
a. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
b. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
c. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
d. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
31. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
a. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
b. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
c. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
d. Teknologi sebagai alat pengembangan produk
32. Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....
a. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
b. Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )
c. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
d. Auditif Visual dan kinestetik
33. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:
a. memberi contoh penting toleransi
b. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
34. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ………
a. menentukan kreteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
35. Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia……...
a. 3-5tahun
b. 6-8 tahun
c. 10-12 tahun
d. 15-18 tahun
36. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut adalah…….
a. implusive
b. reflektif
c. gaya berfikir terikat
d. gaya berfikir bebas
37. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
a. jujur dan adil
b. mengikat dan memaksa
c. sementara dan selamanya
d. sebenarnya dan sejujunya
38. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
a. Adil
b. Obyektif
c. Valid
d. Sistematis
39. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali
a. 30
b. 21
c. 27
d. 18
40. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
a. Pengukuran
b. Evaluasi
c. Penilaian
d. Penilaian
41. Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....
a. Pemerolehan bahasa
b. Pemerolehan isyarat anak
c. Pemecahan bahasa anak
d. Karakteristik anak
42. Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....
a. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
b. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
c. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
d. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
43. Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....
a. Menulis judul buku
b. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
c. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
d. Menuliskan nama majalah
44. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....
a. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
b. Sebagai alat pemersatu bangsa
c. Sebagai alat perhubungan
d. Sebagai lambang identitas nasional
45. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....
a. Alat perhubungan tingkat nasional
b. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
c. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
d. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan
46. Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah....
a. Model Inquiry Learning
b. Model Discovery Learning
c. Model Problem Based Learning
d. Model Project Based Learning
Baca Juga: 35 Soal Pretest PPG Pedagogik 2023 dan Pembahasan Jawabannya
47. Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia bermain di sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin. Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa batu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....
a. Resmi
b. Baku
c. Tidak baku
d. Daerah
48. Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini adalah ............
a. Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.
b. Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !
c. Kita sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.
d. Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari ?
49. Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
a. Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat
b. Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
c. Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
d. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat
50. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan kecuali ............
a. Metode Kupas rangkai suku kata
b. Metode kata lembaga
c. Metode SAS
d. Metode Cerita
Kunci Jawaban
1. C
2. B
3. A
4. D
5. A
6. A
7. B
8. C
9. A
10. C
11. B
12. C
13. B
14. B
15. A
16. A
17. A
18. C
19. C
20. C
21. A
22. C
23. D
24. B
25. B
26. A
27. C
28. B
29. A
30. A
31. D
32. D
33. B
34. B
35. C
36. A
37. B
38. D
39. A
40. B
41. A
42. C
43. B
44. C
45. D
46. A
47. C
48. C
49. B
50. D
Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.