Sonora.ID - Berikut ulasan selengkapnya mengenai "Pengertian Organisasi Lengkap dengan Ciri, serta Tujuan Dibentuknya".
Organisasi menjadi salah satu wadah atau saranan sekelompok orang dengan beragam ideologi, pemikiran untuk mencapai sebuah tujuan secara bersama-sama.
Pengertian Organisasi
Secara umym organisasi merupakan sebuah kata yang berasal dari Organon pada Bahasa Yunani yang jika diterjemahkan bermakna alat.
Sementara menurut garus besar pengertian dari organisasi adalag sebuah kelompok besar yang saling bahu membahu untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama.
Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) organisasi adalah sebuah kesatuan atau susunan orang pada perkumpulan untuk mencapai sebiah tujuan bersama.
Berikut beberapa pengertian menurut para ahli:
Baca Juga: 6 Peran Indonesia dalam OKI (Organisasi Kerja Sama Islam)
Chester I. Bernard
Dalam bukunya yang berjudul The Executive Function, Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Stephen P. Robbins
Menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Stoner
Mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
James D. Mooney
Mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Ia berpendapat bahwa organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.
Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi yang Baik dan Sopan
Tujuan Organisasi
Pada sebuah buku yang berjudul Organisasi Struktur dan Desain, Dicky Wisnu U.R menyebutkan bahwa ada beberapa alasan seseorang mendesain struktur dan budaya organisasi menjadi sebuah tugas yang penting.
Desain organisasi turut memiliki peran penting pada berbagai aspek yang kolektif.
Mendapatkan Manfaat Kompetitif
Pada dasarnya tiap organisasi terus menerus menemukan desain organisasi yang merupakan sumber manfaat kompetitif pada jangka panjang.
Melihat Potensi
Tujuan lain dibentuknya sebuah organisasi adalah untuk membuag sebuah rencana gang berpotensi membentuk keuntungan dan tujuan.
Mengembangkan lingkungan serta teknologi terbaru yang memberikan lebih banyak gebrakan serta potensi.
Mengatur Perbedaan
Berbagai perbedaan ras, gender, dan etnis dari anggota organisasi mempunyai implikasi penting bagi nilai sebuah budaya organisasi dan juga keefektifan organisasinya.
Mengatur Perbedaan
Berbagai perbedaan ras, gender, dan etnis dari anggota organisasi mempunyai implikasi penting bagi nilai sebuah budaya organisasi dan juga keefektifan organisasinya.
Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi yang Baik dan Sopan