Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi, dengan Penjelasannya Lengkap

26 Juli 2023 11:29 WIB
Ilustrasi Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi, dengan Penjelasannya Lengkap
Ilustrasi Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi, dengan Penjelasannya Lengkap ( Pixabay/Pexels)

Sonora.ID – Ada berbagai jenis-jenis teks dalam Bahasa Indonesia yang akan dipelajari dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD, SMP dan SMA.

Salah satunya adalah teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan secuatu berupa hasil dari pengamatan (observast).

Dalam buku, CMS Cara Menguasai Soal Bahasa Indonesia SMA dan MA Latihan Soal dan Pembahasan HOTS, oleh Tomi Rianto, teks laporan ini juga disebut teks kasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Jenis teks ini mendeskripsikan/menggambarkan bentuk, ciri, atau sifat umum severti benda. hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, atau peristiwa yang terjadi di alam semesta.

Nah, supaya lebih memahami mengenai teks laporan hasil observasi, berikut penjelasan ciri-ciri teks laporan hasil observasi secara lengkap.

Baca Juga: 50+ Contoh Kalimat Ungkapan dan Artinya, Biasa Digunakan Sehari-hari 

Ciri-ciri Teks Laporan hasil Observasi

Ciri-ciri teks laporan hasil observasi sekilas memiliki kemiripan dengan teks deskripsi. Akan tetapi, keduanya merupakan jenis teks yang berbeda.

Lalu, apa saja ciri-ciri teks laporan hasil observasi? Melansir dari Garmedia Blogi, berikut penjelasannya.

  1. Disusun secara sistematis

Ciri-ciri teks laporan hasil observasi yang pertama adalah penyusunan teksnya dilakukan secara sistematis.

Hal ini dapat dipahami bahwa teks laporan hasil observasi memiliki susunan urut sesuai dengan struktur dari teks laporan hasil observasi.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm