Inilah Syarat-syarat Brosur yang Tepat dan Benar, Sudah Tahu?

28 Juli 2023 13:57 WIB
Illustrasi Brosur
Illustrasi Brosur ( Freepik)

Sonora.ID - Berikut ulasan selengkapnya mengenai "Inilah Syarat-syarat Brosur yang Tepat dan Benar, Sudah Tahu?".

Brosur menjadi salah satu media promos yang cukup efektif untuk digunakan pada saat ini.

Sebab brosur mampu menjangkau public yang lebih luas.

Umumnya Brosur bersifat umum dan tidak spesifik lantaran target audiens juga layanan yang ditarkan sifatnya cenderung general atau umum.

Dikutip dari Buku Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia yang rilis pada tahun 2021 karangan Lisa Septia Dewi Br Ginting menyebutkan brosur merupakan sebuah terbitan yang tidak berkala yang terdiri atas beberapa halaman.

Baca Juga: Bagaimana Fungsi Iklan bagi Pemerintah dan Perusahaan? Ini Jawabannya

Meedia prmosi yang tidak berkaitan dengan terbitan lain dan biasanya langsung diterbitain pada satu kali periode.

Sedangkan dikutip dari Buku Pelayanan Priba yang diedarkan pada 2018 karya Ratminto dkk menyebuykan brosur umumnya dibagikan secara Cuma-Cuma dengan tujuan memperkenalkan produk dan jasa.

Untuk bisa dikatakan menjadi sebuah brosur yang baik dan tepat harus memennuhi beberpa persyaratan.

Berikut beberapa persyaratan brosurnya, sebagaimana di ilansir dari situs P3UD Kabupaten Deli Serdang, berikut beberapa syarat brosur yang baik:

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan? Berikut Pengertian, Jenis dan Fungsinya

- Singkat tetapi informatif

- Menggunakan judul yang menarik

- Menyebutkan benefit produk

- Memberi kalimat ajakan

- Informasi harus relevan.

Berikut uraiannya:

Singkat tetapi informatif

Hal yang utama dan perlu ada pada brosur adalah informasi. Namun harus singkat tetapi cukup mencakup seluruh informasi.

Bisa dikatakan syarat utama sebuah brosur adalah singkat tetapi informatif.

Hindari kata-kata yang membingungkan usahakan mengunakan kalimat langsung yang menjelaskan kepada inti informasi.

Misalnya, "Ingin wajah mulus tanpa jerawat?" atau "Ingin belanja bulanan gratis?".

Menyebutkan benefit produk

Brosur yang tepat dan baik adalah selebaran yang mengungkapkan benefitnya dari produk atau hal yang ditawarkan.

Jadi tidak hanya mempromosikan jualan namun juga memberi tahu manfaatnya.

Brosur yang menampilkan detail benefit produk atau jasa, tentunya akan lebih menarik ketimbang brosur yang hanya berisi penawaran.

Memberi kalimat ajakan

Wajib adanya sebuah kalimat ajakan sering disebut CTA (Call To Action) pada sebuah brosur yang benar dan tepat.

CTA adalah kalimat singkat yang bertujuan memengaruhi atau mengajak pembacanya.

Contoh, "Pesan sekarang untuk dapatkan harga murah!" atau "Beli sekarang juga sebelum kehabisan!".

Informasi harus relevan

Syarat brosur yang baik adalah memuat informasi yang relevan.

Artinya informasi yang disampaikan harus sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Contohnya nomor telepon, alamat email, atau lainnya.

Baca Juga: 15 Contoh Brosur Bahasa Inggris Beragam Tema, Simple, Menarik

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm