10 Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen, Menarik dan Meyakinkan

9 Agustus 2023 11:11 WIB
Ilustrasi Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen
Ilustrasi Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen ( Freepik)

Sonora.ID – Berikut beberapa contoh dialog menawarkan produk ke konsumen menarik dan meyakinkan yang bisa dijadikan referensi.

Menjual sebuah produk ke konsumen bukanlah perkara mudah. Terkadang kita harus mengalami penolakan dan berbagai kesulitan lainnya ketika hendak berkomunikasi dengan konsumen.

Itulah sebabnya, Anda perlu pintar dalam memilih kata-kata promosi yang menarik dan meyakinkan.

Tujuan dari promosi adalah untuk memengaruhi dan membujuk calon konsumen agar lebih tertarik dan ingin membeli produk yang dijual.

Namun sebagai tenaga penjual, tentunya kita akan bertemu banyak orang dengan kepribadian yang berbeda-beda.

Baca Juga: 10 Contoh Dialog Polite Request dalam Bahasa Inggris, Beserta Artinya

Untuk itu, berikut beberapa contoh dialog menawarkan produk ke konsumen yang bisa dijadikan referensi atau pembelajaran.

Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu beberapa tips menawarkan produk ke konsumen berikut ini:

  • Percaya Diri dan Juga Jangan Ragu
  • Menunjukkan Keunggulan dari Produk
  • Dapat Memberikan Kesan Pertama yang Baik
  • Jangan Merendahkan dari Produk Lain
  • Memberikan Perhatian dan Juga Pelayanan yang Terbaik
  • Menjalin Interaksi yang Positif dengan Para Calon Pembeli
  • Memberikan Sebuah Fasilitas After Sales

Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen 1

Marketing : “Halo, selamat pagi apakah benar ini rumah Ibu Risa.”

Konsumen : “Iya, benar saya sendiri.”

Marketing : “Saya Milen Nurida dari Anak Cemerlang Education Center, Ibu. Apakah benar kemarin Ibu mengisi form pertanyaan produk di website kami?”

Konsumen : “Iya, benar. Kebetulan saya sedang mencari kursus Bahasa Inggris untuk anak saya.”

Marketing : “Kalau boleh tahu, anak Ibu berusia berapa ya?”

 

Konsumen : “Anak saya baru berusia 7 tahun mbak, kira-kira di KEC ada programnya tidak ya?”

Marketing : “Anak Cemerlang Education Center menyediakan program pembelajaran Bahasa Inggris untuk semua usia, Ibu. Untuk anak berusia 7-10 tahun, kami memiliki program “Happy English” yang diselenggarakan setiap Sabtu dan Minggu pukul 15.00- 16.30, Ibu. Program ini nantinya akan mempelajari kosa kata dan percakapan Bahasa Inggris dasar seperti, nama-nama benda, hewan, memperkenalkan diri dan lain sebagainya. Program “Happy English” juga didesain untuk menjadi program pembelajaran yang menyenangkan dengan belajar menggunakan lagu, games dan bahan ajar menarik lainnya. 

Konsumen : “Untuk ruangannya bagaimana ya, Mbak? Anak saya, si Kenneth ini, sukanya lari-larian kemana-mana.”

Marketing : “Ibu tidak perlu khawatir, setiap ruang belajar program “Happy English” dilengkapi dengan matras. Selain itu, tim pengajar juga telah dibekali dengan pelatihan ajar untuk anak dibawah umur sehingga, pengajar tidak hanya ahli dalam Bahasa Inggris, tetapi juga attentive dengan perilaku anak-anak.”

Konsumen : “Wah, menarik. Untuk biayanya bagaimana ya, Mbak?”

 

Marketing : “Program “Happy English” tersedia dalam 3 paket, yaitu paket A dengan rincian biaya Rp. 1.800.000 untuk untuk 8 kali pertemuan, sudah termasuk seragam, modul, peralatan tulis dan snack, paket B dengan rincian biaya Rp. 4.800.000 untuk 24 kali pertemuan, sudah termasuk seragam, modul, alat tulis dan snack, terakhir ada paket C seharga Rp. 7.500.000 untuk 48 kali pertemuan sudah termasuk seragam, modul, alat tulis, snack, dan biaya outbound di akhir program. 

Konsumen : “Boleh tolong kirim brosurnya ke email saya, Mbak?”

Marketing : “Boleh, Ibu. Emailnya sama dengan yang Ibu gunakan kemarin ya? milen.nurida@hotmail.com?

Konsumen : “Iya, Mbak. Nanti kalau misalnya saya tertarik untuk ikut programnya saya bisa daftar via website ya?”

Marketing : “Benar, Ibu. Bagaimana Ibu? Ada yang ingin ditanyakan lagi?”

 

Konsumen : “Tidak, Mbak.”

Marketing : “Baik, kalau begitu percakapannya saya tutup sekarang ya, Ibu. Bilamana Ibu ada pertanyaan lagi silahkan hubungi nomor ini kembali. Kami tunggu kabar baiknya, Ibu. Terima kasih, selamat pagi.”

Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen 2

Sales: Selamat pagi kak. Ada yang bisa saya bantu?

Konsumen: Selamat pagi. Saya sedang mencari baju untuk acara penting besok.

 

Sales: Baik kak, apakah kakak memiliki preferensi warna atau model tertentu?

Konsumen: Saya ingin baju yang elegan, tapi tetap nyaman dipakai.

Sales: Boleh saya rekomendasikan salah satu produk kami? Kami memiliki koleksi baru yang mungkin cocok dengan kebutuhan kakak. Ini adalah produk baju elegan dengan desain yang simpel dan tetap terlihat mewah. Kain yang digunakan pun sangat nyaman dipakai. Apa kakak ingin melihatnya?

Konsumen: Baiklah, saya ingin melihatnya.
 

Sales: Ini dia produk baju elegan yang saya rekomendasikan untuk kakak. Apa kakak ingin mencobanya?

Konsumen: Ya, saya ingin mencobanya.

Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen 3

Sales: Selamat siang mbak. Ada yang bisa saya bantu?

Konsumen: Selamat siang. Saya mencari produk kosmetik untuk kulit berminyak.

 

Sales: Baik mbak, kami memiliki produk yang cocok untuk jenis kulit berminyak. Produk kami adalah produk kosmetik untuk kulit berminyak dengan kandungan bahan-bahan alami yang dapat membantu mengatasi kelebihan minyak pada kulit. Apakah ingin melihatnya?

Konsumen: Ya, saya ingin melihatnya.

Sales: Ini dia produk kosmetik untuk kulit berminyak yang saya rekomendasikan. Produk ini sudah banyak digunakan oleh konsumen kami yang memiliki masalah kulit berminyak. Apakah mbak tertarik untuk mencobanya?

Konsumen: Ya, saya ingin mencobanya.

Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen 4

Sales: Selamat pagi Bapak. Apa ada yang bisa saya bantu?

Konsumen: Selamat pagi. Saya ingin mencari obat untuk sakit kepala yang sering saya alami.

Sales: Kami memiliki produk obat yang dapat membantu meredakan sakit kepala. Produk kami adalah produk obat untuk sakit kepala yang sudah terbukti efektif dalam membantu mengatasi masalah tersebut. Apakah Bapak ingin melihatnya?

Konsumen: Ya, saya ingin melihatnya.

Sales: Ini dia produk obat untuk sakit kepala yang saya rekomendasikan. Produk ini sudah banyak digunakan oleh konsumen kami yang memiliki masalah sakit kepala. Apa Bapak ingin mencobanya?

Konsumen: Ya, saya ingin mencobanya.

Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen 5

Penjual: Selamat sore. Sedang mencari produk yang seperti apa, Pak?
 
Konsumen: Selamat sore. Saya sedang mencari makanan yang cocok untuk penderita diabetes.
 
Penjual: Baik, selain diabetes, apa ada pantangan atau riwayat penyakit lain
 
Konsumen: Kalau bisa, yang juga memberi rasa kenyang lebih lama.
 
Penjual: Ini, Pak. Kami memiliki produk yang rendah lemak, bebas gluten, dan kandungan manisnya berasal dari gula pengganti, yaitu stevia.
 
Camilan ini juga bisa menjadi menu sarapan atau makan malam karena mengandung gandum yang akan memberi rasa kenyang, tetapi ringan di pencernaan.
 
Konsumen: Boleh, apa ada sampelnya?
 
Penjual: Ada, Pak. Ini sampelnya yang tersedia. Ada rasa cokelat dan kismis. Silakan.
 
 
Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen 6
 
Marketing : Assalamualaikum Pak, nama saya Harahap dari Bank Kósngosan ingin meminta waktunya sebentar untuk menawarkan produk Asuransi Kosngosan yang bermanfaat untuk bisnis bapak.

Konsumen : Ya silahkan saja, tapi jangan lama lama ya, saya ada meeting setengah jam lagi

Marketing : Baik bapak. Disini kami ingin memberikan informasi seputar kelebihan dari produk Asuransi kami, dengan biaya premi yang terjangkau dan cocok untuk pelaku UMKM seperti bapak dalam melindungi bisnis dan aset.

Konsumen : Kalau boleh tahu bagaimana detail produknya? Biar saya pelajari lagi nanti.

Marketing : Baik bapak, kami akan kirim informasi detail dari asuransinya lewat email atau whatsapp bapak boleh?

Konsumen : Oke, kirim lewat email saya saja, nanti saya cek.

Marketing : Baik bapak, saya akan mencoba informasikan singkat saja mengenai kelebihannya, kami sudah mendapatkan serfitikasi dari AAUI, kami juga memberikan Jaminan Pengiriman Barang, Perlindungan Risiko dan Pengganti Kerugian untuk bisnis bapak

Konsumen : Saya cukup tertarik, nanti saya putuskan setelah baca detailnya ya. Ini saya harus persiapan meeting lagi.

Marketing : Terimakasih bapak, sudah berkenan meluangkan waktunya bersama kami

 
Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen dalam Bahasa Inggris

Salesman: Good morning, this is Sabrina from XX Electronic store. What can I help you?
selamat pagi, ini Sabrina dari toko elektronik XX, ada yang bisa saya bantu

Customer: Good morning, thank you I am would like to return a phone that I purchased from your store.
selamat pagi, terima kasih, saya ingin mengembalikan ponsel yang saya beli dari toko Anda

Salesman: I see. I am sorry for the troble, can you tell me what seems to be the problem?
begitu, maaf sekali untuk ketidaknyamanannya, apakah Anda bisa menginfomasikan apa masalahnya?

Customer: I order the LG phone online but the phone that came is in different brand. Can you suggest anything?
saya memesan ponsel LG secara online tapi yang datang adalah merk yang berbeda, apakah Anda bisa menyarankan sesuatu?

Salesman: Can you please mention your name and the order number?
bisakah Anda menyebutkan nama dan nomor pesanannya?

Customer: My name is Harrison Gayle. The order number is DNW345435
nama saya Harrison Gayle. Nomor pesanannya adalah NDW345435

Salesman: one moment please, I will check your order
sebentar saya akan memeriksanya

Customer: ok, i will wait
ok, saya akan menunggu

Salesman: Mr Harrison, again I am sorry for the mistake. Our data did say you order a Lg new phone. We will send someone to take the wrong phone and replace it with the correct order
Pak harrison, sekali lagi mohon maaf untuk kesalahannya. Data kami memang menyatakan pesanan Anda adalah ponsel LG. Kami akan mengirimkan seseorang untuk mengambil ponsel yang salah dan menggantinya dengan yang benar

Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen dalam Bahasa Inggris 

Salesman: Hallo, are you looking for a phone?
hallo, apakan Anda sedang mencari ponsel?

Customer: Hallo, yes, but I am not sure what I want.
hallo, iya, tapi saya tidak yakin ponsel seperti apa yang saya inginkan

Salesman: I see. What spesification that you are looking for?
begitu, spesifikasi seperti apa yang Anda inginkan?

Customer: something simple and affordable. I will just use it to make calls and probably open Facebook or something
ponsel yang sederhana dan terjangkau. Saya hanya akan memakainya untuk menelpon dan membuka Facebook atau sejenisnya

Salesman: Do you have a special brand in mind?
apakah Anda ingin membeli merk ponsel tertentu?

Customer: I have been using Nokia for a long time, but I like to try something else
saya telah memakai Nokia untuk waktu yang lama, tapi saya ingin sesuatu yang baru

Salesman: what about this new Samsung phone? It is only 2 million rupiah. This Xiomi is another affordable brand with high spesification
bagaimana dengan ponsel Samsung yang baru? Harganya hanya 2 jutaan. Ponsel Xiomi adalah pilihan merk terjangkau dengan spesifikasi tinggi

Customer: Do you have something that are smaller?
apakah Anda punya pilihan lain yang lebih kecil?

Salesman: Sony Xperia is small and very offordable about 2 million rupiah
Sony Xperia kecil dan sangat terjangkau, hanya sekitar 2 jutaan

Customer: can I see it?
bisa saya melihatnya?

Salesman: sure, here it is
tentu, ini dia

Customer: I am not sure, I will come back later with my Brother, he understand phone better than me, thank you
saya tidak yakin, saya akan datang lagi dengan saudara laki-laki saya. Dia mengerti ponsel lebih baik daripada saya, terima kasih

Salesman: No problem
tidak masalah

Contoh Dialog Menawarkan Produk ke Konsumen dalam Bahasa Inggris

Salesman: Evening mam, How may I help you?
malam, ada yang bisa saya bantu?

Customer: I want to buy a new phone for my daughter.
saya ingin beli ponsel untuk anak saya

Salesman: What kind of phone do you have in mind?
ponsel seperti apa yang Anda inginkan?

Customer: what does teenage girl likes in a phone these days?
ponsel seperti apa yang disukai remaja perempuan yang populer?

Salesman: something with high – end camera ang large storage and of course a stylish phone
sesuatu dengan kamera canggih dan penyimpanan besar dan tentunya tampilan yang gaya

Customer: Ok, what do you suggest? My budget is 5 million rupiah
ok, apa saran Anda? Budget saya hanya 5 juta rupiah

Salesman: There are many option. Samsung Galaxy A72 has 4 camera and large capacity. Oppo A53 has 3 camera at the back and one in front. ViVo V21 is another option with 3 camera at the back and one for selfie.
ada banyak pilihan, Samsung Galaxy A72 memiliki 4 camera dan kapasitas besar. Oppo A53 memiliki 3 kamera dibelakang dan satu dibelakang. ViVo V21 adalah pilihan lain dengan 3 kamera belakang dan satu kamera selfie

Customer: I think my daughter did say that she wanted the new Oppo. How much is that?
saya rasa anak perempuan saya pernah mengatakan kalau dia ingin ponsel Oppo yang baru

Salesman: Nowadays Oppo is one of the best options for people who love taking pictures. It is 4.500.000
akhir-akhir ini Oppo adalah pilihan terbaik untuk orang yang suka foto. Harganya 4.500.000

Customer: Ok. I will take it
Ok, saya akan ambil

Salesman: Ok. Are you going to pay in cash or credit card?
ok, apakah Anda akan membayar dengan tunai atau kartu kredit?

Customer: Cash please
tunai

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: 10 Contoh Dialog Asking and Giving Certainty Singkat, Beserta Artinya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm