Sonora.ID - Dalam dunia kerja setiap karyawan maupun atasan dituntut untuk profesional dalam menjalankan tugas dan menjunjung etos kerja yang baik.
Meski demikian, tidak sedikit dari mereka yang kerap bertindak tidak profesional hingga memiliki etos kerja yang buruk.
Di antara banyak contoh etos kerja yang buruk, salah satunya adalah kecenderungan mengeluh selama bekerja dan menerima tugas.
1. Tidak bertanggungjawab
Sebagai seorang karyawan, individu diwajibkan untuk mengerjakan apa yang menjadi tanggungjawabnya.
Baca Juga: 3 Contoh Email Terima Kasih Bahasa Inggris usai Wawancara Kerja
Orang yang memiliki etos kerja tidak baik justru akan sering terlambat kerja dan jarang tepat waktu dalam mengerjakan berbagai tugasnya. Hati-hati, rekan kerja yang seperti ini sering mengabaikan janjinya.
2. Mengeluh
Orang yang tidak sungguh-sungguh dalam bekerja juga akan selalu mengeluh. Mereka berpikir, tak ada yang terlihat baik dan semuanya selalu terlihat berantakan.
3. Tak antusias bekerja
Saat diberikan amanat baru, karyawan yang semrbono akan menunjukkan raut wajah tidak bahagia. Dirinya selalu terlihat tidak bersemangat saat mengerjakan tugas di kantor.
4. Selalu mencari alasan
Seorang karyawan yang memiliki contoh etos kerja yang buruk akan malas mengerjakan tugas atau proyek baru. Mereka justru akan mencari alasan untuk menolak.
Pegawai seperti ini selalu mencari alasan untuk menutupi berbagai tindakannya yang kurang tepat.
5. Senang bergosip
Disadari atau tidak, bergosip merupakan tindakan yang dapat menghancurkan moral dan dinamika kerja tim di kantor. Selain itu, bergosip juga dapat melahirkan perpecahan di kantor.
Baca Juga: 25 Kata-Kata Anime yang Ngena Banget dan Bisa Jadi Motivasi Diri
6. Senang berbohong
Pegawai yang senang berbohong dan mengarang cerita negatif di kantor dapat membahayakan kerja tim. Sebaiknya, Anda menghindari para pegawai yang senang berbohong.
7. Tidak mau membantu orang lain
"Ini bukan pekerjaan saya!"
Ada juga pegawai yang tidak pernah mau membantu pekerjaan rekan kerjanya. Dia hanya mau menyelesaikan berbagai pekerjaan yang menjadi tugasnya.
8. Terlalu mandiri
Mandiri merupakan sikap yang positif, tapi jika Anda terlalu mandiri, sikap tersebut justru dapat berdampak negatif. Pasalnya, karyawan yang terlalu mandiri selalu ingin bekerja sendiri.
9. Sok tahu
Karyawan yang menyebalkan sering bersikap seolah dirinya mengetahui banyak hal. Dia selalu menunjukkan dirinya handal dalam berbagai bidang yang dibicarakannya.
Itulah tadi informasi terkait contoh etos kerja yang buruk yang dimiliki oleh beberapa karyawan kantor.