Cara Membuat Laporan Hasil Projek Pancasila yang Efektif dan Benar

22 Agustus 2023 12:09 WIB
Ilustrasi Cara Membuat Laporan Hasil Projek Pancasila yang Efektif dan Benar
Ilustrasi Cara Membuat Laporan Hasil Projek Pancasila yang Efektif dan Benar ( Kompas.com)

Sonora.ID – Dalam rangka mewujudkan pelajar Pancasila, selain memahami cara mendesain dan mengelola profil pelajar Pancasila, penting juga bagi tenaga pendidik untuk membuat laporan hasil projek Pancasila yang efektif.

Menyusun laporan hasil proyek Pancasila merupakan langkah akhir sekaligus tahap penting dalam sebuah projek.

Sebab tak hanya menjadi sarana pemahaman, bagaimana cara membuat laporan hasil projek Pancasila juga akan menggambarkan apa yang telah dicapai dalam proyek dan bagaimana nilai-nilai Pancasila tercermin dalam hasilnya.

Mengutip situs ditpsd.kemdikbud.go.id, pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Lantas, bagaimana cara membuat laporan hasil projek Pancasila yang efektif?

Baca Juga: Cara Mengelola Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka

Mengutip dari Mengutip Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila oleh Kemdikbudristek, berikut cara membuat laporan hasil projek Pancasila yang efektif.

Cara Membuat Laporan Hasil Projek Pancasila yang Efektif

A. Mengoleksi dan Mengolah Hasil Asesmen

1. Dokumentasi Kegiatan Projek Profil

  • Jurnal (pendidik)
    Jurnal adalah praktik mendokumentasikan kumpulan pemikiran, pemahaman, dan penjelasan tentang ide atau konsep secara tertulis dan biasanya dituangkan dalam sebuah buku.
    Jurnal dapat merekam proses pembelajaran projek profil peserta didik secara berkelanjutan dalam suatu wadah.
    Selain itu, Jurnal dapat mendorong pendidik melakukan refleksi kritis terhadap proses pelaksanaan projek profil sehingga pendidik dapat memahami hal-hal yang perlu ia kembangkan di kegiatan projek profil untuk mengoptimalkan pengalaman belajar peserta didik.
  • Portofolio (peserta didik)
    Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-kritis) dalam kurun waktu tertentu.
    Pada akhir periode, portofolio menjadi referensi diskusi oleh pendidik bersama dengan peserta didik dan selanjutnya diserahkan kepada pendidik pada kelas berikutnya dan dilaporkan kepada orang tua sebagai bukti otentik perkembangan peserta didik.
  • Contoh Alat Asesmen Projek Profil: Rubrik
    Rubrik merupakan salah satu alat asesmen yang sering dipakai untuk pembelajaran kolaboratif seperti projek profil.
    Rubrik dapat dipakai oleh pendidik dan peserta didik untuk mengevaluasi kualitas kinerja peserta didik secara konsisten, membangun, dan objektif.

Baca Juga: Pengertian Kurikulum: Tujuan dan fungsinya dalam Dunia Pendidikan 

2. Pengolahan Hasil Asesmen

Setelah mengumpulkan dokumentasi belajar peserta didik selama proses hingga akhir pembelajaran, tim fasilitator dapat mengolah hasil asesmen tersebut untuk menentukan pencapaian peserta didik secara menyeluruh.

Dalam prosesnya, tim fasilitator dapat mengembangkan beragam strategi dengan menggunakan bentuk dan instrumen asesmen yang bervariasi.

B. Menyusun Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

1. Prinsip Rancangan Rapor Projek Profil

Rapor bersifat informatif dalam menyampaikan perkembangan peserta didik, namun tidak merepotkan pendidik dalam pengerjaannya.

  • Menunjukkan keterpaduan
    Rapor terdiri dari hasil penilaian terhadap performa peserta didik dalam projek profil.
    Meskipun ada beberapa disiplin ilmu terintegrasi dalam projek profil, namun bagian projek profil fokus pada keterpaduan pembelajaran dan perkembangan karakter dan kompetensi sesuai profil pelajar Pancasila
  • Tidak menjadi beban administrasi yang berat
    Aspirasinya, penulisan rapor akan lebih sederhana, terlebih apabila dibantu teknologi.
    Teknologi "Report generator" di mana pendidik memasukkan judul projek profil, deskripsi singkat, dan seluruh elemen Profil Pelajar Pancasila, dan hanya memberikan penilaian pilihan elemen profil yang berkaitan dengan projek profil tanpa harus menuliskannya.
    Penulisan deskripsi proses peserta didik benarbenar fokus pada hal unik dan istimewa yang layak direfleksikan, misalnya situasi di mana peserta didik mengambil keputusan yang bijak, perkembangan suatu karakter yang sangat nyata dalam kurun waktu tertentu, dsb.
  • Kompetensi utuh
    Penilaian dalam rapor projek profil memadukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai satu komponen.
    Deskripsi juga disampaikan secara utuh tanpa membedakan aspek tersebut.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Definisi Manusia Merdeka Menurut Ki Hajar Dewantara, Ini Penjelasannya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm