Sonora.ID – Berikut contoh soal PPPK Guru SD 2023, lengkap dengan kunci jawabannya yang bisa dijadikan latihan sebelum menghadapi ujian yang sesungguhnya.
Memperbanyak latihan contoh soal PPPK Guru SD 2023 dapat membantu peserta dalam mempersiapkan diri agar bisa bersaing dengan peserta lainnya.
Namun perlu diingat bahwa ini hanya contoh soal latihan, sehingga sangat mungkin berbeda dengan soal PPPK Guru SD 2023 sesungguhnya yang akan datang.
Tak perlu berlama-lama, berikut contoh soal PPPK Guru SD 2023, lengkap dengan kunci jawabannya.
Baca Juga: 40 Contoh Soal PTS Seni Budaya Kelas 9 Semester 1, Beserta Jawabannya
1. Fokus asessment yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah ....
a. Kemampuan berkomunikasi
b. Kemampuan memecahkan masalah
c. Pengembangan sikap
d. Penekanan pada generalisasi
e. Semua jawaban salah
Jawaban : D
2. Indikator yang digunakan untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa diantaranya adalah ....
a. kerapihan, kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk
b. pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam membuat produk
c. kesesuaian produk dengan kontribusi guru
d. kesesuaian kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan
e. Semua jawaban benar
Jawaban : B
3. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah ....
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
e. ada 3 jawaban benar
Jawaban : A
4. Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, terutama sekali ....
a. Selama pembelajaran berlangsung
b. Ketika akan dimulai pembelajaran
c. pada saat penskoran
d. Jawaban benar semua
e. Jawaban salah semua
Jawaban : D
5. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ....
a. mengumpulkan hasil karya siswa
b. meningkatkan rasa saling percaya
c. mengetahui peningkatan kemampuan siswa
d. menilai hasil belajar siswa
e. semua jawaban benar
Jawaban : C
6. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.
Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah...
a. Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi
b. Layanan pribadi, sosial, karier dan intelegensi
c. Layanan pribadi, sosial, karier dan belajar
d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar
e. Layanan sosial, karier, intelegensi dan belajar
Jawaban : C
7. Manakah di antara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis dalam mengajar...
a. Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar
b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi
c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri
d. Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu
e. Menjelaskan suatu konsep secara detail
Jawaban: D
8. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari...
a. Kompetensi kepribadian
b. Kompetensi profesinal
c. Kompetensi pedagogik
d. Kompetensi sosial
e. Kompetensi akademik
Jawaban: C
9. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah...
a. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional
b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris
c. Melakukan kegiatan pre test
d. Melakukan post test
e. Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas
Jawaban : C
10. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah....
a. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
b. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
c. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
d. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa
e. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan
Jawaban : E
11. Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika seorang pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah....
a. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output
b. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar...
c. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar
d. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan
e. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.
Jawaban : B
12. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya....
a. Fakta
b. Prosedur
c. Keterampilan
d. Konsep
e. Prinsip
Jawaban : E
13. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran yang tepat yaitu....
a. Kooperatif
b. Inkuiri
c. Problem solving
d. Discovery
e. Kontekstual
Jawaban : E
14. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip /hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut....
a. Bagan
b. APE (Alat Permainan Edukatif)
c. Flip Chart
d. Foto
e. Gambar
Jawaban : A
15. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang tepat dipilih oleh guru adalah....
a. Evaluasi formatif
b. Evaluasi sumatif
c. Evaluasi selektif
D. Evaluasi diagnostik
e. Evaluasi penempatan
Jawaban : B
Baca Juga: 30 Contoh Soal PPPK Kesehatan, Beserta Kunci Jawabannya Lengkap
16. Perhatikan hubungan antara makhluk hidup di bawah ini!
Hubungan yang menunjukkan simbiosis mutualisme adalah ....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
e. 1 dan 3
Jawaban : E
17. Apakah yang menjadi dasar bagi anda dalam penerimaan siswa?
a. Kemampuan akademik berupa baca dan tulis
b. Umur dan kemampuan mental atau psikologi untuk belajar hal baru
c. Kemampuan sosialisasi dengan teman dan guru
d. IQ dan hasil tes kecerdasan
Jawaban : B
18. Menurut Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian melakukan proses induksi untuk mengeneralisasikan hasil observasinya terhadap obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
a. pembelajaran sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
b. pembelajaran sains dapat diceramahkan secara rinci
c. pembelajaran sains memerlukan alat peraga
d. pembelajaran sains belum diperlukan
e. Semua jawaban benar
Jawaban : C
19. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
a. Santosa S. Hamidjaja
b. Mattew B. Milers
c. Sumantri Mulyani
d. Rabbin
Jawaban : A
20. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ....
a. Tahap pengetahuan (kowledge)
b. Tahap bujukan (persuasion)
c. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
d. Tahap implementasi (implementation)
e. Tidak ada jawaban
Jawaban : B
21. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran (RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran....
a. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator
b. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan
c. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik
d. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu
Jawaban : A
22. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya....
a. Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
b. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
c. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes
d.Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
e. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
Jawaban : E
23. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru 2019 siswa di kelas tersebut diketahui 70% memiliki preferensi belajar kinestetik sehingga mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru....
a. Kooperatif
b. Project based learning
c. Kontekstual
d. Inquiry
e. Discovery
Jawaban : B
24. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan....
a. Naturalis
b. Kinestetis
c. Visual spasial
d. Verbal linguistic
e. Logis matematis
Jawaban : A
25. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah....
a. Behaviorisme
b. Kognitif
c. Humanistik
D. Sibernetik
e. Konstruktivisme
Jawaban : A
26. Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah....
a. Penilaian kinerja
b. Penilaian portofolio
c. Penilaian proyek
d. Penilaian jurnal
e. Penilaian diri
Jawaban : C
27. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu....
a. Daftar cek (checklist)
b. Benar salah (true false)
c. Pilihan ganda (multiple choice)
d. Menjodohkan (matching)
e. Jawaban bebas (Completion test)
Jawaban : A
28. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu....
a. Soal harus sesuai dengan indikator
b. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
c. Pilihan jawaban harus homogen dan logis
d. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
e. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
Jawaban : A
29. Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar dan ada juga siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali...
a. Memperbaiki program pembelajaran
b. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
c.Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
d. Mengadministrasikan hasil penilaian
e. Menyusun laporan hasil penilaian
Jawaban : D
30. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogic pada aspek...
a. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. berkomunikasi pada peserta didik
Jawaban : B
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: 40 Contoh Soal UTS PTS PKN Kelas 9 Semester 1, Beserta Jawabannya!