Sonora.ID - Saat Anda mencari pekerjaan baru atau melakukan promosi dari dalam, akan ada serangkaian keterampilan atau skill yang dibutuhkan peran Anda.
Beberapa keterampilan akan dimiliki seseorang sebagai bagian dari sifat mereka, sementara keterampilan lainnya perlu diajarkan.
Hard skill dapat didefinisikan sebagai bagian dari spesifikasi peran. Dan soft skill diartikan sebagai spesifikasi seseorang.
Apa itu Hard Skill?
Hard skill adalah kompetensi, keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan khusus yang diperlukan untuk melakukan tugas atau peran tertentu.
Baca Juga: 10 Contoh Hard Skill dan Cara Meningkatkannya, Wajib Tahu!
Mereka dapat dipelajari melalui pendidikan dan pengembangan profesional. Biasanya, hal tersebut bersifat teknis (tetapi tidak selalu) dan mudah diukur.
Contoh Hard Skill
Setelah memahami apa itu hard skill, berikut ini Sonora.ID rangkum contoh hard skill yang perlu diketahui:
1. Bisa mengoperasikan Microsoft Word dan Excel
2. Memiliki pengalaman dalam content
3. Ahli dalam Photoshop
4. Ahli dalam perencanaan keuangan
5. Bilingual atau multibahasa
6. Pemasaran SEO/SEM
7. Analisis statistik
8. Penambangan data
9. Manajemen kampanye pemasaran
10. Sistem dan manajemen penyimpanan
11. Bahasa pemrograman (seperti Perl, Python, Java, dan Ruby)
Jadi, setiap peran akan memiliki persyaratan keahlian yang berbeda tetapi akan dibutuhkan untuk melakukan tugas tertentu.
Apa itu Soft Skill?
Soft skill adalah ciri kepribadian, kompetensi dan keterampilan sosial, pengetahuan, dan kemampuan yang digunakan untuk melakukan aktivitas interpersonal dan tugas unik. Kadang-kadang disebut juga keterampilan manusia .
Biasanya, hal-hal tersebut lebih terkait erat dengan ciri-ciri kepribadian seseorang sejak lahir dan keterampilan sosialnya. Namun mereka juga dapat dilatih dan dikembangkan melalui praktik dan pengembangan profesional.
Sayangnya, tidak mudah untuk mengukur apakah seseorang memiliki soft skill yang tepat karena kurangnya informasi yang dapat dimanfaatkan. Hal ini terutama berlaku ketika merekrut karyawan baru karena soft skill mereka perlu dinilai dengan mengenal mereka.
Terdapat teknik dan tes khusus yang dapat digunakan untuk mengukur soft skill, namun perlu diketahui bahwa hasilnya akan sangat kabur dan tidak akurat. Hanya situasi kehidupan nyata yang akan menunjukkan betapa baiknya orang-orang di bidang ini.
Baca Juga: Customer Service: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan
Keterampilan lunak tertentu yang idealnya Anda ingin dimiliki semua karyawan Anda adalah ketepatan waktu dan kolaborasi. Keterampilan lain mungkin hanya diperlukan untuk peran tertentu seperti kepemimpinan, komunikasi, pemikiran strategis, dan pemecahan masalah.
1. Integritas
2. Keteguhan
3. Komunikasi yang efektif
4. Keterbukaan pikiran
5. Kerja tim
6. Kreativitas
7. Penyelesaian masalah
8. Berpikir kritis
9. Kemampuan beradaptasi
10. Organisasi
11. Kesediaan untuk belajar
12. Empati