25 Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak, Beserta Jawabannya

17 Oktober 2023 19:42 WIB
Ilustrasi Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak
Ilustrasi Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak ( hipwee)

Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal post test modul 1 guru penggerak, beserta jawabannya.

Dikutip dari situs resmi sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id, Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan yang diperuntukkan bagi guru agar menjadi pemimpin pembelajaran.
 
Selama mengikuti program ini, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya seperti biasa.
 
Program Guru Penggerak mencakup pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama periode 6 bulan untuk calon Guru Penggerak.
 
Untuk bisa menjadi Guru Penggerak juga tidak mudah karena harus mendaftar dan lolos seleksi.
 
Nah, salah satu seleksi yang akan dihadapi adalah post test. Sebagai bahan belajar, kumpulan contoh soal post test modul 1 guru penggerak, beserta jawabannya.

Baca Juga: 7 Contoh Soal SPLDV Metode Eliminasi, Beserta Kunci Jawabannya

1. Anda baru saja ditugaskan menjadi seorang Pembina ekskul Pramuka di sekolah. Lewat penyelidikan mandiri, Anda menghadapi tantangan yaitu menurunnya tingkat partisipasi siswa di sekolah terhadap kegiatan Pramuka.

Siswa lebih tertarik pada kegiatan kin seperti olahraga dan seni. Menurut Anda, banyak hal yang harus dibenahi pada kegiatan Pramuka agar bisa menarik minat siswa.

Kemudian, Anda menyadari bahwa langkah awal yang diperlukan adalah mengumpulkan data yang dapat menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi siswa adalah masalah.

Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang termasuk dalam rencana Anda mengumpulkan data yang otentik?

a. Membuat penelitian ilmiah mengenal dampak kegiatan Pramuka terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah.
b. Membuat survei masyarakat sekitar sekolah mengenal pentingnya Pramuka di lingkungan mereka.
c. Membuat laporan mengenai dampak kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di sekolah
d. Membuat survei dan Wawancara mengenai minat Ekstrakulikuler Pramuka
e. Membuat galeri foto-foto kegiatan Pramuka di majalah dinding sekolah

2. Learning Management System (LMS) yang anda ketahui adalah…

a. Perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.
b. Perangkat lunak pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah menggunakan internet.
c. Perangkat pembelajaran antara siswa dan guru dalam lingkungan online
d. Perangkat pembelajaran yang dirancang antara siswa dan guru pada masa pandemi Covid-19
e. Pembelajaran yang dilakukan dalam lingkungan online dimana interaksi siswa dan guru terjadi

3. Berikut adalah yang termasuk pada fitur LMS adalah …..

a. Tampilan / User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur GForm.
b. Tampilan / User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Video Conference.
c. Tampilan / User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm.
d. Tampilan / User Interface (Ul) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog.
e. Tampilan / User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm.

4. Budi pekerti merupakan keselarasan (keseimbangan) hidup antara cipta, rasa, karsa dan karya. Pendidik dapat mengembangkan pembelajaran untuk menstimulus budi pekerti anak melalui kegiatan berikut ini, kecuali …

a. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi karakter baik dan buruk yang ada di lingkungan masyarakat melalui pengamatan.
b. Guru melibatkan anak untuk berinteraksi dengan peserta didik yang lain dalam sebuah pembelajaran melalui kegiatan diskusi kelompok.
c.Guru dan murid sepakat membuat sebuah peraturan yang mengharuskan siswa bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugas individu.
d. Guru melaksanakan pembelajaran yang melibatkan anak untuk mencari informasi terkait pengetahuan dan penanaman nilai-nilai karakter anak.
e. Guru melakukan penilaian pemahaman anak terkait dengan pengetahuan budi pekerti melalui tes lisan dan tertulis.

5. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan komponen utama dalam memfasilitasi:

1) Memberikan langkah-langkah praktis yang memudahkan peserta melakukan sesuatu
2) Memberikan petunjuk yang rumit untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang dihadapi
3) Memampukan peserta untuk mengungkapkan pandangan tentang masalah yang mereka hadapi bersama
4) Menyampaikan berbagai konsep secara abstrak dan teoritis
5) Memampukan peserta untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi bersama.

a. 1 dan 2
b. 4 dan 5
c. 1 dan 4
d. 1,2 dan 3
e. 2 dan 4

6. Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan budi pekerti bisa dilatih dengan menggunakan permainan anak-anak, misalnya permainan gobak sodor yang bisa melatih…

a. olah raga
b. olah rasa
c. olah semangat
d. olah pikir
e. olah tenaga

7. Ki Hajar Dewantara menyampaikan bahwa tujuan pendidikan adalah “menuntun segala kekuatan kodrat” yang ada pada anak-anak, agar mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia atau sebagai anggota masyarakat.

Jika dikaitkan dengan pendidikan abad 21, manakah yang bukan arti dari frasa “menuntun segala kekuatan kodrat”?

a. kolaborasi guru dan siswa dalam menginisiasi/menciptakan kasmaran belajar dalam diri siswa
b. komunikasi harmonis yang reflektif antara guru dan siswa
c. kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran bermakna
d. keteladanan guru yang inspiratif dalam pembelajaran
e. kecakapan guru dalam menjalankan peran utamanya sebagai pendidik

8. Dalam pendidikan di sekolah, karakter siswa ditumbuhkan melalui…

a. bantuan dana BOS, keteladanan orang dewasa, aturan sekolah yang konsisten
b. keteladanan orang dewasa, aturan, dan sistem sekolah yang konsisten
c. sistem, aturan sekolah, dan asupan gizi yang konsisten
d. latar belakang keluarga, tingkat intelegensi murid, dan disiplin guru
e. program pembiasaan, keteladanan orang dewasa, dan latar belakang keluarga

9. Di balik kecanggihan otak manusia, ternyata ada bagian-bagian yang masih menyerupai otak reptil, mamalia, dan primata.

Tiap bagian otak tersebut memiliki peran tersendiri. Pilihlah peran yang terkait dengan otak manusia (sistem limbik) di bawah ini!

a. terkait dengan pengambilan keputusan dan pertimbangan moral
b. terkait dengan gerakan kompleks dan rekayasa penggunaan alat
c. terkait dengan emosi dan perasaan
d. terkait dengan kelangsungan hidup
e. terkait dengan kesehatan

10. Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali….

a. Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnya
b. Memahami keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya
c. Membiasakan keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya
d. Menempatkan dirinya sebagai rekan belajar setara sehingga timbul perasaan saling, memahami, menghargai, dan membutuhkan.

Baca Juga: 12 Contoh Soal HOTS SD, Lengkap dengan Beserta Kunci Jawabannya!

11. Sebagai salah satu tokoh kunci yang mengenalkan andragogi di Amerika Serikat, Malcom Knowles merumuskan lima asumsi mengenai Pendidikan Orang Dewasa.

Dari pernyataan di bawah ini manakah yang merupakan asumsi yang dikemukakan oleh Knowles?

1) Konsep diri pembelajar dewasa bergerak dari kepribadian yang bergantung menjadi manusia mandiri yang dapat mengarahkan dirinya sendiri
2) Pentingnya proses dialog dalam proses pendidikan, bahwa semua orang dapat menjadi guru dan semua orang dapat menjadi murid
3) Pentingnya praksis sebagai satu kesatuan antara aksi dan refleksi
4) Kesiapan belajar pembelajar dewasa untuk belajar semakin berorientasi pada perkembangan tugas-tugas dari peran sosial mereka di masyarakat

a. 1 dan 3
b. 3 dan 4
c. 1 dan 2
d. 2 dan 3
e. 1 dan 4

12. Ibu Dahlia sebagai Guru Penggerak senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna.

la juga pantang menyerah serta jeli melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid.

Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Dahlia, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Dahlia adalah…

a. Mandiri
b. Berpihak kepada peserta didik
c. Inovatif
d. Kolaboratif

13. Anda seorang guru di sebuah Sekolah Dasar. Anda akan membuat sebuah perubahan dengan menggunakan pola pikir positif melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA).

Anda ditunjuk Kepala Sekolah enjadi penanggung jawab kegiatan pelepasan siswa Kelas VI.

Anda mempunyai waktu 4 minggu untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Apa yang akan Anda lakukan pertama kali?

a. Meminta Kepala Sekolah untuk mengumpulkan semua guru dan mendiskusikan pembagian tugas sesuai kemampuannya.
b. Mengumpulkan siswa kelas 1 s.d kelas 5 untuk membersihkan tempat yang akan digunakan.
c. Mengadakan rapat orang tua untuk penggalangan dana.
d. Mencari pelatih seni untuk membimbing pertunjukkan.

14. Menunjuk anak yang melakukan pentas seni dan menyewa pakaian untuk penampilan serta melatihnya.

Berikut ini merupakan beberapa ciri fasilitator yang baik, kecuali…

a. Selalu mampu menjawab pertanyaan
b. Memiliki keterbukaan
c. Mampu mengelola konflik
d. Sensitifitas/ empati yang tinggi
e. Menjadikan peserta sahabat

15. Bagian dasar dari segitiga restitusi bertujuan untuk mengubah identitas anak dari orang yang gagal karena melakukan kesalahan menjadi orang yang sukses. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan pada anak:

1) “Bapak/lbu tidak tertarik mencari siapa yang salah, tapi Bapak/Ibu ingin mencari solusi dari permasalahan ini”.
2) “Kita bisa menyelesaikan ini”.
3) “Kamu pasti punya alasan mengapa melakukan hal itu”
4) “Kamu mau jadi orang yang seperti apa?”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih untuk meyakinkan anak agar ia menjadi reflektif?

a. 2 dan 4
b. 2 dan 3
c. 1 dan 2
d. 1 dan 4
e. 3 dan 4

16. Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah berkebhinekaan global. Berikut manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam berkebhinekaan global…

a. Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.
b. Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.
c. Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.
d. Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.

17. Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntut anak untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Maksud dari pernyataan tersebut adalah…

a. Pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa Kini.
b. Mewujudkan anak yang unggul dalam hal penguasaan teknologi dan pengetahuan masa kini yang semakin canggih.
c. Kemampuan anak harus berpegang teguh pada kebudayaan yang berlaku yang tidak terpengaruh dengan budaya asing.
d. Pendidikan harus mewujudkan anak yang memiliki kecerdasan akademik dan non akademik
e. Pembelajaran hendaknya mengadopsi kemajuan teknologi dari luar sebagai sebuah tantangan kebutuhan abad 21.

18. Manakah dari pernyataan berikut yang merupakan prinsip utama yang perlu diingat dan diterapkan oleh para fasilitator untuk dapat memfasilitasi dengan efektif?

1) Fasilitator hanya menganggap penting pendapat sebagian peserta
2) Fasilitator harus menjadi pendengar yang baik dan menghargai pendapat orang lain.
3) Fasilitator harus mampu menyemangati dan aktif memfasilitasi partisipasi semua orang
4) Fasilitator mengutamakan kelompok tertentu yang sesuai dengan preferensi fasilitator
5) Fasilitator harus sensitif dan mudah beradaptasi dengan baik terhadap budaya lokal masyarakat ataupun fleksibel terhadap kebutuhan peserta

a. 1,3 dan 5
b. 2,3 dan 5
c. 1 dan 2
d. 1 dan 3
e. 2 dan 5

19. Manakah dari sikap berikut yang harus dihindari oleh fasilitator?

1) Tidak diskriminatif
2) Mengarahkan/mengajari
3) Memberikan harapan berlebihan
4) Sabar dan tidak merendahkan orang lain
5) menjadi teladan yang baik

a. 2 dan 3
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 3 dan 5
e. 2 dan 4

20. Anda memahami bahwa budaya positif di sekolah memberikan manfaat yang penting dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid.

Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.

1) melakukan kolaborasi yang baik dengan rekan sejawat dalam membuat program-program kebajikan universal
2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid
3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas
4) membuat program keyakinan kelas di sekolah secara mandiri Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?

a. 2 dan 4
b. 1 dan 4
c. 1 dan 3
d. 1 dan 2
e. 2 dan 3

21. Manakah dari keterampilan utama berikut yang tidak wajib diperlukan oleh fasilitator untuk dapat memfasilitasi dengan efektif

1) Keterampilan bertanya
2) Keterampilan penggunaan teknologi
3) Keterampilan mengilustrasikan dengan gambar
4) Keterampilan mendengar aktif
5) Keterampilan memandu refleksi

a. 1
b. 4
c. 5
d. 2
e. 3

22. Siapakah tokoh yang pertama kali menggunakan istilah andragogi untuk merujuk pada konsep Pendidikan Orang Dewasa?

a. Eduard Lindeman
b. Eugen Rosenstock-Huessy
c. Malcom Knowles
d. Paulo Freire
e. Alexander Kapp

23. Roni selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya dan selalu dikumpulkan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Jika Roni telah berhasil menerapkan disiplin positif, maka motivasi yang paling tepat ketika mengerjakan tugasnya adalah…

a. Roni ingin menghargai dirinya sendiri dengan nilai-nilai yang dipercayanya dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
b. Roni ingin mendapatkan pujian dari temannya dan berusaha menjadi anak yang bertanggung jawab
c. Roni tidak ingin mendapatkan teguran dari gurunya dan ingin menjadi anak yang bertanggung jawab.
d. Roni ingin menghargai dirinya sendiri dan juga ingin dihargai oleh guru maupun teman-temannya
e. Roni ingin mendapatkan penghargaan dari gurunya dan ingin menjadi teladan bagi teman-temannya.

24. Ibu Dahlia senantiasa memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri maupun pihak lain secara positif-apresiatif-produktif.

Menurutnya, pengalaman-pengalaman ini boleh jadi akan menimbulkan kesan positif maupun negatif.

Pengalaman-pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk menuntun dirinya, murid, dan sesama dalam menangkap pembelajaran positif, sehingga mampu menjalankan perannya dari waktu ke waktu.

Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Dahlia, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Dahlia adalah..

a. Mandiri
b. Berpihak kepada peserta didik
c. Reflektif
d. Kolaboratif

25. Untuk dapat mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan proses perubahan, maka perlu sebuah pendekatan atau paradigma.

Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan, maka Kepala Sekolah harus …

a. memahami dan menemukan hal positif dari warga sekolah untuk dikembangkan.
b. memberikan apresiasi atas hal yang sudah berjalan baik.
c. mengubah kebiasaan sekolah sesegera mungkin.
d. meningkatkan sumber daya manusia.
e. mencoba melakukan perencanaan perubahan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: 40 Contoh Soal PTS Geografi Kelas 12 Semester 1, Beserta Jawabannya!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm