Sonora.ID - Simak 4 contoh email untuk kepentingan bisnis.
Email menjadi cara utama berkomunikasi soal bisnis karena bersifat instan.
Email bisnis biasanya dikirim untu klien, mantan klien, calon pelanggan, kolega, donor, dan pemangku kepentingan lain.
Tata letak email bisnis
- Salam : Jika mengirim email untuk satu penerima, tulis nama dan jabatannya. Untuk banyak pembaca, sapa klien sebagai sebuah grup.
- Perkenalan: Tulis nama dan peran Anda jika klien belum mengenal Anda dengan baik.
- Informasi penting untuk audiens: Pada bagian ini, beri tahu pembaca alasan Anda mengirim email.
- Kesimpulan: Anda bisa menyimpulka tujuan mengirim email dengan meminta informasi atau meminta pembaca mengonfirmasi seuatu.
- Tanda tangan: Anda dapat memasukkan tanda tangan email standar dengan menyertakan nama, posisi, jam kerja, dan nomor telepon.
Baca Juga: 11 Contoh Kalimat Sanggahan Beserta Pengertian dan Ciri-cirinya
Contoh email bisnis
1. Subjek: Penawaran Produk
Isi email:
Kepada YTH Bapak Andrew,
Saya ingin memperkenalkan diri secara resmi. Nama saya Ratna Dian dari PT Taman Jaya, sebuah perusahaan yang fokus melindungi rumah Anda dengan kamera keamanan dan alarm.
Kami memahami pentingnya menjaga keamanan keluarga Anda, dan kami ingin memastikan Anda memiliki sistem keamanan terbaik yang memenuhi kebutuhan dan anggaran Anda.
Jika Anda tertarik dengan layanan kami, silakan menhubungi saya di ratnadianrinjani@tamanjaya.com untuk mengatur pertemuan virtual atau penilaian keamanan. Saya berharap mendengar kabar dari Anda.
Salam,
Ratna Dian
(Jabatan pengirim email)
2. Subjek: Pemberitahuan
Isi email:
Kepada para pengunjung Perpustakaan Melati Mawar,
Dengan senang hati, kami menginformasikan kepada Anda bahwa Perpustakaan Melati Mawar akan memperpanjang jam operasionalnya untuk mengakomodasi lebih banyak pengunjung.
Perpustakaan Melati Mawar buka mulai 1 Januari dari pukul 10.00-17.00 WIB pada Senin, Selasa, dan Kamis. Pada Jumat dan Sabtu, Perpustakaan Melati Mawar buka pukul 10.00-13.00 WIB.
Kami berharap dapat melayani Anda dalam jam-jam tambahan ini. Jika memiliki pertanyaan, Anda dapat menghubungi kantor utama perpustakaan melalui email staff@perpustakaanmelatimawar.com.
Salam,
Staf Perpustakaan Melati Mawar
3. Subjek: Undangan Meeting
Isi Email:
Kepada Tim HRD PT. Cahaya Bintang,
Sesuai dengan kesepakatan dari pembahasan minggu lalu bersama Bapak, kami mengundang perwakilan PT Chandra Anugerah menghadiri meeting yang akan membahas teknis pelaksanaan rekrutmen pada:
Hari: Senin, 2 Agustus 2023
Tempat: Ruang Staf Indah Karya II, Tower Mentari
Pukul: 13.00-Selesai
Kami mengharapkan Anda hadir tepat waktu. Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.
Salam,
[Nama Pengirim Email]
[Jabatan Pengirim Email]
4. Subyek: Penawaran Perjanjian Kerja Sama
Isi Email:
Kepada PT. Bintang Jaya Selatan,
Kami PT Abadi Jaya 3 merupakan perusahaan yang berdedikasi di bidang konsultan pengelolaan human resources. Dengan ini, kami menyampaikan penawaran kerja sama kepada PT. Bintang Jaya Selatan untuk melakukan manajemen rekrutmen pada semua pekerjaan terkait dengan SDM.
Adapun rincian penawaran kerja sama, kami taruh dengan company profile di lampiran sebagai pertimbangan Bapak. Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.
Best Regard,
[Nama pengirim email]
[Jabatan pengirim email]
Baca Juga: 3 Contoh Email Terima Kasih Bahasa Inggris usai Wawancara Kerja
Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.