Sonora.ID - Simak enam cara mengatasi pulsa Telkomsel yang habis sendiri.
Sebagian pengguna Telkomsel pernah merasakan pulsa yang habis sendiri saat menelepon atau internetan.
Karena itu, pengguna Telkomsel perlu mengecek secara berkala jumlah kuota dan pulsa di aplikasi MyTelkomsel.
Ada beberapa alasan umum pulsa Telkomsel habis sendiri. Dilansir dari telkomsel.com, pulsa terpotong sendiri karena penggunaan sejumlah data untuk aplikasi.
Ada juga pelanggan yang tidak sadar menggunakan layanan tertentu sehingga pulsa terpotong sendiri.
Baca Juga: 9 Cara Cek Nomor Smartfren Lengkap dan Mudah
1. Berhenti layanan berlangganan
Pengguna Telkomsel terkadang tidak menyadari berlangganan layanan tertentu yang sebenarnya tidak dibutuhkan, seperti NSP Telkomsel.
NSP (nada sambung pribadi) adalah layanan Telkomsel yang dapat mengubah nada sambung menjadi lagu musisi.
Seseorang yang menghubungi pengguna layanan NSP Telkomsel akan mendengarkan musik pengganti nada sambung konvensional.
Layanan NSP Telkomsel dapat dihentikan dengan dua cara, yakni SMS dan kode USSD.
- Kirim pesan ”STOP” ke nomor 726.
- Tunggu permintaan diproses.
- Hubungi nomor *726# dari panggilan ponsel.
- Tunggu sampai muncul menu pemberhentian layanan berbayar.
- Pilih “1” untuk melihat layanan yang sedang aktif.
- Kemudian pilih “STOP”.
- Layanan berbayar berhenti.
Baca Juga: Cek, Cara Transfer Uang Lewat Mesin ATM BCA Mudah dan Cepat
2. Hubungi customer service
Pelanggan Telkomsel dapat menghubungi customer service Telkomsel di nomor 188 atau +628110000333 jika berada di luar negeri.
Pengguna juga dapat mengunjungi gerai GraPari terdekat.
3. Nonaktifkan sinkronisasi otomatis
Pulsa Telkomsel bisa cepat habis karena sinkronisasi otomatis dengan aplikasi lain. Sinkronisasi otomatis secara terus-menerus mengambil data dari internet dan menguras pulsa dengan cepat.
Pengguna Telkomsel dapat membuka pengaturan HP dan mematikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi yang tidak penting.
Baca Juga: Cara melacak HP Hilang dengan Gmail, WA, Nomor, IMEI, & Aplikasi
4. Batasi penggunaan aplikasi streaming
Aplikasi streaing musik atau video dapat menyedot pulsa dengan cepat. Pelanggan Telkomsel perlu membatasi penggunaan aplikasi streaming saat menggunakan kuota internet utama.
5. Matikan notifikasi tidak penting
Notifikasi dari berbagai aplikasi juga dapat menyedot data dan pulsa. Pelanggan Telkomsel perlu membuka pengaturan notifikasi di ponsel dan mematikan notifikasi pada aplikasi yang tidak penting.
6. Gunakan paket data yang sesuai
Penggunaan internet yang melebihi total kuota paket data akan memakan pulsa utama. Karena itu, pengguna Telkomsel perlu mengecek secara berkala sisa kuota internet.
Pengguna juga dapat menggunakan paket internet harian, mingguan, bulana sesuai kebutuhan.
Baca Juga: Simak 4 Cara Top Up E-money Lewat E-commerce Gampang dan Cepat
Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.