Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1, lengkap dengan jawabannya, yang bisa dijadikan materi untuk belajar di rumah.
Ujian Akhir Semester (UAS) atau kerap juga disebut dengan istilah Penilaian Akhir Semester (PAS).
Seluruh mata pelajaran akan diujikan pada ujian PAS, termasuk Bahasa Indonesia.
Meskipun contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1 yang dirangkum dalam artikel ini sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya.
Untuk mengukur sejauh mana kita benar-benar mengerti dengan materi yang akan diujikan, lebih baik jika kamu mengerjakannya sendiri terlebih dahulu sebelum melihat jawabannya.
Tak perlu berlama-lama, berikut contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1, beserta jawabannya.
Baca Juga: 40 Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1, Beserta Jawabannya
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 1 dan 2!
Gesang dan Bengawan Solo, itulah legenda. Tetapi, Gesang yang usianya 87 tahun, juga tak kalah mengesankan. Komponis kelahiran 1 Oktober 1917 ini semula bernama Sutadi, karena sakit-sakitan diubah namanya menjadi Gesang Martohartono dengan maksud terus hidup (gesang dalam bahasa Jawa). Ternyata tidak hanya terus hidup, tetapi terus berprestasi. Pada usia yang masih belia, yaitu 17 tahun, ia sudah mampu mencipta lagu. Di sisi lain, meskipun nama dan kariernya melejit, ia tetap mimilih pola hidup sederhana.
1. Keistimewaan tokoh Gesang sesuai kutipan paragraf di atas adalah ...
A. Usia Gesang melebihi 87 tahun.
B. Gesang dan Bengawan Solo merupakan legenda.
C. Prestasi Gesang berubah setelah berganti nama.
D. Pada usia 17 tahun, Gesang sudah mampu mencipta lagu.
2. Hal positif yang dapat dicontoh dari kehidupan tokoh berdasarkan teks di atas adalah …
A. Umur 87 tahun, Gesang justru mengesankan.
B. Karena sakit-sakitan, ia berganti nama.
C. Ia memilih pola hidup sederhana.
D. Lagu Bengawan Solo ciptaan Gesang sangat melegenda.
3. Petunjuk Membuat Roti Manis
(1) Larutkan gula dan garam dalam air!
(2) Masukkan susu bubuk dalam tepung yang sudah disediakan!
(3) Campurkan semuanya beserta ragi pengembang dalam air!
(4) [....]
(5) Masukkan margarine dan kocoklah sampai adonan mengembang!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ...
A. Oleskan margarine pada tempat secara keseluruhan!
B. Tambahkan sedikit air dan aduk sampai merata!
C. Cairkan sedikit margarine dan masukkan dalam adonan!
D. Satukan adonan pertama sampai ketiga!
4. Bacalah kutipan surat pembaca berikut!
Kami merasa terganggu dengan rusak dan kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada petugas kebersihan dari dinas kebersihan kecamatan yang menyapu sampah. Akan tetapi, sampah yang disapu dan diangkut hanyalah sampah-sampah yang berada di pinggir jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan. Petugas sekolah sudah berupaya membersihkannya, tetapi sampah tidak lama menumpuk kembali.
[....]
[....]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah …
A. Kami siap kok membantu merawatnya. Asal ada jalinan kerja sama yang jelas.
B. Apakah tidak ada petugas yang menangani lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terus terang kami merasa terganggu. Terima kasih.
C. Melalui surat pembaca ini, kami mohon kepada dinas pertamanan dan dinas kebersihan untuk merawat kembali dan membersihkan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih.
D. Kalau memang tidak mau lagi merawatnya, dibuang saja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja pohon-pohonnya. Sekali lagi tolong pada instansi terkait agar peduli pada keluhan kami. Terima kasih
5. Bacalah pantun berikut!
Pohon salak banyak berduri
Anjing berkais di tepi gua
Kawan gelak mudah dicari
[....]
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. Teman menangis jarang bersua
B. Dari mana puisi melayang
C. Dagang berurai air mata
D. Mandi berurai bunga melati
6. Bacalah teks berikut!
Berangkat dari hobi melukis sejak kecil, Madame Yulie Nasution Grillion tak hanya menjadi seorang pelukis, juga terjun dalam bisnis seni. Dia bahkan mengajak anaknya untuk berkolaborasi seni dan bisnis sekaligus. Yulie mengaku belajar melukis secara autodidak, hanya berkonsultasi kepada pelakukis-pelukis terkenal. Kecintaannya pada seni lukis lantas membuatnya semakin jeli melihat peluang bisnis.
Termasuk mengajak anaknya berkolaborasi membuat lukisan di atas dinner set. Dia mengaku sampai tahun ini sudah menghasilkan empat macam karya bersama anaknya, Dara Setyohadi. (Koran Sindo, 12 Oktober 2015)
Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah …
A. Belajar melukis sejak kecil.
B. Sudah menghasilkan empat macam karya.
C. Mengajak anaknya untuk berseni dan berbisnis
D. Cermat dalam membaca peluang bisnis dari hobinya
7. Perhatikan kalimat berikut!
Ayahnya: Mandor Sarpan, seorang kusir delman keluarga Residen Pekalongan, tetapi dia menjadi menantu Residen Pekalongan saat itu.
Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah …
A. titik dua (:)
B. koma ( , ) setelah kata Sarpan
C. koma ( , ) setelah kata Pekalongan
D. titik (.)
8. Perhatikan kalimat berikut!
Dia sudah memasukkan nama saudaranya sebagai peserta lomba baca puisi.
Makna kata memasukkan pada kalimat tersebut adalah…
A. membicarakan
B. mengusulkan
C. membawakan
D. mendaftarkan
9. Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Para pemain dan pelatih jangan […] keputusan wasit.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. mengolaborasi
B. mengintervensi
C. mengeksploitasi
D. mensinkronisasi
10. Perhatikan paragraf berikut
(1) Semua orangtua tentu berharap agar kelak anaknya menjadi orang sukses. (2) Indikator dari kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. (3) Oleh sebab itu, banyak orangtua memilih pendidikan yang tepat agar anaknya dapat bersaing di dunia kerja. (4) Pendidikan yang tepat memang akan membuat peluang kerja pada masa depan semakin terbuka luas.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Cermati ilustrasi berikut!
Kepala sekolah memberikan tugas kepada wakil kepala sekolah untuk menggantikannya memimpin rapat dengan seluruh wali kelas pada Selasa, 31 Juli 2012 di Aula Sekolah. Beliau berhalangan memimpin rapat karena ada undangan rapat Dinas Pendidikan pada hari dan jam yang sama.
11. Isi pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
A. Mohon kepala sekolah memimpin rapat dengan seluruh wali kelas hari Selasa 31 Juli 2012 karena wakil kepala sekolah ada undangan rapat di kantor Dinas Pendidikan.
B. Mohon wali kelas hari Selasa 31 Juli 2012 memimpin rapat wakil kepala sekolah karena kepala sekolah berhalangan hadir pada rapat Dinas Pendidikan.
C. Mohon pimpin rapat bersama seluruh wali kelas hari Selasa 31 Juli 2012 karena saya akan menghadiri rapat kantor Dinas Pendidikan.
D. Mohon kepala sekolah memimpin rapat bersama seluruh wali kelas hari Selasa 3 Juli 2012 karena saya akan menghadiri rapat di kantor Dinas Pendidikan.
12. Direktur Bank Amarta meminta kepala satpam menemuinya untuk dimintai keterangan terkait peristiwa pencurian di bank tersebut. Kepala satpam diminta menjelaskan kronologi peristiwa itu secara lisan.
A. Jelaskan kronologi peristiwa pencurian itu di hadapan saya secepatnya
B. Segera menghadap saya dan jelaskan kronologi itu secara lisan
C. Secepatnya harap menghadap satpam dan jelaskan kronologi pencurian itu
D. Kami minta Saudara membuat penjelasan tentang kronologi pencurian itu cepat
13. Simak ilustrasi berikut ini!
Untuk membudayakan gemar membaca, sekolah mengadakan lomba menulis sinopsis buku fiksi dan membuat rangkuman buku nonfiksi. Agar memacu motivasi peserta, panitia juga membuat slogan.
Slogan yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah...
A. Membaca untuk mengisi waktu
B. Membaca itu sangat penting
C. Pengetahuan diperoleh dari membaca
D. Sinopsis dilombakan membaca dibudayakan
14. Bacalah puisi berikut!
Ke Blora ia akan menikmati
Ke Blora ia akan kembali bermimpi
Masa kanak dan cinta yang gagal
Ia terlalu hafal
Isi yang terdapat dalam puisi tersebut adalah...
A. Blora yang menjadi impian
B. Blora yang tidak menjanjikan kehidupan yang baik
C. Blora yang menjanjikan
D. Blora yang menjanjikan kehidupan
15. Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Masut: Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, tetapi tetap harus diberikan kepada orang lain.
Adik Masut: Lebih baik kalau ngobrolnya sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir).
Guru : Bisa saja adik kamu, Ut.
Suasana yang tergambar dalam kutipan drama di atas adalah...
A. Sedih
B. Tegang
C. Haru
D. Seram
16. Manakah puisi yang memiliki rima bebas?
A. Tak Seorang mau melempar senyum
Bunga mekar di segala jalan
Tak seorang tahu sebuah hati
Cinta terpendam di masa lalu
B. Segala kesadarannya tersaji hijau muda
Melayang di lembaran surat musim bunga
Berita dari jauh
Sebelum kapal angkat sauh
C. Lagu pekerja malam
Sesayup sampai embun
Antara dinamo menderam
Pantun demi pantun
D. Pada keramik pada nama itu
Kulihat kembali wajahmu
Mataku belum tolol, ternyata
Untuk sesuatu yang tak ada
17. Perhatikanlah iklan di bawah ini!
PAKET KILAT KE DENPASAR, MTR, Sumbawa Besar dgn Bus Karya Jaya Hub: Jl. Raya Terboyo 3, Ph 6584040 Jl. MT. Haryono 131, Jl. G. Mada 87 A Smg
Iklan di atas termasuk iklan...
A. Penawaran
B. Permintaan
C. Pengumuman
D. Keluarga
18. Kalimat berikut yang menunjukkan opini adalah...
A. Indonesia Raya adalah lagu kebangsaaan negara Indonesia
B. Ir. Soekarno adalah presiden RI pertama
C. Benua terbesar adalah Asia
D. Saya tak sepenuhnya setuju untuk menjual aset negara pada pihak swasta
19. Perhatikan kutipan novel berikut ini!
Kedua laki-istri itu bermufakat akan mencarikan jodoh anak mereka itu. Apakah yang kurang lagi bagi mereka itu akan memperoleh anak dara yang patut-patut? Ayah Aminudin seorang kepala kampung di Luhak Sipirok. Uang banyak, sawah lebar, kerbau, dan lembu pun cukup, sedang anaknya orang makan gaji, dibeli pula. Sekali ini haruslah mereka mengambil anak bangsawan sekurang-kurangnya yang sama dengan mereka, yang di bawah pantang. Demikian pikiran orang tua itu.
Kebiasaan atau adat yang terjadi pada kutipan novel tersebut adalah...
A. Seorang kepala kampung kaya raya
B. Anak menjadi pegawai agar mendapatkan gaji
C. Orang tua mencarikan jodoh untuk anaknya
D. Mencarikan jodoh untuk anaknya harus bangsawan
20. Bacalah kalimat berikut!
Pakar transportasi [...] bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. menunjukkan
B. menanyakan
C. menyarankan
D. meningkatkan
Baca Juga: 40 Contoh Soal UAS PKN Kelas 12 Semester 1, Beserta Jawabannya
Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1) Pendidikan merupakan elemen penting bagi seluruh kehidupan manusia. (2) Keberadaannya sangat membantu kemajuan bangsa. (3) Namun, di era globalisasi ini kondisi pendidikan di Indonesia sebagian masih memprihatinkan. (4) Fasilitas pendidikan yang layak bagi mereka yang berada di daerah terpencil belum terpenuhi.
21. Kalimat aktif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
(1) Malam ini Vina tengah menengadahkan kepalanya, berusaha menyapa bulan. (2) Kendati penantiannya telah habiskan lebih dari separuh kesabarannya, bulan tak kunjung membalas sapanya. (3) Rupanya, awanlah yang menghalangi terangnya bulan. (4) Sebenarnya, malam ini terasa lebih dingin dari malam-malam sebelumnya. (5) Namun, entah mengapa dingin itu tak ia rasakan sedikit pun. (6) Mungkin pikiran tentang kejadian tadi siang yang hilangkan rasa itu.
22. Majas personifikasi terdapat pada kalimat yang ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)
23. Kalimat ekspresif yang menggambarkan ketidaksabaran tokoh ditandai dengan nomor ....
A. (2)
B. (3)
C. (5)
D. (6)
(1) Tanah di pekuburan umum itu masih basah ketika para pentakziah sudah pulang. Sementara Ogal masih duduk sambil sesekali menyeka air matanya. Ibu yang selama ini paling dia hormati dan cintai, tadi malam telah menghadap Tuhan Yang Maha Esa.
(2) ....
“Maksud Ibu?” Ogal tidak mengerti.
“Ya, rupanya engkau ditakdirkan untuk aku asuh dan menjadi anak kami. Tetapi kami bertekad untuk menjadi orang tuamu, bukan sekedar orang tua asuh.”
....
Sebenarnya Ogal masih ragu-ragu, apakah dia akan ikut Bu Tutik atau bertahan hidup dengan mandiri. Jika dia ikut Bu Tutik, tentu tidak dapat bekerja seperti ketika ia masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidupnya selama ini, banyak hal yang dapat Ogal petik. Ia biasa bekerja keras, tidak suka menggantungkan pada orang lain. Ia juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
(3) “Tapi, saya tidak enak kalau menganggur, Bu!”
“Di rumahku engkau tidak mungkinmenganggur. Engkau bisa belajar menggunakankomputer, mengetik, nonton TV, danmemelihara kebun.”
“Tapi, saya akan tidak bekerja, Bu!”
“Pada hakikatnya engkau bekerja juga.Memelihara kebun atau membantuku dirumah juga bekerja.”
“Jadi, tidak harus menjajakan kue, Bu?”Bu Tutik mengangguk.
“Kalau begitu, tolong carikan pekerjaanyang bisa saya lakukan.”
Bu Tutik tersenyum.
“Jangan khawatir.”
(4) Bu Tutik ternyata dapat memenuhiharapan Ogal. Banyak pekerjaan yang dapatdilakukan Ogal. Misalnya, memelihara kebun mangga, mencatat keluar masuknya barang, dan sebagainya. Kali ini Ogal tidak kalah sibuknya dengan sewaktu berada di desa nelayan. Bahkan, mungkin boleh dikatakan sangat sibuk. Pekerjaan di rumah Bu Tutik tidak hanya satu, melainkan sangat banyak. Walaupun begitu, Bu Tutik tidak pernah memaksa Ogal untuk bekerja. Semua itu hanya semata-mata menuruti keinginan Ogal.
24. Makna ungkapan menghadap Tuhan Yang Maha Esa pada bagian (1) teks tersebut adalah ....
A. memohon dan berdoa
B. meninggal dunia
C. berserah diri kepada Tuhan
D. merasa tidak berdaya
25. Bukti karakter Ogal adalah seorang pekerja keras sesuai dengan bagian (3) teks tersebut adalah ...
A. Ogal tidak mau meninggalkan pekerjaan lamanya sebagai penjaja kue.
B. Ogal memenuhi permintaan Bu Tutik untuk belajar lebih giat lagi.
C. Ogal tidak ingin dirinya menjadi beban Bu Tutik.
D. Ogal meminta pekerjaan untuk dirinya kepada Bu Tutik.
26. Pada bagian (2) teks tersebut pengarang menggambarkanOgal sebagai tokoh yang tidak mau hidup berfoya-foya, yaitu dengan cara ....
A. melalui perkataan tokoh Ogal
B. melalui ekspresi tokoh Bu Tutik
C. pengarang menjelaskan secara langsung
D. melalui perasaan tokoh Ogal
Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!
Sebagian besar pihak yang menjadi sponsor Asian Para Games 2018 sempat mengira ajang tersebut sama dengan Asian Games.
Dalam standar olimpiade saat ini, setiap medali emas yang menjadi hadiah bagi para atlit pemenang mengandung kadar emas sebesar 6 gram yang dicampur dengan perak sebesar 494 gram.
Lagu“Laskar Pelangi” memberikan inspirasi bahwa ”mimpi” bisa menjadi ”kunci” yang bisa digunakan untuk membuka harapan kita untuk ”menaklukan dunia” yang kemudian menjadi penyemangat untuk meraih cita-cita.
BNPB menyemprotkan cairan desinfektan melalui udara dengan metode water boming di titik lokasi gempa likuifaksi, Balaroa dan Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis, 18 Oktober 2018.
27. Kalimat yang termasuk teks tanggapan ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Bacalah kalimat berikut dengan cermat!
Album yang dikemas dengan dominan warna hitam ini menyuguhkan dua instumen. Pertama adalah “Sunset” didominasi oleh gitar. Nuansa ini sekilas terdengar ala Kings of Convenience ini. Sementara itu, pada lagu kesembilan kita dibawa mendengarkan dentingan piano yang menenangkan setelah diajak menggoyangkan tubuh pada lagu sebelumnya, “Cadilac Model”.
28. Kata-kata yang memerlukan penjelasan tambahan (kata yang dianggap sukar) dalam teks tersebut adalah ....
A. album
B. nuansa
C. Sunset
D. Kings of Convenience
Perhatikan kalimat berikut!
Jika Anda adalah pecinta musik sekaligus penikmat fotografi, di album ini kita bisa menikmati keduanya sekaligus karena Atlesta mengemas lirik-lirik dalam album Sensation itu ke dalam 14 lembar foto menarik. Sayangnya lirik-lirik tersebut tidak semuanya tercetak dengan baik, dengan huruf handwriting yang cukup sulit untuk dibaca.
29. Komentar yang sesuai dengan cuplikan teks tanggapan tersebut adalah ....
A. Penggunaan istilah asing yang terlalu banyak mengganggu pemahaman.
B. Banyak ditemukan penulisan huruf kapital dan tanda baca yang tidak tepat.
C. Menggunakan kalimat yang tidak efektif sehingga sulit dipahami.
D. Pernyataan banyak menggunakan ungkapan yang sulit diketahui maknanya.
Perhatikan kalimat berikut!
(1) Alat dan bahan
(2) Tujuan
(3) Hasil Pengamatan
(4) Prosedur / Cara Kerja
(5) Simpulan
30. Sistematika laporan percobaan yang benar adalah..
A. (2), (1), (3), (4), (5)
B. (2), (1), (4), (3), (5)
C. (2), (1), (5), (3), (4)
D. (2), (3), (4), (1), (5)
31. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri kebahasaan teks laporan percobaan adalah…
A. Memasukkan unsur opini.
B. Memperkenalkan aspek umum atau kelompok.
C. Menggunakan kata kerja aktif.
D. Menggunakan kata tugas hubungan logis.
Cermati kejadian berikut ini.
(1) Pemilik toko menawari Amar air putih.
(2) Amar turun dari bus dengan berdesak-desakan.
(3) Pemilik toko merasa iba melihat kondisi Amar.
(4) Amar merasa panik karena tidak dapat membayar es teh yang telah diminumnya.
(5) Amar tidak menyadari dompet yang ia simpan di saku celananya ternyata hilang.
32. Urutan peristiwa yang tepat adalah…
A. (2), (3), (5), (1), (4)
B. (2), (5), (4), (3), (1)
C. (3), (1), (2), (5), (2)
D. (3), (2), (1), (5), (4)
Cermati kalimat berikut!
Bapak Alexander Bougotti dipercaya sebagai Presiden Klub Sepak Bola The Winner pada 2022 yang ke-21.
33. Perbaikan susunan kalimat tersebut adalah…
A. Bapak Alexander Bougotti dipercaya pada 2022 sebagai Presiden Klub Sepak Bola The Winner yang ke-21.
B. Bapak Alexander Bougotti sebagai Presiden Klub Sepak Bola The Winner dipercaya yang ke-21 pada 2022
C. Pada 2022 Bapak Alexander Bougotti dipercaya sebagai Presiden Klub Sepak Bola The Winner yang ke-21.
D. Pada 2022 Bapak Alexander Bougotti sebagai Presiden Klub Sepak Bola The Winner dipercaya yang ke-21.
Dampak Pemberian Ponsel pada Anak
Di era serba digital ini, ponsel bukanlah barang yang asing lagi. Bahkan, tidak hanya orang tua saja yang memiliki ponsel tetapi juga anak-anak serta remaja.
Bagi orang tua, ponsel menjadi sarana penunjang profesinya dan sarana komunikasi. Sedangkan pada remaja, ponsel memfasilitasi mereka untuk lebih mudah bersosialisasi.
Pemberian ponsel pada anak-anak dinilai belum tepat karena anak-anak lebih memerlukan sosialisasi secara langsung dibandingkan melalui media ponsel.
Sayangnya, dampak negatif penggunaan ponsel pada anak mulai terlihat, (….). Meskipun demikian, banyak pula yang menganggap bahwa pemberian ponsel pada anak akan membuat anak bisa mengeksplorasi banyak hal baru dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak dibandingkan anak-anak yang tidak diberikan ponsel.
34. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah…
A. Terutama pada orang tua yang mempunyai anak-anak yang selalu tantrum apabila tidak diberi ponsel saat memintanya.
B. Anak-anak dan remaja pun kini bisa bermain game online melalui telepon genggam mereka.
C. Karena itu, persoalan ini tentunya memerlukan perhatian dan kontrol dari berbagai pihak.
D. Ada pihak yang beranggapan bahwa ponsel banyak menimbulkan dampak negatif pada anak-anak.
35. Variasi judul yang sesuai dengan isi bacaan di atas adalah…
A. Pengaruh Pemberian Ponsel pada Anak
B. Pro dan Kontra Pemberian Ponsel pada Anak
C. Hubungan Pemberian Ponsel dan Anak di Masyarakat
D. Dampak Anak yang Diberikan Ponsel pada Keluarga
(1) Fenomena bus tololet tengah menjadi isu hangat yang mendunia. (2) Rupanya, hal itu menarik perhatian semua kalangan. (3)Bahkan Menteri Perhubungan, Karya Sumadi berencana menggelar kompetensi bunyi klakson tololet. (4) Lomba ini akan dikreasikan dengan musik lainnya bagi bus-bus atau truk-truk pengangkut barang.