Sonora.ID – Berikut contoh refleksi diri UKIN PPG Daljab 2023, beserta link download PDF yang bisa dijadikan panduan bagi yang membutuhkan.
Setiap guru perlu mengikuti UKIN PPG. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 yang menyebutkan bahwa semua guru wajib memiliki sertifikat pendidik, baik guru baru maupun guru yang selama ini sudah mengajar di sekolah.
Uji Kinerja (UKin) adalah bentuk ujian praktik pembelajaran dan uji portofolio.
Uji praktik dalam pembelajaran terdiri dari, uji persiapan dan pelaksanaan pembelajaran.
Sedangkan uji portofolio merupakan uji berkaitan dengan dokumen portofolio yang mencakup pengembangan diri, penelitian, refleksi diri, pencarian informasi, dan karya inovasi.
Baca Juga: Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi, Beserta Penjelasan dan Manfaatnya
Bobot nilai uji kinerja dalam perhitungan penentuan kelulusan peserta PPG yakni sebesar 30 pada komponen uji kompetensi.
Jika peserta lulus mengikuti UKIN, maka akan mendapat sertifikat pendidik. Namun, jika tidak lulus maka dapat mengikuti UKIN periode selanjutnya melalui laman UKMPPG.
Ketika menghadapi Uji Kinerja Pendidikan Profesi Guru (PPG), refleksi diri menjadi bagian penting untuk memahami perkembangan diri dalam mengajar dan meningkatkan kualitas pengajaran.
Komponen refleksi diri berisi deskripsi tentang proses perbaikan kinerja profesional secara terus-menerus yang dilakukan oleh mahasiswa PPG.
Perbaikan kinerja profesional tersebut dapat berupa pengembangan diri, melaksanakan penelitian, mengembangkan karya inovasi, serta pelaksanaan tugas guru secara umum yang meliputi cara berpikir, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain.
Analisis ini mendeskripsikan apakah pengembangan diri, penelitian, dan pengembangan karya inovatif sudah direncanakan, dilaksanakan, dan dinilai secara baik.
Maka dari itu, refleksi diri UKIN PPG Daljab sebaiknya disusun dengan kata-kata yang baik dan profesional.
Sebelum melihat contoh refleksi diri UKIN PPG Daljab 2023, mari simak cara mengisi deskripsi refleksi diri portofolio UKIN PPG 2023 terlebih dahulu.
Cara Mengisi Deskripsi Refleksi Riri Portofolio UKIN PPG
Contoh Refleksi Diri UKIN PPG Daljab 2023
Melansir dari Tribun Sumsel, berikut CONTOH DESKRIPSI DIRI PORTOFOLIO UKIN Ikmanda Nugraha, S.Pd., GCert.Ed., M.Pd Pendidikan IPA/ International Program on Science Education (IPSE) FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Anda juga dapat mengunduh contoh refleksi riri UKIN PPG Daljab 2023 di link PDF berikut ini dan link PDF ini.
Baca Juga: Manfaat PBL Bagi Guru, Beserta Penjelasan Langkah untuk Menerapkannya!
Kegiatan Refleksi Diri
Sebagai seorang guru, saya dituntut untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi professional guna memenuhi tuntutan dalam profesi saya.
Selama dua tahun terakhir, saya telah melakukan berbagai jenis penelitian baik penelitian tindakan kelas maupun penelitian lainnya secara mandiri maupun kelompok.
Pada periode tersebut, saya telah menghasilhan 6 buah karya publikasi yang terdiri dari 2 artikel dalam prosiding seminar internasional yang publikasi prosidingnya terindex Scopus, 2 Artikel pada jurnal nasional terakreditasi Sinta 2, 1 Artikel pada jurnal nasional terakreditasi Sinta 3, dan 1 buku yang diterbitkan secara nasional (UMUM).
Dari seluruh artikel tersebut, tiga karya publikasi yang saya unggulkan diantaranya :
(1) Artikel berjudul “The use of drawing as an alternative assessment tool in biology teaching” pada prosiding seminar internasional terindex Scopus dan terbit pada tahun 2018 telah dirujuk oleh beberapa peneliti dari negara eropa, asia dan afrika (Bukti 1),
(2) artikel yang berjudul “The use of video laboratory report to develop Student’s presentation skills” yang terbit pada tahun 2019 telah dirujuk oleh seorang peneliti dari Rusia (Bukti 2),
(3) Buku saya berjudul “Kumpulan Materi Panduan Terarah Biologi SMA/SMK” telah dipasarkan secara nasional dan dapat dibeli pada website dan toko buku di seluruh Indonesia (Bukti 3).
Kegiatan Pencarian Informasi Baru
Profesi guru menuntut saya untuk menjadi seorang guru yang reflektif dan dinamis dalam menjalankan rutinitas pekerjaan saya (UMUM). Dalam kegiatan pembelajaran, hal tersebut saya lakukan dengan selalu mengisi teacher log (catatan guru).
Di dalam teacher log saya menuliskan kelebihan dan kekurangan yang saya lakukan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Dengan adanya teacher log saya
dapat mengantisipasi kekurangan saya pada kegiatan pembelajaran berikutnya (Bukti 1).
Dalam menjaga kualitas evaluasi pembelajaran, saya melakukan analisis butir soal untuk setiap paket soal yang digunakan dalam ujian, baik ujian harian ataupun ujian semester. Analisis butir soal tersebut
membantu saya untuk menggunakan soal-soal dengan kualitas yang baik sehingga keberhasilan kegiatan pembelajaran dapat terukur (Bukti 2).
Selain itu, guna memperoleh sudut pandang yang berbeda dalam kegiatan pembelajaran, saya menggunakan pendekatan lesson study dalam pembelajaran, yaitu dua kali dalam satu semester saya melakukan open class dan meminta rekan-rekan kerja untuk menjadi observer dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah saya lakukan (Bukti 3).
Kegiatan yang Menghasilkan Inovasi
Saya adalah salah satu orang yang cukup konsisten dalam usaha untuk pengembangan kelimuan dan mencari Informasi baru.
Konsistensi saya dalam pengembangan keilmuan terbukti dengan saya tercatat mengikuti hampir 10 forum ilmiah sejak tahun 2018 baik lokal, nasional, maupun internasional.
Forum ilmiah yang saya ikuti adalah pertemuan ilmiah pada bidang pendidikan dan bidang IPA.
Namun saya juga tidak menutup diri dengan mengikuti forum ilmiah lain seperti bidang teknologi yang juga sangat bermanfaat untuk pengembangan potensi diri saya (UMUM).
Salah satu pertemuan yang menurut saya sangat berkesan adalah saya berkesempatan untuk mendengarkan pikiran-pikiran para ahli di dunia tentang pendidikan IPA pada forum yang diselengarakan UNESCO
bekerjasama dengan International Institute for Educational Planning (IIEP). Forum ini merupakan forum online dimana para praktisi dan peneliti bidang pendidikan berdiskusi mengenai isu tertentu pada bidang pendidikan (Bukti 1).
Pelatihan membuat tes online yang diselengarakan Prodi Pendidikan IPA, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia telah menjadikan setiap pembelajaran saya menjadi menarik karena siswa diberikan kesempatan untuk mengerjakan soal-soal dengan cara yang menarik seperti menggunakan kahoot atau Quizziz (Bukti 2).
Selain itu, untuk mengudapte informasi-informasi terbaru berkaitan dengan dunia pendidikan saya selalu menyaksikan video-video TedX dan juga video pembelajaran dari Khan Academy (Bukti 3).
Selama melaksanakan profesi sebagai guru, berbagai kegiatan yang menghasilkan karya inovasi telah saya lakukan sebagai bentuk usaha saya agar menjadi seorang guru yang inovatif (Umum).
Karya-karya tersebut diantaranya membuat LKPD sistem pencernaan manusia yang memanfaatkan teknologi augmented reality yang menghantarkan saya menjadi finalis Inobel pada tahun 2019 (Bukti 1).
Saya juga membuat modul digital menggunakan fitur anyflip yang dapat digunakan oleh siswa secara mandiri ketika belajar tanpa guru (Bukti 2).
Selain itu, saya juga membuat video-video pembelajaran yang diupload ke Kanal Youtube pribadi saya (Bukti 3).
Terima Kasih
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: 25 Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak, Beserta Jawabannya