Materi Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka serta Penjelasannya

6 Januari 2024 15:35 WIB
Kumpulan materi bahasa Inggris kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka serta penjelasannya.
Kumpulan materi bahasa Inggris kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka serta penjelasannya. ( Pexels)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan materi bahasa Inggris kelas 4 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Materi-materi ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa dalam belajar di rumah. Selain itu, materi ini juga dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat untuk para siswanya.

Di semester 1 dan 2 para siswa akan mempelajari berbagai hal seperti belajar menggunakkan kata kerja berbentuk verb ing, mengenal angka 50-100 dalam bahasa Inggris, mengidentifikasi waktu, hingga membuat kalimat sederhana dalam bahasa Inggris.

Berikut ini materi bahasa Inggris kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang dikutip dari buku Teacher Book: My Next Words Grade 4.

Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1-2 Kurikulum Merdeka dengan Rinciannya 

Materi Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Semester 1

Unit 1: What are you doing

Objectives:

  • Anak mampu mengungkapkan aktivitas dengan menggunakan Verb ing
  • Anak mampu menghasilkan kalimat tentang aktivitasnya.

Language Focus:

  • What are you doing?
  • What is she/he doing?
  • Going, singing, playing, having breakfast, watching, swimming

Unit 2: There are sixty seven English books

Objectives:

  • Anak mampu mengidentifikasi angka 50-100.
  • Anak sudah bisa menghitung benda.

Language Focus:

  • How many English books are there?
  • Fifty, sixty, seventy, eighty, ninety one hundred
  • Plus, minus.

Unit 3: My living room is beside the kitchen

Objectives:

  • Anak-anak mampu mengidentifikasi preposisi.
  • Anak mampu mendeskripsikan ruangan.
  • Anak mampu membuat kalimat dengan menggunakan preposisi.

Language Focus:

  • Where is the kitchen?
  • How is the room?
  • Living room, dining room, bed room, bath room, kitchen, garage
  • Beside, behind, in front of, between
  • Clean, dirty, tidy, big, large, empty

Unit 4: Dinda cooks in the kitchen

Objectives:

  • Anak mampu mengidentifikasi aktivitasnya di dalam rumah.
  • Anak sudah bisa menceritakan aktivitasnya di rumah.

Language Focus:

  • What do you do in the dining room?
  • Reads, watches, sleeps, cooks, takes a bath, does, doesn’t, do, don’t. Simple present tense.

Unit 5: Where is my pencil

Objectives:

  • Anak-anak dapat mengatakan sesuatu di setiap ruangan.
  • Anak mampu menghasilkan kalimat yang berkaitan dengan benda-benda yang ada di setiap ruangan.

Language Focus:

  • What are in the living room?
  • Table, lamp, cupboard, picture, shelf, vase, television, sofa, clock, bed, pillow, bolster, wardrobe

Unit 6: The stove in the kitchen

Objectives:

  • Anak mampu mengidentifikasi benda-benda yang ada di setiap ruangan.
  • Anak-anak mampu menggambarkan kalimat-kalimat di setiap ruangan.

Language Focus:

  • Where does Kimi eat?
  • Plate, spoon, fork, glass, bowl, pan, stove, frying pan, water, bathtub, soap, tooth paste, tooth brush, shampoo, towel, dipper, do, don’t

Unit 7: I can make fried egg in the kitchen

Objectives:

  • Anak mampu mengidentifikasi kegunaan can.
  • Anak mampu membuat teks pendek dengan menggunakan can.

Language Focus:

  • What can you do?
  • I can do…
  • Fry, take a rest, boil, rest, play

Semester 2

Unit 8: Be on time

Objectives:

  • Anak-anak dapat mengidentifikasi waktu
  • Anak-anak dapat berbicara tentang waktu

Language Focus:

  • What do you do at six o’clock?

Unit 9: I go to school after having breakfast

Objectives:

  • Anak mampu mengidentifikasi aktivitas sehari-hari
  • Anak mampu berbicara tentang aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan waktu

Language Focus:

  • Always, sometimes, usually, never

Unit 10: He always gets up at 5 o’clock

Objectives:

  • Anak-anak sudah dapat menggunakan kata keterangan frekuensi
  • Anak mampu membuat kalimat sederhana dengan menggunakan keterangan frekuensi

Language Focus:

  • How do you go to school?
  • Truck, plane, train, bus, pedicab, motorcycle, helicopter, boat, ship, bike

Unit 11: How do you go to school?

Objectives:

  • Anak-anak dapat mengidentifikasi jenis-jenis kendaraan
  • Anak mampu membuat kalimat sederhana tentang kendaraan

Language Focus:

  • Supermarket, office, paddy field, book store, by, at, go to

Unit 12: He goes to school by bike

Objectives:

  • Anak mampu mengidentifikasi aktivitas sehari-hari dengan kendaraan yang digunakan.
  • Anak sudah mampu menceritakan bagaimana caranya pergi ke tempat umum.

Language Focus:

  • Apples, mangoes, oranges, bananas, strawberries, watermelons

Unit 13: I like fruits

Objectives:

  • Anak sudah mampu menggunakan like dan likes untuk membicarakan buah kesukaan seseorang

Language Focus:

  • Where does Kimi eat?
  • Plate, spoon, fork, glass, bowl, pan, stove, frying pan, water, bathtub, soap, tooth paste, tooth brush, shampoo, towel, dipper, do, don’t

Demikianlah paparan mengenai kumpulan materi bahasa Inggris kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 1-2 Kurikulum Merdeka dan Paparannya

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm