Apa Itu Personal Selling? Ini Pengertian, Ciri. Tujuannya

16 Januari 2024 15:45 WIB
ilustrasi, apa itu personal selling
ilustrasi, apa itu personal selling ( Freepik)

Sonora.ID - Apa itu personal selling dalam dunia bisnis?

Personal selling merupakan salah satu strategi untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis.

Untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan dibutuhkan strategi yang cocok.

Hal ini berpengaruh pada tingkat penjualan.

Berikut ulasannya.

Baca Juga: Inilah Strategi Memenangkan Pasar di Tahun 2024

Apa Itu Personal Selling?

Dikutip dari laman Gramedia.com, menurut Henry Simamora, personal selling merupakan penyampaian secara lisan atau lebih mirip dengan percakapan antara satu atau lebih calon konsumen dengan penjual. Hal tersebut dilakukan supaya calon konsumen mau melakukan proses penjualan atau membeli produk yang tengah ditawarkan tersebut.

Adapun menurut Pride dan Ferrel, personal selling merupakan suatu bentuk komunikasi yang dijalin secara pribadi, berupa memberikan informasi dan membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Menurut Tjiptono, personal selling merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka antara penjual dengan calon konsumen. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk sekaligus memberikan pemahaman kepada konsumen atas suatu produk yang ditawarkan, supaya mereka mau membelinya.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan:

Personal selling adalah upaya komunikasi dua arah yang bersifat persuasif (mengajak) antara penjual dengan konsumen untuk memperkenalkan suatu produk supaya calon konsumen tersebut mau melakukan transaksi jual-beli.

Ciri-ciri Personal Selling

Ada beberapa ciri dari personal selling yang berbeda dari metode pemasaran lain, yaitu:

1. Hubungan Langsung Secara Personal Confrontation

Kedua belah pihak yang melakukan transaksi akan saling mempelajari mengenai sifat, kebutuhan, dan secara tidak disadari mereka akan melakukan penyesuaian.

2. Hubungan Akrab Secara Cultivation

Personal selling dapat meningkatkan hubungan antar pramuniaga dengan pembeli lebih dekat dan akrab.

3. Adanya Tanggapan (Response)

Tanpa disadari, aktivitas pembeli dengan penjual saling berkaitan sehingga membentuk reaksi atau tanggapan.

Baca Juga: Cara Membuat Telur Asin di Rumah dengan Mudah, Bisa Jadi Ide Bisnis!

Tujuan Personal Selling

Personal selling bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kepada calon konsumen untuk bisa membeli produk.

Tujuan lainnya yaitu:

  1. Mendapatkan pelanggan baru untuk produk yang tengah ditawarkan.
  2. Memenangkan penerimaan produk baru oleh pelanggan yang telah ada.
  3. Mempertahankan loyalitas pelanggan yang sekarang sudah ada dengan berusaha memberikan pelayanan terbaik.
  4. Melengkapi penjualan untuk masa depan dengan mengkomunikasikan informasi produknya kepada pelanggan.
  5. Mendapatkan informasi pasar.
  6. Informasi pasar ini nantinya akan berhubungan dengan sasaran pemasaran yang lebih luas, selain itu juga dapat digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan terhadap pelanggan sekarang maupun di masa depan.

Demikian penjelasan apa itu personal selling dan ciri-ciri dan tujuannya. Semoga bermanfaat.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm