Materi-materi ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa dalam belajar di rumah. Selain itu, materi ini juga dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat untuk para siswanya.
Di dalam artikel ini kami lampirkan pula link buku bahasa Indonesia yang digunakan dan resmi dari Kemdikbud.
Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Bab 1: Aku yang Unik
Kegiatan Utama:
Menyimak informasi mengenai cara mencari makna kata sifat dari kamus.
Membaca teks dan memirsa gambar tentang persamaan dan perbedaan sifat manusia.
Berpendapat dalam perbincangan sehari-hari maupun diskusi, tentang sifat dan persahabatan.
Menulis teks deskripsi untuk menjelaskan sifat dan karakter sahabat.
Kegiatan Pendukung:
Membuat puisi akrostik.
Bermain teka-teki silang.
Membaca contoh jurnal.
Bab 2: Buku Jendela Dunia
Kegiatan Utama:
Menyimak informasi mengenai perbedaan fakta dan fiksi.
Mengidentifikasi teks fiksi dan nonfiksi dari teks yang dibaca lewat pengamatan pada ciri-ciri dan unsur-unsur tulisan.
Menceritakan kembali dengan runut teks naratif yang dibaca.
Mempresentasikan uraian unsur intrinsik pada cerita yang dibaca.
Menulis teks narasi dengan unsur intrinsik.
Kegiatan Pendukung:
Membuat panggung cerita/boneka.
Mendongeng.
Bab 3: Ekspresi Diri Melalui Hobi
Kegiatan Utama:
Membaca dan memahami teks “Ekspresi Diri melalui Hobi”.
Menyimak informasi mengenai jenis-jenis imbuhan.
Menceritakan hobi yang dimiliki peserta didik dengan bantuan pertanyaan panduan.
Menyimak dan mempraktikkan langkah-langkah pembuatan kucing kertas origami.
Menulis teks prosedur mengenai hobi yang dimiliki masing-masing peserta didik.
Kegiatan Pendukung:
Kreativitas.
Membuat diorama kebun binatang mini yang dibuat dari kardus bekas.
Bab 4: Belajar Berwirausaha
Kegiatan Utama:
Membaca dan memahami teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan”.
Presentasi mengenai unsur informasi dalam teks melalui kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, dan bagaimana.
Memahami dan menemukan ide pokok dalam setiap paragraf.
Melakukan wawancara dengan seorang narasumber.
Menulis teks laporan hasil wawancara secara deskriptif.
Kegiatan Pendukung:
Bermain peran sebagai pewawancara dan narasumber dalam sebuah wawancara.
Membaca kisah perjalanan hidup/biografi tokoh dengan beragam latar belakang.
Refleksi Bab IV.
Bab 5: Menjadi Warga Dunia
Kegiatan Utama:
Menyimak informasi mengenai pengetahuan umum tentang teknologi informasi.
Membaca teks dan memirsa gambar iklan untuk mengidentifikasi fakta dan opini.
Menulis teks informatif dengan dukungan visual yang menarik tentang suatu topik.
Mempresentasikan hasil riset dari topik yang dipilih dengan runut, informatif, disertai dengan gaya berbicara yang tepat.
Kegiatan Pendukung:
Permainan kode rahasia.
Membuat karya digital.
Bab 6: Cinta Indonesia
Kegiatan Utama:
Membaca dan memahami teks “Berkunjung ke Gedung Djoeang ‘45 Solo”.
Membaca dan memahami informasi yang terdapat pada brosur Museum Benteng Vredeburg.
Menyimak pembacaan informasi isi brosur dan pengaplikasian membaca brosur dengan strategi membaca memindai.
Berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi mengenai penggunaan kalimat dan petunjuk dalam brosur tersebut.
Membaca dan memahami materi teks pengumuman.
Menulis teks yang berisi pengumuman kegiatan museum mini yang bertema Sejarah Indonesia dan ajakan kepada peserta didik lain untuk menghadiri kegiatan tersebut.
Kegiatan Pendukung:
Kreativitas.
Membuat museum mini.
Melakukan simulasi karyawisata ke museum.
Membaca buku/artikel sejarah Indonesia lewat berbagai sumber.
Refleksi Bab VI.
Bab 7: Sayangi Bumi
Kegiatan Utama:
Membaca dan memahami teks “Mbah Sadiman, Pejuang Penghijauan Wonogiri”.
Mengidentifikasi hubungan sebab akibat dalam teks dan diagram serta mempresentasikan hasilnya.
Mencatat poin penting dalam teks dan membuat ringkasan dengan bantuan pertanyaan panduan.
Membaca dan memahami teks “Mengurangi, Memakai Ulang, dan Mendaur Ulang Sampah”.
Membuat ringkasan dari teks “Mengurangi, Memakai Ulang, dan Mendaur Ulang Sampah”.
Membuat teks eksposisi tentang pentingnya melestarikan lingkungan.
Kegiatan Pendukung:
Kreativitas.
Memikirkan ide untuk kegiatan pelestarian lingkungan.
Membaca sumber lain tentang isu lingkungan dan membuat ringkasannya dalam jurnal membaca.
Bab 8: Bergerak Bersama
Kegiatan Utama:
Menyimak informasi mengenai perundungan melalui penjelasan guru.
Membaca teks dan memirsa gambar tentang jenis-jenis perundungan.
Memberikan saran dan tanggapan saat melihat masalah atau kejadian.
Menulis teks dengan struktur persuasif tentang perundungan.
Kegiatan Pendukung:
Membuat papan info.
Membuat pantun nasihat.
Kotak curhat -> baru.
Link Buku Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan 2
Berikut ini link buku (PDF) bahasa Indonesia kelas 5 Semester 1 dan 2 resmi dari Kemdikbud.