Materi-materi ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa dalam belajar di rumah. Selain itu, materi ini juga dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat untuk para siswanya.
Di dalam artikel ini kami lampirkan pula link buku bahasa Indonesia kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka yang digunakan dan resmi dari Kemdikbud.
menggunakan tanda seru dalam kalimat seru atau perintah;
menuliskan pendapat tentang cara menyeberangi jalan;
memeragakan percakapan di dalam bacaan tentang 4T;
membuat dan memeragakan percakapan dengan teman;
menyimpulkan nama sebuah tempat berdasarkan petunjuk berupa informasi yang berkaitan dengan tempat tersebut;
mengamati berbagai macam tanda di tempat umum;
menulis “di” sebagai kata depan dan awalan;
mengamati gambar “Ruangan dan Benda-benda di dalam Rumah yang Bisa Saja Berbahaya”;
menulis cerita pendek dengan tema berada di rumah sendirian.
Kegiatan Pendukung:
menanggapi bacaan dan cerita dengan cara menjawab pertanyaan;
melakukan permainan “Lampu Merah, Lampu Hijau”;
mendiskusikan pertanyaan yang berhubungan dengan tema di bab ini;
berlatih menggunakan kosakata baru.
Bab 4: Keluargaku Unik
Kegiatan Utama:
membaca cerita Noken Kebanggaan Kami;
membedakan fakta dan opini;
menulis ulang cara pembuatan noken;
mengidentifikasi kalimat aktif dan pasif;
menuliskan kalimat aktif dan pasif;
membaca tabel “Tugas Keluargaku”;
menuliskan ulang informasi dari tabel ke dalam paragraf;
menulis paragraf pendek dengan tema keluargaku.
Kegiatan Pendukung:
menanggapi bacaan dan cerita dengan cara menjawab pertanyaan;
menilai kesesuaian ilustrasi dan teks cerita;
mendiskusikan tentang pembagian tugas di keluarga masing-masing;
bercerita tentang keluarga masing-masing;
berlatih menggunakan kosakata baru.
Bab 5: Berteman dalam Keragaman
Kegiatan Utama:
membaca terbimbing fabel Rahasia Kaki Itik;
menyunting tanda baca koma pada kalimat;
mengamati gambar lemari penyimpanan;
mengidentifikasi kata benda dan kata sifat;
mengelompokkan kata benda;
memeragakan percakapan menggunakan kata-kata ajaib;
menulis paragraf tentang meminjam barang.
Kegiatan Pendukung:
menyebutkan antonim;
menanggapi bacaan dan cerita dengan cara menjawab pertanyaan.
berlatih menggunakan kosakata baru.
Bab 6: Bijak Memakai Uang
Kegiatan Utama:
mengamati gambar “Cara-Cara Mendapatkan Uang”;
menemukenali nama-nama pekerjaan di kotak kata;
menulis tentang pekerjaan orang tua;
membaca cerita “Labih dan Arai”;
menyampaikan pendapat tentang tokoh cerita;
melakukan permainan “Bum Bum”;
menjodohkan cerita dengan peribahasa yang tepat;
menjodohkan kata yang berima.
Kegiatan Pendukung:
menanggapi bacaan dan cerita dengan cara menjawab pertanyaan;
mendiskusikan hal yang dilakukan dalam bidang pekerjaan tertentu;
bernyanyi lagu “Bang Bing Bung Ayo ke Bank!”;
berlatih menggunakan kosakata baru;
membaca pantun;
melengkapi pantun.
Bab 7: Sayang Lingkungan
Kegiatan Utama:
membaca bacaan “Ayo, Hemat Air!”;
menyimak informasi “Cara Menghemat Air” dan menuliskan ulang;
mengamati perbedaan pada gambar “Buanglah Sampah di Tempat yang Seharusnya”;
membuat percakapan berisi kalimat imbauan dan memeragakannya;
membaca cerita “Sampah Plastik Jadi Perabot Cantik”;
menulis ulang cara pembuatan eco brick;
membaca cerita “Ketika Hujan Turun”;
menjelaskan kesesuaian ilustrasi dan teks “Ketika Hujan Turun”.
Kegiatan Pendukung:
menanggapi bacaan dan cerita dengan cara menjawab pertanyaan;
bercerita tentang rencana pembuatan perabot menggunakan eco brick;
mendiskusikan pertanyaan yang berhubungan dengan tema di bab ini;
membuat puisi dan membacakannya;
menulis kata ulang;
berlatih menggunakan kosakata baru.
Bab 8: Hobi yang Jadi Prestasi
Kegiatan Utama:
membaca cerita rakyat “Joko Kendil dan si Gundul”;
mengenali kosakata baru dalam cerita rakyat “Joko Kendil dan si Gundul”;
membuat kalimat dengan kata sambung ‘dan’ dan ‘tetapi’;
membaca informasi tentang cara pembuatan mobil mainan dari barang bekas;
menyimak instruksi guru dan membuat sebuah karya origami;
membaca brosur “Kegiatan Tambahan SD Merdeka”.
Kegiatan Pendukung:
menanggapi bacaan dan cerita dengan cara menjawab pertanyaan;
melakukan gerak dasar tarian seperti memutar pinggul, menoleh ke kanan dan ke kiri, mengangkat kedua lengan ke atas, dan mengangkat kaki seperti jalan di tempat;
mendiskusikan pertanyaan yang berhubungan dengan tema di bab ini;
berlatih menggunakan kosakata baru.
Link Buku Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Berikut ini link buku bahasa Indonesia kelas 2 SD Kurikulum Merdeka resmi dari Kemdikbud.