10 Contoh Soal Mulai Dari Diri Modul 3.2 Guru Penggerak dan Jawabannya

20 Februari 2024 12:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi ( Tangkapan layar Instagram Itjen Kemendikbud))

Sonora.ID - Simak contoh soal Mulai Dari Diri modul 3.2 Guru Penggerak dan jawabannya berikut ini.

Ada banyak rangkaian kegiatan ketika mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak, salah satunya menyelesaikan modul ajar yang diberikan.

Adapun modul yang harus dipelajari oleh calon Guru Penggerak yakni berjudul Mulai Dari Diri Modul 3.2 dengan fokus berupa ‘Pemimpin dalam Mengelola Sumber Daya’.

Dalam modul ini terdapat soal essai untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan pemahaman akan materi pelajaran yang telah diberikan.

Berikut Sonora.ID rangkum dari sumsel.tribunnews.com melalui laporan Rina Meida Hafitriana, S.Pd CGP Angkatan 7 Kab. Cilacap laman gurusiana.id, dan beberapa sumber lainnya, sebagai berikut:

Materi: Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

1. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?

Jawaban:

Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan. Memiliki sumber daya yang dapat dimanfaatkan berupa guru 111 orang, karyawan 30 dan siswa 1777 anak. Sumber daya berupa peralatan bengkel dan laboratorium yang digunakan sebagai proses belajar mengajar praktik.

Terdapat sumber daya media berupa elektronik yaitu website dan aplikasi yang digunakan untuk ulangan dan presensi berbasis android. Kami memiliki sumber daya berupa budaya industri dan peraturan-peraturan yang mendukung pada kedisiplinan. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.

2. Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Baca Juga: 7 Modal Utama Aset Sekolah Guru Penggerak: Membangun Sekolah Impian

Jawaban:

Kepala sekolah kami seorang yang konsisten, disiplin dan seorang yangi visioner. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah.

Pemimpin yang ideal adalah pemimpin memiliki managemen sebagai seorang manager, bisa menjadi contoh bagi guru, karyawan, dan siswa. Mempunyai rasa empati yang tinggi, mempunyai visi dan misi yang jelas dengan mengedepankan kebersamaan.

Memiliki jiwa bertanggungjawab dan sifat mengayomi kepada anggotannya Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.

3. Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Jawaban:

Saya sebagai seorang guru yang mendapatkan tugas sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Dengan tugas tambahan sebagai wakakur ini berusaha untuk melayani guru dan siswa dalam pelaksanaan PBM.

Pemanfaatan media sekolah dan perencanaan aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sekolah Terpadu)

4. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Jawaban:

Untuk diri sendiri, murid dan sekolah Harapan saya sebagai diri sendiri setelah mempelajari modul ini adalah memahami bagai mana mengelola dan memanfaatkan semua aset sekolah sebagai sebuah ekosistem.

Sehingga dapat melayani. Pada murid diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan aset sekolah untuk mencapai PBM yang optimal. Sekolah: Harapan sekolah dpt menjadikan ekosistem sebagai media untuk memberdayakan semua komponen yang ada.

5. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat bapak ibu bertugas. Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Jawaban:

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam hal ini, jika kita membayangkan sekolah atau tempat saya bertugas jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem yaitu terdapat komponen biotik dan abiotik dalam sekolah. komponen biotik terdiri dari Kepala sekolah, guru, staf karyawan, murid, dsb.

Sedangkan komponen abiotik isi misi sekolah, kurikulum, faktor keuangan, saran prasarana, humas, kepegawaian, lokasi strategis sekolah, dll. Kedua lingkungan tersebut saling bersinergi satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya positif.

Baca Juga: Contoh Pemetaan Aset Sekolah Guru Penggerak: Mmewujudkan Visi dan Misi Pendidikan

6. Apa saja yang bisa anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah? perhatikan utuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan!

Jawaban:

Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah yaitu Sumber Daya Manusia seperti kepeminpinan kepala sekolah, sistem manajemen sekolah, kompetensi guru di sekolah, kurikulum, fasilitas sekolah, jaringan kemitraan sekolah, pemanfaatan teknologi, serta sumber daya alam dan lingkungan sekitar.

7. Refleksi sosok peminpin atau kepala sekolah yang meminpin sekolah tersebut. Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok peminpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/ pemanfaatan sumber daya yang ada?

Jawaban:

Kepemimpinan Kepala sekolah memegang peranan penting dalam menciptakan ekosistem sekolah yang sehat dan produktif yang mengoptimalkan semua sumber daya yang ada. Saya mencoba merefleksikan sosok peminpin kepala sekolah di tempat saya, beliau merupakan pribadi yang sangat disiplin dan taat terhadap aturan. setiap keputusan yang diambil berlandaskan pada aturan yang berlaku.

Kebijkan-kebijakan yang digunakan sangat prosedural sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang pernah dialami. Mampu menjalin kemitraan yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar sekolah untuk bersama-sama mewujudkan tujuan pendidikan .

8. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Jawaban:

Pemimpin sekolah yang ideal adalah seorang pemimpin yang mampu menganyomi seluruh warga sekolah, selalu bermusyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan sekolah, mengapresiasi prestasi kinerja warga sekolah dengan baik, memberikan contoh teladan yang baik dalam bersikap, bertutur kata, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif aman dan nyaman untuk Guru dan semua warga sekolah.

Dalam memecahkan masalah harus bisa berlaku adil dan netral. Selalu bersikap terbuka terhadap semua guru di sekolah dengan melakukan musyawarah dalam setiap pengambilan kebijakan di sekolah.

Baca Juga: Contoh Visi Guru Penggerak Modul 1.3 Tahun 2024 Paling Lengkap

9. silahkan refleksikan, posisi diri bapak dan ibu dalam ekosistem sekolah. sejauh mana bapak ibu guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Jawaban:

Guru yang mampu memberikan pengaruh serta menciptakan hubungan harmonis dan selaras dengan kepala sekolah, pengawas, teman sejawat, murid, dan tenaga kependidikan serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Kekuatan yang saya miliki berpikir ke depan untuk mampu mengelola dan memaksimalkan aset positif untuk kemajuan belajar.

Senantiasa mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid dengan memanfaatkan segala lingkungan biotik dan abiotik yang terdapat pada ekosistem sekolah.

Contohnya di sekolah terdapat halaman yang luas dan rindang dapat digunakan untuk kegiatan outing class pada pembelajaran tematik agar anak tidak jenuh terlebih materi kelas 5 yang sudah cukup banyak bacaan dan hafalan.

10. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini? Diri sendiri, murid, sekolah.

Jawaban:

Harapan bagi,

-Diri sendiri: mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sekolah, mampu membuat strategi pengelolaan sumber daya, mampu memetakan sumber daya yang terdapat di sekolah, dan mampu menganalisis sejauh mana potensi kekuatan yang dimiliki sekolah serta tidak mudah mengeluh terhadap kekurangan yang dimiliki dan menjadikan kekurangan sebagai sumber ketercapaian tujuan dan atau visi misi sekolah.

-Murid: Adanya perubahan yang signifikan dalam pengelolaan sumber daya sekolah sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan secara utuh dan maksimal oleh murid.

-Sekolah: mampu mengelola sumber daya secara efektif dan maksimal secara berkelanjutan dengan melakukan review program sekolah serta evaluasi dan membuat rancangan tindak lanjut dan melaksanakannya.

Baca Juga: Rangkuman Modul 3.1 Guru Penggerak: Memimpin dengan Hikmah Terlengkap

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm