Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Lembar Umpan Balik dari Kepala Sekolah untuk Kompetensi Guru Penggerak.
Nama Guru Penggerak: [Nama Lengkap] Periode: [Tanggal] - [Tanggal]
Pendahuluan
Lembar umpan balik ini dibuat untuk memberikan penilaian dan masukan konstruktif terhadap perkembangan kompetensi Guru Penggerak (CGP) berdasarkan 6 domain utama:
Baca Juga: Contoh Jawaban Instrumen Pendampingan Individu 6 Guru Penggerak
Penilaian
Domain 1: Pembelajaran dan Asesmen
Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid
CGP menunjukkan pemahaman yang baik tentang pembelajaran berpusat pada murid dan menerapkannya dalam pembelajaran.
CGP mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menarik dan menantang bagi murid.
CGP menggunakan berbagai metode pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan murid.
Mengembangkan dan menggunakan instrumen asesmen yang sahih dan adil
CGP menunjukkan pemahaman yang baik tentang berbagai jenis instrumen asesmen.
CGP mampu mengembangkan instrumen asesmen yang sahih dan adil untuk mengukur kemajuan belajar murid.
CGP menggunakan hasil asesmen untuk memperbaiki pembelajaran.
Baca Juga: Contoh Jawaban Modul 1.1.a.3 Guru Penggerak: Refleksi Kritis, Ekspektasi, dan Harapan
Domain 2: Pengembangan Diri
Terus belajar dan berkembang
CGP menunjukkan semangat untuk terus belajar dan mengembangkan diri.
CGP mengikuti berbagai pelatihan dan pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensinya.
CGP aktif dalam komunitas belajar dan berbagi praktik baik dengan guru lain.
Memahami dan menerapkan penelitian tindakan
CGP menunjukkan pemahaman tentang penelitian tindakan.
CGP mampu melakukan penelitian tindakan untuk memperbaiki praktik pembelajarannya.
CGP membagikan hasil penelitian tindakannya dengan guru lain.
Baca Juga: Contoh Refleksi Hasil Umpan Balik Kompetensi Guru Penggerak PI 6 2024
Domain 3: Kepemimpinan Pembelajaran
Mendorong kolaborasi dan kepemimpinan bersama
CGP menunjukkan kemampuannya untuk mendorong kolaborasi antar guru.
CGP mampu memimpin tim guru dalam mengembangkan dan melaksanakan program pembelajaran yang inovatif.
CGP menciptakan budaya belajar yang positif di sekolah.
Menginspirasi dan memotivasi orang lain
CGP menunjukkan sikap yang positif dan antusias.
CGP mampu menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
CGP menjadi role model bagi guru lain.
Baca Juga: 20 Soal Pretest Paket Modul 1 Guru Penggerak 2024 Beserta Jawabannya
Domain 4: Kerjasama dengan Orang Tua/Wali Murid dan Masyarakat
Membangun hubungan yang kuat dengan orang tua/wali murid dan masyarakat
CGP menunjukkan komunikasi yang baik dengan orang tua/wali murid dan masyarakat.
CGP melibatkan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam kegiatan sekolah.
CGP membangun kemitraan dengan orang tua/wali murid dan masyarakat untuk mendukung pendidikan murid.
Melibatkan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengambilan keputusan
CGP menghargai masukan dari orang tua/wali murid dan masyarakat.
CGP melibatkan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait pendidikan murid.
CGP bekerja sama dengan orang tua/wali murid dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Baca Juga: 10 Contoh Soal Mulai Dari Diri Modul 3.2 Guru Penggerak dan Jawabannya
Domain 5: Pengembangan dan Inovasi
Berinovasi dalam pembelajaran dan pengembangan sekolah
CGP menunjukkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk meningkatkan pembelajaran dan pengembangan sekolah.
CGP berani mencoba hal-hal baru dan mengambil risiko.
CGP belajar dari kegagalan dan terus berusaha untuk improve.
Berkontribusi dalam pengembangan kebijakan pendidikan
CGP menunjukkan pemahaman tentang kebijakan pendidikan.
CGP mampu memberikan masukan yang konstruktif terhadap kebijakan pendidikan.
CGP berkontribusi dalam pengembangan dan implementasi kebijakan pendidikan.
Domain 6: Nilai dan Peran Guru Penggerak
Memiliki nilai-nilai yang mencerminkan profil Guru Penggerak
CGP menunjukkan nilai-nilai seperti beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, kreatif, inovatif, dan berwawasan global.
CGP menjadi teladan bagi murid dan guru lain.
CGP menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan tanggung jawab.
Menjalankan peran sebagai Guru Penggerak
CGP menunjukkan komitmennya untuk menjadi pemimpin pembelajaran.
CGP aktif dalam menggerakkan perubahan positif di sekolah.
Kekuatan dan Pencapaian
Berdasarkan pengamatan dan interaksi selama periode ini, berikut adalah beberapa kekuatan dan pencapaian CGP yang patut diapresiasi:
Area untuk Pengembangan
Setiap individu memiliki ruang untuk terus belajar dan berkembang. Berikut adalah beberapa area yang dapat menjadi fokus pengembangan CGP ke depannya:
Rencana Pendampingan
Sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan CGP, sekolah akan menyediakan pendampingan berupa:
Penutup
Secara keseluruhan, saya melihat perkembangan yang positif dari Bapak/Ibu [Nama CGP] dalam mengikuti Program Guru Penggerak. Saya percaya dengan semangat belajar yang tinggi, Bapak/Ibu [Nama CGP] akan mampu menjadi pemimpin pembelajaran yang efektif dan membawa perubahan positif di sekolah.
Kepala Sekolah,
[Nama Kepala Sekolah]
[Tanda Tangan]
Lampiran
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.