10 Contoh Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan Fungsional Guru dan Jawaban

22 April 2024 12:10 WIB
10 Contoh Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan Fungsional Guru
10 Contoh Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan Fungsional Guru ( Freepik.com)
 

Sonora.ID – Simak contoh soal uji kompetensi jabatan fungsional guru lengkap beserta jawabannya.

Contoh soal berikut ini sebagai bahan mempersiapkan diri sebelum menjalani ujian.

Uji kompetensi ini membantu menilai kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan guru dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Dengan begitu mampu mengetahui kelemahan dalam bidang pengajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berikut ini Sonora.ID merangkum contoh soal uji kompetensi jabatan fungsional guru lengkap beserta jawabannya:

1. Anda mengaukan usulan untuk atasan anda, namun usulan anda tersebut menurut arasan anda kurang tepat. Sikap anda dengan kondisi ini…

a. Merasa sangat kecewa

b. Mencoba mencari alternatif usulan lain untuk diajukan kembali

c. Merasa kecewa, namun berusaha melupakan penolakan tersebut

d. Berusaha memberi alasan dan pembenaran usulan sampai pada batas keyakinan arasan

Jawaban: b

2. Apakah anda merasa kesulitan untuk meminta sesuatu pertolongan kepada rekan sejawat anda?

a. Merasa sulit karena tidak mau memberatkan orang lain atas tugas saya

b. Jika dalam kondisi benar-benar mendesak maka saya meminta pertolongan kepada teman atau orang lain

c. Tergantung situasi dan urgensi meminta tolong kepada teman, terkadang tidak jika tidak dibutuhkan

d. Tidak meminta tolong karena sudah menjadi tanggungjawab saya

Jawaban: b

Baca Juga: 25 Contoh Motivasi Mengikuti Program Guru Penggerak yang Menarik

3. Apa yang dimaksud dengan kurikulum pendidikan?
 
a. Rencana pembelajaran di sekolah
b. Daftar bahan ajar yang harus dikuasai siswa
c. Standar penilaian untuk siswa
d. Program pendidikan yang mencakup tujuan, isi, dan metode pengajaran
 
Jawaban: d
 
4. Apa yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa?
 
a. Siswa menjadi fokus utama dalam proses pembelajaran
b. Guru memberikan instruksi langsung kepada siswa
c. Siswa bekerja secara individual dalam pembelajaran
d. Guru memberikan tugas yang harus diselesaikan oleh siswa
 
Jawaban: a
 
5. Sebagai seorang guru, bagaimana Anda merencanakan pembelajaran yang efektif?
 
a. Menyiapkan bahan ajar yang komprehensif
b. Mengikuti kurikulum secara ketat
c. Menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar siswa
d. Memberikan tugas yang sulit kepada siswa
 
Jawaban: c
6. Mengapa penting bagi seorang guru untuk melakukan pengembangan diri secara terus-menerus?
 
a. Untuk meningkatkan gaji dan kenaikan pangkat
b. Untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam pendidikan
c. Untuk mendapatkan pengakuan dari siswa dan rekan kerja
d. Untuk menghindari tuntutan dari pihak sekolah
 
Jawaban: b
 
  
7. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan menangani konflik antar siswa?
 
a. Menghukum siswa yang terlibat dalam konflik tersebut
b. Mengabaikan konflik dan berharap siswa menyelesaikannya sendiri
c. Membantu siswa untuk mencari solusi yang saling menguntungkan
d. Melibatkan orang tua siswa dalam menyelesaikan konflik
 
Jawaban: c
 
8. Apa yang dimaksud dengan penilaian autentik dalam proses pembelajaran?
 
a. Penilaian yang dilakukan dengan menggunakan instrumen standar
b. Penilaian yang menekankan aspek kuantitatif daripada kualitatif
c. Penilaian yang mencakup berbagai jenis tugas dan situasi nyata
d. Penilaian yang dilakukan oleh guru dan siswa secara bersama-sama
 
 
Jawaban: c
 
9. Bagaimana Anda memastikan penggunaan teknologi pendidikan yang aman dan etis dalam kelas?
 
a. Memberikan akses penuh kepada siswa dalam penggunaan teknologi
b. Mengabaikan kebijakan dan aturan yang berlaku terkait penggunaan teknologi
c. Mengawasi dan membatasi penggunaan teknologi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
d. Mendorong siswa untuk menggunakan teknologi di luar kurikulum sekolah
 
Jawaban: c
 
10. Apa tujuan dari penilaian autentik dalam pembelajaran?
 
a. Mengevaluasi kemampuan siswa dalam menghafal informasi
b. Mengukur tingkat kepatuhan siswa terhadap aturan sekolah
c. Menilai kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam situasi nyata
d. Membandingkan prestasi siswa dengan siswa lainnya
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm