Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal UKKJ guru muda ke madya, lengkap dengan jawabannya.
Guru muda dengan jabatan fungsional yang naik ke tingkat Madya akan menjalani Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ)
Ujian Kompetensi Kepala Jurusan (UKKJ) merupakan salah satu evaluasi penting dalam penilaian kinerja seorang guru, baik muda hingga madya.
Adapun materi uji kompetensi kenaikan jenjang (UKKJ) jabatan fungsional terdiri dari tes pilihan ganda dan esai.
Oleh karena itu, penting untuk mempelajari contoh soal essay UKKJ guru muda ke madya sebelum mengikutinya.
Namun perlu diingat, ini hanyalah contoh soal UKKJ guru muda ke madya, sehingga sangat mungkin berbeda dengan soal yang asli.
Baca Juga: 30 Pertanyaan tentang Hari Kartini, Cocok Jadi Soal Kuis Cerdas Cermat
1. Guru merupakan suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan kahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi memiliki persyaratan tertentu seperti di bawah ini, kecuali:
A. Menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar
B. Memiliki tingkat pendidikan setingkat Doktor
C. Menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
D. Menuntut tingkat pendidikan yang memadai
Jawaban: B
2. Menurut Dojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali
A. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesialisasi
B. Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki
C. Memiliki tujuan yang jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya
D. Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu
Jawaban: C
3. Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis:
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
Jawaban: C
4. Guru disyaratkan memiliki sifat yang jujurm berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objektif, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis:
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
Jawaban: B
5. Guru harus memiliki pemahaman akan sifat, ciri peserta didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang berguna untuk membantu peserta didik, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan bahan dan perkembangan peserta didik, serta menguasai sistem evaluasi yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan peserta didik. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi:
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
Jawaban: A
6. Guru heruslah memiliki jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi:
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
Jawaban: B
7. Guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kompetensi yang lain dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal tersbeut termasuk dalam jenis kompetensi
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
Jawaban: D
8. Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993. guru profesional dituntut memiliki lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali
A. Guru mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain
B. Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada peserta didik
C. Guru mempunyai komitmen pada peserta didik dan proses belajarnya
D. Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar peserta didik melalaui berbagai teknik evaluasi muai cara pengamatan dalam perilaku peserta didik sampai tes hasil belajar
Jawaban: A
9. Apa yang dimaksud dengan kurikulum pendidikan?
A. Rencana pembelajaran di sekolah
B. Daftar bahan ajar yang harus dikuasai siswa
C. Standar penilaian untuk siswa
D. Program pendidikan yang mencakup tujuan, isi, dan metode pengajaran
Jawaban: D
10. Apa tujuan dari evaluasi pembelajaran?
A. Menentukan nilai siswa
B. Mengukur kemampuan siswa dalam menghafal informasi
C. Menilai efektivitas proses pembelajaran
D. Membandingkan prestasi siswa dengan siswa lainnya
Jawaban: C
11. Apa tujuan dari evaluasi pembelajaran?
A. Menentukan nilai siswa
B. Mengukur kemampuan siswa dalam menghafal informasi
C. Menilai efektivitas proses pembelajaran
D. Membandingkan prestasi siswa dengan siswa lainnya
Jawaban: C
12. Apa tujuan dari evaluasi pembelajaran?
A. Menentukan nilai siswa
B. Mengukur kemampuan siswa dalam menghafal informasi
C. Menilai efektivitas proses pembelajaran
D. Membandingkan prestasi siswa dengan siswa lainnya
Jawaban: C
13. Sebagai seorang guru, bagaimana Anda merencanakan pembelajaran yang efektif?
A. Menyiapkan bahan ajar yang komprehensif
B. Mengikuti kurikulum secara ketat
C. Menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar siswa
D. Memberikan tugas yang sulit kepada siswa
Jawaban: C
14. Bagaimana Anda memastikan adanya partisipasi aktif dari siswa dalam pembelajaran?
A. Menggunakan pendekatan ceramah dalam pengajaran
B. Menyediakan waktu istirahat yang cukup bagi siswa
C. Menggunakan strategi interaktif seperti diskusi dan penugasan kelompok
D. Menekankan kepatuhan siswa terhadap peraturan sekolah
Jawaban: C
15. Mengapa penting bagi seorang guru untuk melakukan pengembangan diri secara terus-menerus?
A. Untuk meningkatkan gaji dan kenaikan pangkat
B. Untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam pendidikan
C. Untuk mendapatkan pengakuan dari siswa dan rekan kerja
D. Untuk menghindari tuntutan dari pihak sekolah
Jawaban: B
Baca Juga: 40 Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2, dan Jawabannya
Essay
16. Jelaskan perbedaan antara kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013
Jawaban:
KTSP merupakan kurikulum yang berfokus pada pengembangan kurikulum oleh satuan pendidikan, sedangkan Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berbasis kompetensi dan memiliki kurikulum nasional yang ditentukan oleh pemerintah.
Selain itu KTSP lebih fleksibel dan memungkinkan sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan lokal.
Sementara Kurikulum 2013 lebih terpusan dan memiliki standar nasional yang harus diikuti oleh semua sekolah.
17. Jelaskan peran dan fungsi pendidikan karakter dalam pendidikan anak usia dini
Jawaban:
Pendidikan karakter dalam pendidikan anak usia dini berperan penting dalam membentuk sikap, nilai-nilai dan perilaku positif pada anak.
Fungsi pendidikan karakter adalah membantu anak mengembangkan empati, kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan sikap positif lainnya.
Pendidikan karakter juaga membantu anak mengembangkan keterampilan sosial, mengenal dan menghormati perbedaan serta mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang berperan aktif dalam masyarakat.
18. Jelaskan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa
Jawaban:
Beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan verpikir kritis pada siswa antara lain:
Pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif, diskusi kelompok, penggunaan studi kasus, dan penggunaan pertanyaan terbuka
Metode-metode ini memungkinkan siswa untuk berpikir secara analitis, menganalisis informasi mengembangkan argumen dan mengevaluasi berbagai sudut pandang
19. Jelaskan peran guru dalam pembelajaran inklusif
Jawaban:
Peran guru dalam pembelajaran inklusif sangat penting. Guru harus dapat menciptakan lingkungan belajaran yang inklusif.
Menyediakan dukungan yang diperlukan untuk siswa dengan kebutuhan khusus dan memodifikasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individual siswa.
Guru juga bertanggung jawab untuk mempromosikan kerjasama antara siswa dengan berbagai latar belakang, menghormati keberagaman dan menghilangkan diskriminasi dalam kelas
20. Jelaskan pentingnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran di era digital
Jawaban:
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran di era digital memiliki beberapa manfaat penting
a) Teknologi dapat meningkatkan aksesibilitas dan ketersediaan materi pembelajaran yang beragam
b) Teknologi dapat meningkatkan keterlibatan siswa melalui penggunaan multimedia, simulasi, dan permainan edukatif yang menarik.
c) Teknologi memungkinkan pembelajaran berbasis kolaborasi dan komunikasi antara siswa dan guru, serta siswa dengan siswa
d) Penggunaan teknologi juga dapat mengembangkan keterampilan digital dan literasi digital pada siswa yang merupakan keahlian penting dalam dunia kerja saat ini.
21. Apa saja prinsip-prinsip pendidikan inklusif?
28. Jelaskan pentingnya pengembangan profesionalisme guru dan berikan contoh kegiatan pengembangan profesional yang dapat dilakukan oleh seorang guru.
Jawaban:
Pengembangan profesionalisme guru sangat penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran.
Guru yang terus mengembangkan diri dapat mengikuti perkembangan terbaru dalam pendidikan, meningkatkan keterampilan mengajar, dan memperkaya pengetahuan mereka.
Contoh kegiatan pengembangan profesional yang dapat dilakukan oleh seorang guru antara lain:
Mengikuti pelatihan dan workshop yang terkait dengan bidang keahlian mereka, membaca buku atau jurnal akademik tentang pendidikan
mengikuti komunitas guru untuk berbagi pengalaman dan ide, mengikuti program mentoring atau kolaborasi antar guru, dan mengikuti konferensi pendidikan atau seminar.
29. Jelaskan peran dan pentingnya pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran, serta berikan contoh strategi diferensiasi yang dapat diterapkan dalam kelas.
Jawaban:
Pendekatan diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang mengakomodasi perbedaan individual siswa dalam kelas, baik dalam hal kecepatan belajar, gaya belajar, atau tingkat pemahaman.
Pendekatan ini penting untuk memastikan bahwa semua siswa mendapatkan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka.
Contoh strategi diferensiasi yang dapat diterapkan dalam kelas antara lain: penyusunan kelompok berdasarkan kemampuan atau minat, penggunaan materi dan sumber belajar yang beragam.
Memberikan pilihan tugas atau proyek yang menyesuaikan tingkat kesulitan, memberikan bantuan tambahan kepada siswa yang membutuhkan dan memberikan tantangan tambahan kepada siswa yang lebih mampu.
30. Jelaskan konsep keadilan sosial dalam konteks pendidikan dan jelaskan bagaimana guru dapat mempromosikan keadilan sosial di kelas.
Jawaban:
Keadilan sosial dalam konteks pendidikan adalah prinsip yang menuntut adanya kesetaraan akses, kesempatan, dan perlakuan yang adil bagi semua siswa, tanpa memandang latar belakang mereka.
Guru dapat mempromosikan keadilan sosial di kelas dengan mengakui keberagaman siswa, membangun lingkungan inklusif yang menghargai perbedaan,
menerapkan strategi pembelajaran yang mendukung partisipasi semua siswa, memerangi diskriminasi dan stereotip, dan menyediakan sumber daya dan dukungan yang setara bagi semua siswa.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: 40 Contoh Soal Psikotes Polri, Lengkap dengan Kunci Jawabannya!