Sonora.ID - Contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa menjelang ujian akhir semester genap ini.
Soal UAS Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka mencakup beberapa materi, seperti pengertian buku fiksi dan nonfiksi, surat-surat, puisi rakyat, dan cerita rakyat.
Sebaiknya, siswa mulai latihan soal UAS Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 jauh-jauh hari sebelum waktu pelaksanaan ujian agar meraih nilai maksimal.
Berikut ini 30 contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka dan kunci jawabannya dikutip dari berbagai sumber.
Cermati kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 1-2!
Brokoli mungkin bukan sayur yang paling populer. Tapi, brokoli adalah salah satu yang paling bergizi. Itu sebabnya, brokoli disebut dengan superfood. Brokoli tinggi akan serat, antioksidan, vitamin B, A, C, K, dan zat besi. Baru-baru ini, brokoli telah dipuji karna kemampuannya memerangi osteoartritis. Secara luas, sayuran yang satu ini juga telah lama diakui sebagai pelawan kanker.
Penelitian terbaru dari University of East Anglia (UEA) di inggris dan diterbitkan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism mengindentifikasi bahwa brokoli sarat akan senyawa Sulforafan. Dalam percobaan laboratorium, senyawa ini ternyata ampuh memperlambat osteoartritis. Sulforafan menampilkan perilaku antiinflamasi dan berperan memperlambat dekomposisi tulang rawan sendi.
1. Hal yang dibahas dalam kutipan teks tersebut adalah?
A. Cara memproduksi brokoli
B. Manfaat brokoli
C. Penelitian University of East Anglia
D. Brokoli sebagai pelawan kanker
Jawaban: B
2. Informasi yang sesuai dengan paragraf ke-2 adalah?
A. Brokoli disebut dengan superfood
B. Brokoli sarat akan senyawa Sulforafan
C. Brokoli salah satu yang paling bergizi
D. Brokoli tingi akan serat
Jawaban: B
Bacalah kutipan buku berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 3-5!
Karang terdiri dari dua jenis yaitu karang lunak dan karang keras. Karang lunak adalah jenis karang yang yang jaringannya menutupi kerangka dalam yang lunak. Koloni karang lunak sering kali hidup di karang keras. Walaupun tidak mengeluarkan kerangka kalsium karbonat, karang dewasa atau polip dari karang lunak memiliki bagian dalam yang keras. Bagian ini merupakan struktur penyangga yang kokoh dan lentur.
Karang keras adalah jenis karang yang menghasilkan kerangka luar yang keras dan berat. Kerangka keras ini terbuat dari kalsium karbonat.
(Sumber: Mengenal Ekosistem Laut dan Pesisir)
3. Gagasan pokok paragraf pertama adalah?
A. Karang lunak adalah jenis karang yang yang jaringannya menutupi kerangka.
B. Karang dewasa atau polip dari karang lunak memiliki bagian dalam yang keras.
C. Karang dewasa merupakan struktur penyangga yang kokoh dan lentur.
D. Karang terdiri dari dua jenis yaitu karang lunak dan karang keras.
Jawaban: A
4. Informasi yang sesuai dengan kutipan buku tersebut adalah?
A. Karang lunak adalah jenis karang yang yang jaringannya menutupi kerangka.
B. Karang dewasa atau polip dari karang lunak memiliki bagian dalam yang lunak.
C. Karang lunak merupakan struktur penyangga yang kokoh dan lentur.
D. Kerangka keras ini terbuat dari kalsium hidroksida.
Jawaban: C
5. Gagasan pokok paragraf kedua adalah?
A. Karang keras menghasilkan kerangka luar yang keras dan berat.
B. Karang dewasa atau polip dari karang lunak memiliki bagian dalam yang keras.
C. Karang dewasa merupakan struktur penyangga yang kokoh dan lentur.
D. Karang terdiri dari dua jenis yaitu karang lunak dan karang keras.
Jawaban: E
Perhatikan kalimat berikut untuk menjawab soal nomor 6–7!
Dengan ini kami berharap agar saudara dapat hadir dalam acara pernikahan putera kami yang akan diselenggarakan pada …
6. Kalimat di atas adalah bagian dari surat?
A. surat cinta
B. surat izin
C. surat undangan
D. surat kematian
Jawaban: C
7. Jika ditinjau dari sisi kerangka urutannya, kalimat tersebut terdapat pada bagian?
A. Akhir
B. Awal
C. Depan
D. Belakang
Jawaban: B
Benarkah Bumi Berbentuk Bulat?
Ternyata meskipun bumi berbentuk bulat seperti bola, namun rata di kutub-kutubnya. Jadi, bentuknya tidak bulat sempurna. Fakta menunjukkan bumi memiliki jari-jari kutub = 6.356 km yang lebih pendek dari jari-jari khatulistiwa = 6.378 km, demikian pula garis lingkar kutub bumi (40.008 km) lebih pendek dari garis lingkar khatulistiwa (40.075 km). Nah, kalau bulat seperti bola jari-jari dan garis lingkarnya harusnya sama kan?
Dahulu, masyarakat di berbagai penjuru dunia memiliki pandangan dan perkiraan sendiri tentang bumi. Misalnya orang Yunani kuno (zaman sebelum masehi) berkeyakinan bahwa dewa-dewa alam berdiam di bumi, yaitu di gunung Olympus yang terletak 241 km dari Athena, dan mereka beranggapan bahwa bumi berbentuk pipih. Sementara pada masa yang dikenal sebagai zaman kegelapan (dark age) sekitar 9 abad pertama masehi, bangsa Eropa saat itu berkeyakinan bahwa bumi berbentuk datar.
Sumber: Bumi Kita yang Mempesona
6. Kutipan buku tersebut termasuk jenis buku?
A. Cerita
B. Pengetahuan
C. Biografi
D. Autobiografi
Jawaban: B
7. Garis besar informasi yang tersurat pada paragraf ke-2 adalah?
A. Bumi berbentuk bulat seperti bola.
B. Pandangan dan perkiraan tentang bumi.
C. Cara membuktikan bahwa bumi bulat.
D. Bumi rata di bagian kutubnya.
Jawaban: B
8. Informasi yang sesuai berdasarkan teks tersebut adalah?
A. Bumi memiliki jari-jari kutub yang sama dengan jari-jari khatulistiwa.
B. Bumi memiliki jari-jari kutub yang lebih panjang dari jari-jari khatulistiwa.
C. Bumi memiliki jari-jari kutub yang tidak sama dengan jari-jari khatulistiwa.
D. Bumi memiliki jari-jari kutub yang lebih pendek dari jari-jari khatulistiwa.
Jawaban: D
Bacalah kutipan buku berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 9-10.
Seperti ayahnya, anak laki-lakinya itu terampil memanjat tiang bambu. Tanpa sengaja, si anak laki-laki menyingkap atap rumah. Di balik atap rumah itu, ia melihat bulu-bulu burung yang amat indah di dalam tiang bambu. Dia tertegun sejenak.
“Bulu-bulu burung? Mengapa ada di sini? Namun, selama ini aku tidak pernah melihat ada burung yang tinggal di tempat ini. Apalagi tempatnya tertutup dan tersembunyi. Jadi, tidak mungkin ada burung yang bersarang di tempat ini,” demikian pikir si anak laki-laki itu.
Lantas ia mengambil bulu-bulu burung. Ingin ditunjukkannya penemuan aneh itu kepada ibunya. Ia pun turun dari atap.
Sumber: Putri Surga
9. Hal yang dikemukakan pada paragraf pertama cerita di atas adalah?
A. Selama ini aku tidak pernah melihat ada burung yang tinggal di tempat ini.
B. Anak laki-lakinya itu terampil memanjat tiang bambu.
C. Jadi, tidak mungkin ada burung yang bersarang di tempat ini.
D. Ingin ditunjukkannya penemuan aneh itu kepada ibunya.
Jawaban: B
10. Rangkuman yang sesuai dengan kutipan cerita di atas adalah?
A. Tanpa sengaja, si anak laki-laki menyingkap atap rumah. Di balik atap rumah itu, ia melihat bulu-bulu burung.
B. Jadi, tidak mungkin ada burung yang bersarang di tempat ini,” demikian pikir si anak laki-laki itu.
C. Anak laki-lakinya memanjat atap rumah. Tanpa sengaja menemukan bulu-bulu burung dan menunjukkan pada Ibunya.
D. Lantas ia mengambil bulu-bulu burung. Ingin ditunjukkannya penemuan aneh itu kepada ibunya.
Jawaban: C
Bacalah kutipan buku berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 11-12!
Akhirnya, waktu habis karena telah pukul sebelas lewat lima dan jumlah murid tak juga genap sepuluh. Semangat besarku untuk sekolah perlahan-lahan runtuh. Aku melepaskan lengan ayahku daripundakku. Sahara menangis terisak-isak mendekap ibunya karena ia benar-benar ingin sekolah di SD Muhammadiyah. Ia memakai sepatu, kaus kaki, jilbab, dan baju, serta telah punya buku-buku,botol air minum, dan tas punggung yang semuanya baru.
Pak Harfan menghampiri orangtua murid dan menyalami mereka satu per satu. Sebuah pemandangan yang pilu. Para orangtua menepuk-nepuk bahunya untuk membesarkan hatinya. Mata Bu Mus berkilauan karena air mata yang menggenang. Pak Harfan berdiri di depan para orangtua, wajahnya muram. Beliau bersiap-siap memberikan pidato terakhir. Wajahnya tampak putus asa. Namun ketika beliau akan mengucapkan kata pertama Assalamu’alaikum seluruh hadirin terperanjat karena Tripani berteriak sambil menunjuk ke pinggir lapangan rumput luas halaman sekolah itu.
"Harun!"
Kami serentak menoleh dan di kejauhan tampak seorang pria kurus tinggi berjalar terseok-seok. Pakaian dan sisiran rambutnya sangat rapi. Ia berkemeja lengan panjang putih yang dimasukkan kedalam. Kaki dan langkahnya membentuk huruf x sehingga jika berjalan seluruh tubuhnya bergoyang-goyang hebat. Seorang wanita gemuk setengah baya yang berseri-seri susah payah memeganginya. Pria itu adalah Harun, pria jenaka sahabat kami semua, yang sudah berusia lima belas tahun dan agak terbelakang mentalnya. Ia sangat gembira dan berjalan cepat setengah berlari tak sabar menghampiri kami. Ia tak menghiraukan ibunya yang tercepuk-cepuk kewalahan menggandeng-nya.
Mereka berdua hampir kehabisan napas ketika tiba di depan Pak Harfan.
“Bapak Guru …, ” kata ibunya terengah-engah.
“Terimalah Harun, Pak, karena SLB hanya ada di Pulau Bangka, dan kami tak punya biaya untuk menyekolahkannya ke sana.
Sumber: Laskar pelangi
11. Hal yang dikemukakan pada paragraf pertama cerita tersebut adalah?
A. Pak Harfan menghampiri orangtua murid dan menyalami mereka satu per satu.
B. Pria itu adalah Harun, pria jenaka sahabat kami semua, yang sudah berusia lima belas tahun dan agak terbelakang mentalnya.
C. Akhirnya, waktu habis karena telah pukul sebelas lewat lima dan jumlah murid tak juga genap sepuluh.
D. Kami serentak menoleh dan di kejauhan tampak seorang pria kurus tinggi berjalar terseok-seok.
Jawaban: A
12. Rangkuman yang sesuai dengan kutipan cerita di atas adalah?
A. Jumlah murid tak juga genap sepuluh, Pak Harfan bersiap-siap memberikan pidato terakhir. Hingga kemudian datanglah Harun.
B. Para orangtua menepuk-nepuk bahunya untuk membesarkan hatinya. Mata Bu Mus berkilauan karena air mata yang menggenang.
C. Ia berkemeja lengan panjang putih yang dimasukkan kedalam. Kaki dan langkahnya membentuk huruf x sehingga jika berjalan seluruh tubuhnya bergoyang-goyang hebat.
D. Ketika beliau akan mengucapkan kata pertama Assalamu’alaikum seluruh hadirin terperanjat karena Tripani berteriak sambil menunjuk ke pinggir lapangan rumput luas halaman sekolah itu.
Jawaban: D
Bacalah kutipan buku berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 13-14!
Kedelai (Glycine max) sudah dibudidayakan sejak 1500 tahun SM. Tanaman ini baru masuk Indonesia, terutama Jawa sekitar tahun 1750. kedelai paling baik ditanam di ladang dan persawahan antara musim kemarau dan musim hujan.
Kedelai mempunyai perawakan kecil, tinggi batangnya dapat mencapai 75 cm. Bentuk daunnya bulat telur dengan kedua ujungnya membentuk sudut lancip dan bersusun tiga menyebar (kanan-kiri-depan) dalam satu untaian ranting yang menghubungkan batang pohon. Kedelai berbuah polong yang berisi biji-biji.
Menurut varitasnya ada kedelai yang berwarna putih dan hitam, baik kulit luar buah polong maupun batang pohonnya mempunyai bulu-bulu kasar berwarna cokelat. Untuk budidaya tanaman kedelai di pulau Jawa yang paling baik adalah pada ketinggian tanah kurang dari 500 m di atas permukaan laut.
(Sumber: Sehat dengan Tanaman Obat)
13. Gagasan pokok paragraf pertama adalah?
A. Kedelai mempunyai perawakan kecil, tinggi batangnya dapat mencapai 75 cm.
B. Kedelai (Glycine max) sudah dibudidayakan sejak 1500 tahun SM.
C. Menurut varitasnya ada kedelai yang berwarna putih dan hitam.
D. Bentuk daunnya bulat telur dengan kedua ujungnya membentuk sudut lancip.
Jawaban: D
14. Gagasan pokok paragraf kedua adalah?
A. Kedelai mempunyai perawakan kecil, tinggi batangnya dapat mencapai 75 cm.
B. Kedelai (Glycine max) sudah dibudidayakan sejak 1500 tahun SM.
C. Menurut varitasnya ada kedelai yang berwarna putih dan hitam.
D. Bentuk daunnya bulat telur dengan kedua ujungnya membentuk sudut lancip.
Jawaban: A
Bacalah dengan seksama penggalan paragraf di bawah ini untuk menjawab soal nomor 15–16!
Pagelaran pentas drama itu menurut hemat saya sangat sulit untuk ditebak. Adegan demi adegan berlangsung dengan tidak serta merta harsu menjadi sebab dan akibat yang saling berkaitan. Hal ini yang menurut saya menjadikan penonton semakin penasaran akan seperti apa akhir ceritanya.
15. Tanggapan pada penggalan paragraf tersebut lebih tepat jika disebut sebagai?
A. Saran
B. Kritik
C. Pesan
D. Pendapat
Jawaban: D
16. Tanggapan yang dinyatakan dalam sebuah penggalan paragraf di atas berkaitan dengan?
A. Alur cerita
B. Penokohan
C. Latar
D. Tema
Jawaban: A
17. Apa yang termasuk dalam bagian buku?
A. Hanya indeks dan sampul
B. Hanya daftar isi dan sampul
C. Daftar isi, sampul, dan indeks
D. Hanya judul dan badan buku
Jawaban: C
18. Bagaimana cara terbaik untuk mengidentifikasi berita palsu?
A. Mengejar berita sensasional tanpa verifikasi
B. Memeriksa berita dari berbagai sumber yang berbeda
C. Mempercayai semua informasi dari sumber yang tidak dikenal
D. Tidak melakukan pengecekan kebenaran berita sama sekali
Jawaban: B
19. Seorang siswa diminta untuk menulis teks berita tentang peristiwa lingkungan di sekolahnya. Apa yang harus menjadi fokus utama dalam teks berita tersebut?
A. Menceritakan pengalaman pribadi siswa.
B. Mendeskripsikan kondisi sekolah.
C. Menyampaikan opini pribadi tentang lingkungan sekolah.
D. Memberikan informasi fakta tentang peristiwa lingkungan di sekolah.
Jawaban: D
20. Apa yang harus dilakukan ketika menemui berita palsu di media sosial?
A. Tidak melakukan apa-apa karena berita di media sosial selalu benar.
B. Menyebarluaskan berita palsu agar lebih banyak orang tahu.
C. Memeriksa sumber informasi dan mencari berita yang terpercaya.
D. Mempercayai berita palsu tanpa verifikasi.
Jawaban: C
21. Apa perbedaan antara kalimat eksplanatif dan kalimat persuasif dalam teks tanggapan?
A. Kalimat eksplanatif selalu lebih pendek daripada kalimat persuasif.
B. Kalimat eksplanatif bertujuan untuk memberikan informasi, sedangkan kalimat persuasif bertujuan untuk mempengaruhi.
C. Tidak ada perbedaan antara kalimat eksplanatif dan kalimat persuasif.
D. Kalimat eksplanatif hanya digunakan dalam teks akademik, sedangkan kalimat persuasif digunakan dalam teks umum.
Jawaban: B
22. Sebuah teks berita harus memiliki unsur-unsur berikut, kecuali?
A. Judul
B. Lead
C. Badan berita
D. Paragraf deskripsi
Jawaban: D
23. Bagaimana cara terbaik untuk mengidentifikasi berita palsu?
A. Mempercayai semua informasi dari sumber yang tidak dikenal
B. Memeriksa berita dari berbagai sumber yang berbeda
C. Mengejar berita sensasional tanpa verifikasi
D. Tidak melakukan pengecekan kebenaran berita sama sekali
Jawaban: B
24. Apa yang termasuk dalam bagian buku?
A. Daftar isi, sampul, dan indeks
B. Hanya daftar isi dan sampul
C. Hanya indeks dan sampul
D. Hanya judul dan badan buku
Jawaban: A
25. Apa yang dimaksud dengan ragam kalimat dalam teks tanggapan?
A. Jenis huruf yang digunakan dalam buku
B. Gaya penulisan yang unik dalam buku
C. Berbagai macam jenis kalimat yang digunakan dalam teks
D. Tidak ada hubungannya dengan kalimat dalam teks tanggapan
Jawaban: C
26. Apa perbedaan utama antara surat pribadi dan surat resmi?
A. Surat pribadi ditulis dengan tangan, sedangkan surat resmi diketik.
B. Surat pribadi berisi informasi resmi, sedangkan surat resmi berisi informasi pribadi.
C. Surat pribadi ditujukan kepada individu, sedangkan surat resmi ditujukan kepada lembaga atau instansi.
D. Tidak ada perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi.
Jawaban: C
27. Mengapa penting untuk mengikuti etika dalam penulisan surat?
A. Agar surat menjadi lebih panjang
B. Agar surat terlihat formal
C. Agar surat lebih mudah dipahami
D. Etika dalam penulisan surat tidak penting
Jawaban: C
28. Apa yang dimaksud dengan unsur kebahasaan dalam teks berita?
A. Penggunaan bahasa informal dalam teks berita.
B. Penggunaan bahasa daerah dalam teks berita.
C. Penggunaan bahasa yang sesuai dengan situasi dan tujuan komunikasi dalam teks berita.
D. Tidak ada unsur kebahasaan dalam teks berita.
Jawaban: C
29. Apa yang perlu dipertimbangkan ketika menyajikan tanggapan terhadap buku?
A. Hanya menyampaikan opini pribadi tanpa alasan.
B. Memberikan ringkasan singkat buku.
C. Memberikan analisis mendalam tentang isi buku.
D. Menyalin ulang seluruh isi buku.
Jawaban: C
30. Unsur berita yang mencakup informasi utama dalam teks berita disebut?
A. Badan berita
B. Judul
C. Lead
D. Foto
Jawaban: C
Demikian 30 contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka sebagai referensi.