Di penghujung semester, para guru akan disibukkan dengan agenda mengisi raport yang akan diberikan kepada orang tua murid.
Adapun bagian deskripsi yang harus diisi oleh para guru untuk memberikan masukkan dan motivasi kepada siswa/i guna meningkatkan prestasi di semester yang akan datang.
Berikut Sonora ID bagikan 15 contoh deskripsi raport kurikulum merdeka yang dapat kamu simak dengan lengkap.
Peserta didik terlihat antusias ketika diminta untuk memimpin baca doa sebelum dan setelah makan.
Peserta didik terlihat antusias ketika diintau untuk memimpin baca doa sebelum dan setelah makan.
Dalam semester ini, peserta didik sudah mampu menghapalkan surat-surat pendek Al-Fatihah dan Al-ikhlas.
Peserta didik juga hapal beberapa hadits pilihan tentang larangan marah dan anjuran tersenyum.
2. Matematika
Peserta didik pada mata pelajaran Matematika menunjukkan bahwa peserta didik sudah mampu menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan benar.
Peserta didik juga sudah mampu menghitung perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan benar.
Peserta didik sudah mampu mengenal dan menghitung luas dan keliling bangun datar seperti persegi, persegi panjang, dan segitiga.
Peserta didik juga sudah mampu mengenal dan menghitung volume bangun ruang seperti kubus dan balok.
3. Pendidikan Pancasila
Peserta didik elah menguasai kemampuan menjelaskan proses perumusan dan nilai-nilai Pancasila, hak dan kewajiban di berbagai lapisan masyarakat
Peserta didik terlihat antusias dalam berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah, seperti kegiatan gotong royong dan kegiatan kebersihan.
Peserta didik mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dengan cakap, memberikan kontribusi positif terhadap keberagaman suku dan budaya di Indonesia.
4. Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menulis teks naratif dan teks prosedur dengan susunan kalimat yang jelas dan koheren.
Peserta didik juga terlihat antusias dalam mempelajari kaidah kebahasaan dan mampu mengaplikasikannya dalam penulisan teks berita dan teks tanggapan.
Peserta didik juga terlihat antusias dalam berdiskusi dan menyampaikan pendapat secara tertulis maupun lisan dalam rangka mengimplementasikan komunikasi dengan santun.
5. Ilmu Pengetahuan Alam
Peserta didik telah menunjukkan kemampuan yang baik dalam memahami konsep-konsep dasar IPA, seperti sifat-sifat zat, perubahan wujud zat, dan gerak pada tumbuhan.
Peserta didik terlihat antusias dalam melakukan percobaan sederhana dan mampu mengamati fenomena alam dengan baik. Peserta didik memahami sifat-sifat bahan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.
6. Prakarya
Prestasi peserta didik pada mata pelajaran Prakarya: Budidaya dan Pengolahan mencapai tahap berkembang. Peserta didik berhasil menggabungkan teori dengan praktek dalam kegiatan budidaya dan pengolahan.
Peserta didik mampu memahami konsep-konsep agraris, teknik budidaya, dan proses pengolahan secara komprehensif.
Peserta didik menunjukkan kemampuan dengan baik dalam memahami konsep dasar rekayasa dan menerapkannya dalam proyek-proyek sederhana.
Peserta didik belum berkembang dalam mengidentifikasi bahan-bahan dan menjelaskan teknik pembuatan tekstur
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap berkembang dalam mengidentifikasi bahan-bahan dan menjelaskan teknik pembuatan tekstur
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap cakap dalam mengidentifikasi bahan-bahan dan menjelaskan teknik pembuatan tekstur
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap mahir dalam mengidentifikasi bahan-bahan dan menjelaskan teknik pembuatan tekstur
8. PJOK
Peserta didik belum berkembang dalam menjelaskan dan mempraktikan permainan sepak bola, bola voli mini, bulu tangkis, seni bela diri, dan atletik
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap berkembang menjelaskan dan mempraktikan permainan sepak bola, bola voli mini, bulu tangkis, seni bela diri, dan atletik
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap cakap dalam menjelaskan dan mempraktikan permainan sepak bola, bola voli mini, bulu tangkis, seni bela diri, dan atletik
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap mahir dalam menjelaskan dan mempraktikan permainan sepak bola, bola voli mini, bulu tangkis, seni bela diri, dan atletik
9. Bahasa Inggris
Peserta didik belum berkembang dalam mengidentifikasi kata-kata dialog sederhana, hari dan jadwal pelajaran favoritnya dalam Bahasa Inggris, informasi berdasarkan teks sederhana, teks rumpang serta informasi berdasarkan ilustrasi gambar dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap berkembang dalam mengidentifikasi kata-kata dialog sederhana, hari dan jadwal pelajaran favoritnya dalam Bahasa Inggris, informasi berdasarkan teks sederhana, teks rumpang serta informasi berdasarkan ilustrasi gambar dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap cakap dalam mengidentifikasi kata-kata dialog sederhana, hari dan jadwal pelajaran favoritnya dalam Bahasa Inggris, informasi berdasarkan teks sederhana, teks rumpang serta informasi berdasarkan ilustrasi gambar dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap mahir dalam mengidentifikasi kata-kata dialog sederhana, hari dan jadwal pelajaran favoritnya dalam Bahasa Inggris, informasi berdasarkan teks sederhana, teks rumpang serta informasi berdasarkan ilustrasi gambar dalam kehidupan sehari-hari
10. Bahasa Jawa
Peserta didik belum berkembang dalam mengidentifikasi teks puisi modern, ciri -ciri teks dialog, karangan narasi, karangan deskripsi, serta unsur intrisnik dalam teks cerita rakyat
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap berkembang dalam mengidentifikasi teks puisi modern, ciri -ciri teks dialog, karangan narasi, karangan deskripsi, serta unsur intrisnik dalam teks cerita rakyat
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap cakap dalam mengidentifikasi teks puisi modern, ciri -ciri teks dialog, karangan narasi, karangan deskripsi, serta unsur intrisnik dalam teks cerita rakyat
Peserta didik mencapai ketuntasan tahap mahir dalam mengidentifikasi teks puisi modern, ciri -ciri teks dialog, karangan narasi, karangan deskripsi, serta unsur intrisnik dalam teks cerita rakyat.