Contoh Deskripsi Dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam Raport

13 Juni 2024 15:18 WIB
Kumpulan contoh deskripsi dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam raport
Kumpulan contoh deskripsi dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam raport ( Pixabay)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan mengenai kumpulan contoh deskripsi dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam raport.

Profil pelajar Pancasila diketahui merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. 

Profil pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. 

Profil pelajar Pancasila (P3) ini terdiri dari 6 dimensi, yaitu: 

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2. Mandiri.
  3. Bergotong-royong.
  4. Berkebinekaan global.
  5. Bernalar kritis.
  6. Kreatif.

Keenam dimensi profil pelajar Pancasila perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Berikut ini pun kumpulan contoh deskripsi dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam raport, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Surat Undangan Pengambilan Raport Semester 2 Untuk SD, SMP, SMA

Contoh Deskripsi Dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam Raport

(1) Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

  • Anto Biasanya melakukan ibadah sesuai dengan ajaran agama/kepercayaannya.
  • Iis dapat mengenali simbol-simbol agamanya dengan baik.
  • Putu dapat/sering mengikuti ritual keagamaannya dengan baik.
  • Dewi dapat mengetahui dan memahami kitab suci dengan baik.
  • Erna Mengenali sifat-sifat utama Tuhan bahwa Dia Maha Esa dan Dia Maha Pengasih dan Penyayang Pencipta serta mengakui kebaikannya sebagai cerminan sifat Tuhan.
  • Ari dapat mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan.
  • Uus dapat mengidentifikasi hak dan kewajibannya di rumah, sekolah dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

(2) Mandiri

  • Faqih menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam menetapkan target belajar dan merencanakan waktu serta tindakan belajar yang akan dilakukannya.
  • Berani mencoba dan adaptif dalam menghadapi situasi baru serta tekun dalam mengerjakan tugas yang telah disepakati sampai selesai.
  • Dapat melaksanakan kegiatan belajar di kelas dan menyelesaikan tugas dalam waktu yang telah disepakati. 
  • Ambil inisiatif untuk melakukan tugas rutin secara mandiri di bawah pengawasan dan dukungan orang dewasa.

(3) Bergotong-royong

  • Mampu melaksanakan kegiatan kelompok sesuai kesepakatan bersama dengan bimbingan, dan saling mengingatkan kesepakatan tersebut.
  • Mampu menerima dan melaksanakan tugas dan peran yang diberikan kelompok dalam suatu kegiatan bersama. 
  • Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan daan tujuan kelompok.
  • Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

(4) Berkebinekaan Global

  • Dapat mengidentifikasi perbedaan budaya yang konkrit di lingkungan sekitarnya.
  • Dapat menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan keragaman budaya di lingkungan sekolah dan rumah.
  • Dapat mengenali perbedaan pada setiap orang atau kelompok dan menganggapnya sebagai hal yang wajar.
  • Mampu berteman tanpa membedakan perbedaan agama, suku, ras, jenis kelamin dan perbedaan lainnya, serta mengenali masalah sosial, ekonomi dan lingkungan di lingkungan sekitar.

(5) Bernalar Kritis

  • Berani bertanya untuk menjawab rasa ingin tahunya dan mengidentifikasi suatu masalah tentang dirinya dan lingkungan sekitarnya. 
  • Mampu melakukan penalaran konkrit dan memberikan alasan dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan.
  • Mampu menyampaikan apa yang sedang dipikirkan secara detail.

(6) Kreatif

  • Mampu menggabungkan beberapa gagasan menjadi gagasan atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengungkapkan pikiran dan/atau perasaan. 
  • Mampu menggali dan mengungkapkan pikiran dan/atau perasaan dalam bentuk karya dan/atau perbuatan serta mengapresiasi karya dan perbuatan yang dihasilkan. 
  • Mampu mengidentifikasi ide-ide kreatif untuk menghadapi situasi dan masalah.

Sekian paparan mengenai kumpulan contoh deskripsi sikap P3 untuk raport sebagai bahan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 3 Contoh Narasi Raport TK B Usia 5-6 Tahun Semester 2 yang Singkat

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm