45 Soal Ujian UT Manajemen Lengkap dengan Kunci Jawaban

25 Juni 2024 16:25 WIB
45 Soal Ujian UT Manajemen Lengkap dengan Kunci Jawaban
45 Soal Ujian UT Manajemen Lengkap dengan Kunci Jawaban ( )

Sonora.ID - Berikut ini adalah kumpulan contoh soal Ujian UT Manajemen Universitas Terbuka lengkap dengan kunci jawaban.

Dengan mengerjakan soal-soal di bawah ini, diharapkan mahasiswa bisa lebih memahami materi dan siap dalam menghadapi ujian akhir semester atau UAS yang akan datang.

Di UT sendiri ujian diadakan secara online atau ujian online  (UO) yang memberikan beberapa ketentuan antara lain: 

(a) mengikuti ujian yang jam ujiannya bentrok (salah satu mata kuliah bentrok bisa diikuti melalui ujian Online selama mata kuliah tersebut ditawarkan melalui ujian Online )

(b) mengikuti UAS di luar jadwal UAS tertulis yang telah ditentukan dalam kalender akademik UT.

Bentuk soal ujian Online berupa tes objektif (pilihan ganda) atau tes uraian (esai). Untuk ujian Online objektif, jawaban langsung dikerjakan pada komputer secara Online, sedangkan untuk ujian Online uraian, jawaban dikerjakan pada BJU.

Baca Juga: 30 Contoh Soal Ujian Dinas Tingkat 1 dan Jawabannya untuk Latihan

Soal Ujian UT Manajemen Lengkap dengan Kunci Jawaban

1. Manajer sumber daya manusia memiliki peran dalam perekrutan karyawan, terutama dalam hal ….

A. pengumuman lowongan pekerjaan
B. mengambil keputusan tentang sumber karyawan
C. menetapkan syarat-syarat calon karyawan baru
D. rekrutmen karyawan antar kota antar daerah

Jawaban : B

2. Dalam sistem patronage proses pemilihan dan pengangkatan karyawan lebih dipengaruhi oleh faktor ….

A. Hubungan baik dengan manajer
B. Etika karyawan selama di perusahaan
C. pengabdian kepada pejabat organisasi
D. hubungan yang luas karyawan dengan sesamanya

Jawaban : C

3. Uang penghargaan masa kerja bagi karyawan yang memiliki masa kerja 3 tahun tapi kurang dari 6 tahun adalah…

A. 2 bulan Upah
B. 6 bulan upah
C. 7 bulan upah
D. 1 tahun upah

Jawaban : A

Baca Juga: Link Download PDF Materi Ujian Dinas Tingkat 1, Ini Kisi-Kisi Soalnya

4. Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dibangun perusahaan terutama untuk ….
A. memenuhi persyaratan waktu mengajukan ijin perusahaan
B. memenuhi tuntutan lembaga buruh intenasional
C. mewujudkan produktivitas kerja yang optimal
D. memenuhi himbauan pemerintah

Jawaban : C

5. Lembaga pelatihan kerja yang menyelenggarakan pelatihan kerja perusahaan harus memenuhi syarat….

A. memiliki ijin dari instansi yang berwenang di bidang ketenagakerjaan
B. harus lembaga non pemerintah
C. harus memiliki reputasi tingkat nasional
D. harus lembaga resmi

Jawaban : A

6. Yang dimaksud pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh pengadilan adalah PHK yang diputuskan oleh ….

A. hakim pengadilan negeri
B. hakim pengadilan tata usaha
C. Lembaga bipartit
D. hakim pengadilan hubungan industrial

Jawaban : D

7. Hubungan kerja berakhir jika habis masa waktu yang ditetapkan dalam perjanjian termasuk dalam jenis pemutusan hubungan kerja ….

A. tidak bersyarat
B. demi hukum
C. demi pengadilan
D. berdasarkan kontrak

Jawaban : B

Baca Juga: 10 Contoh Soal AKGTK Kemenag 2024 untuk Kepala MA dan Pengawas Tenaga Kependidikan

8. Jika pekerja/buruh di PHK dengan masa kerja 5 tahun 6 bulan akibat dari penutupan perusahaan yang disebabkan karena perusahaan mengalami kerugian selama dua tahun secara terus-menerus, maka berhak atas uang pesangon sebesar ….

A. enam bulan upah
B. lima tahun enam bulan upah
C. lima tahun upah
D. satu tahun enam bulan upah

Jawaban : A

9. Jika sebuah perusahaan ingin mencegah pengelolaan SDM yang secara mekanis hanya akan menghasilkan output yang seragam maka dalam mengelola SDM harus memperhatikan prinsip ….

A. berorientasi pada tujuan
B. berorientasi pada layanan
C. menaati segala peraturan perundangan yang berlaku
D. melibatkan sebanyak mungkin staf

Jawaban : B

10. Tindakan PNS diluar jam kerja yang melanggar ketentuan kewajiban dan larangan dikategorikan sebagai….

A. tanggungjawab pribadi
B. bukan pelanggaran disiplin Pegawai Negeri
C. pelanggaran disiplin Pegawai Negeri
D. pelanggaran etika dan moral

Jawaban : C

Baca Juga: 5 Contoh Soal Essay Asesmen Kompetensi Guru, Lengkap dengan Jawaban

Soal Ujian UT Manajemen Lengkap dengan Kunci Jawaban

11. Pada hakekatnya proses Analisis Jabatan dilakukan untuk ...

A. memberikan peluang perkembangan karir
B. memahami apa tanggung jawab setiap jabatan dan kontribusi hasil jabatan tersebut terhadap pencapaian hasil atau tujuan organisasi
C. membuat job description
D. mencari pegawai yang akan dipromosi naik jabatan.

Jawaban : B

12. Pada hakekatnya deskripsi jabatan merupakan ...

A. Tugas manajer personalia
B. suatu statement yang teratur, dari berbagai tugas dan kewajiban suatu jabatan tertentu
C. catatan tertulis harus dilaksanakan untuk suatu jabatan
D. proses sosialisasi tugas pada jabatan tersebut

Jawaban : B

13. Hasil dari analisis jabatan adalah ….

A. deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan
B. nama-nama pegawai yang bisa menempati
C. deskripsi jabatan dan problematika jabatan
D. strategi peningkatan kinerja pegawai

Jawaban : A

14. Inti dari spesifikasi jabatan adalah ….

A. adanya kehalian spesifik yang dibutuhkan perusahaan
B. pernyataan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang harus dimiliki oleh seseorang sebelum menduduki jabatan tertentu
C. rincian tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk jabatan tersebut
D. daftar catatan kemampuan seseorang yang dipercaya memegang jabatan

Jawaban : B

Baca Juga: 15 Contoh Soal Essay Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Beserta Jawaban

15. Salah satu manfaat dari adanya spesifikasi jabatan, yaitu ….

A. sebagai jalur memindahkan pegawai yang tidak kompeten
B. sebagai dasar pengukuran kinerja
C. sebagai dasar untuk menyusun jalur promosi
D. agar setiap pegawai bekerja sesuai bidang masing-masing

Jawaban : C

16. Desain jabatan itu merupakan ….

A. strategi mencapai tujuan khusus
B. informasi lengkap tentang tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk jabatan tersebut
C. catatan atas hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang harus dimiliki oleh seseorang
D. proses pembuatan aktivitas spesifik dari seorang individu atau sekelompok individu untuk mencapai tujuan organisasional tertentu

Jawaban : B

17. Hasil dari analisis jabatan adalah ….

A. deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan
B. nama-nama pegawai yang bisa menempati
C. deskripsi jabatan dan problematika jabatan
D. strategi peningkatan kinerja pegawai

Jawaban : A

18. Pada hakekatnya deskripsi jabatan merupakan ...
A. Tugas manajer personalia
B. suatu statement yang teratur, dari berbagai tugas dan kewajiban suatu jabatan tertentu
C. catatan tertulis harus dilaksanakan untuk suatu jabatan
D. proses sosialisasi tugas pada jabatan tersebut

Jawaban : B

19. Inti dari spesifikasi jabatan adalah ….

A. adanya kehalian spesifik yang dibutuhkan perusahaan
B. pernyataan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang harus dimiliki oleh seseorang sebelum menduduki jabatan tertentu
C. rincian tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk jabatan tersebut
D. daftar catatan kemampuan seseorang yang dipercaya memegang jabatan

Jawaban : B

20. Pengangguran pada umumnya diberikan kepada karyawan yang tidak dapat bekerja sebagai dampak dari ….

A. kesalahan pihak lain
B. adanya program jaminan sosial nasional
C. belum adanya lowongan pekerjaan baru
D. makin banyaknya perusahaan asuransi

Jawaban : A

Soal Ujian UT Manajemen Lengkap dengan Kunci Jawaban

21. Penilaian kinerja yang mengharuskan karyawan dan atasannya menetapkan tujuan organisasi dan melaksanakannya disebut pendekatan ….

A. Management by Objectives
B. Management by subjectives
C. Behavioral Observation Scales/BOS
D. Paired Comparison

Jawaban : A

22. Sistem penghargaan yang secara langsung dikontrol dan disampaikan oleh organisasi (pihak ketiga) dan bersifat lebih kasat mata disebut ….

A. Sistem penghargaan ekstrinsik
B. Sistem penghargaan intrinsik
C. Sistem penghargaan subjektif
D. Sistem penghargaan objektif

Jawaban : A

23. Salah satu manfaat dari adanya spesifikasi jabatan, yaitu ….

A. sebagai jalur memindahkan pegawai yang tidak kompeten
B. sebagai dasar pengukuran kinerja
C. sebagai dasar untuk menyusun jalur promosi
D. agar setiap pegawai bekerja sesuai bidang masing-masing

Jawaban : C

24. Yang dimaksud dengan desain jabatan adalah….

A. strategi mencapai tujuan khusus
B. informasi lengkap tentang tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk jabatan tersebut
C. catatan atas hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang harus dimiliki oleh seseorang
D. proses pembuatan aktivitas spesifik dari seorang individu atau sekelompok individu untuk mencapai tujuan organisasional tertentu

Jawaban : D

25. Jika perusahaan ingin menjaga keunggulan kompetitifnya (competitive adventage) sekaligus mempertahankan pegawai berkualitas tinggi, maka manajemen sumber daya manusia harus membuat kebijakan ….

A. melengkapi rencana strategik organisasi
B. mengubah rencana strategik secara berkesinambungan
C. memberikan dukungan teknologi informasi yang terbaik
D. memberikan fasilitas khusus bagi pegawai

Jawaban : A

26. Alasan utama yang ingin dicapai dalam perencanaan sumber daya manusia pegawai adalah ….

A. sesuai dengan situasi mutakhir
B. memuluskan pergantian manajemen perusahaan
C. memudahkan distribusi pegawai sesuai bidang pekerjaan
D. menjamin pelaksanaan operasi organisasi

Jawaban : D

27. Dengan memiliki karyawan yang bersedia melakukan kerja lembur, maka perusahaan dapat menghindari ….

A. teguran dari Dinas Tenaga Kerja
B. biaya perekrutan
C. berhentinya proses produksi
D. pengangguran mesin produksi

Jawaban : B

28. Salah satu jenis uang penggantian hak yang seharusnya diterima pekerja/buruh yang di PHK perusahaan adalah ….

A. Penggantian perumahan
B. Pemberian hak membeli kendaraan dinas yang dipakainya
C. Uang tolak
D. Biaya hidup selama mencari pekerjaan baru

Jawaban : A

29. Kompensasi pada dasarnya merupakan penghargaan yang berupa ….

A. Finansial
B. promosi jabatan
C. non finansial
D. finansial dan nonfinansial

Jawaban : D

30. Untuk mencapai efektivitas kompensasi, salah satunya kompensasi harus memenuhi kriteria layak, yaitu setiap orang harus dibayar ….

A. Secara adil dan merata
B. memenuhi persyaratan minimum menurut pemerintah
C. Sesuai besaran gaji dan upah standar
D. Melebihi kebutuhan karyawan sehingga sisanya bisa ditabung

Jawaban : B

31. Memadukan pengetahuan konseptual dan teoritis dalam proses pendidikan jangka panjang secara umum adalah pemahaman dari definisi...
A. Pelatihan
B. Pengembangan
C. analisis kebutuhan
D. analisis tugas

Jawaban : B

32. Sistem pengupahan harus mendorong perilaku karyawan dalam kontribusinya terhadap ….

A. Keuntungan finansial dan non finansial perusahaan
B. Pencapaian keuntungan perusahaan jangka pendek
C. pencapaian keuntungan perusahaan jangka pendek dan jangka panjang
D. Keberhasilan perusahaan jangka panjang

Jawaban : C

33. Pemberian tunjangan kepada karyawan oleh perusahaan merupakan penghargaan yang diberikan berkaitan dengan ….

A. kinerja satu departemen dalam perusahaan
B. loyalitas kepada perusahaan
C. keanggotaannya dalam perusahaan
D. kehadiran yang selalu tepat waktu (on time)

Jawaban : C

34. Fungsi dari perencanaan dan pengembangan karier bagi karyawan adalah ….

A. Menimbulkan persaingan sehat diantara karyawan
B. Meningkatnya kinerja organisasi
C. Memberikan informasi tentang jalur karier yang tersedia
D. Memberikan kenaikan upah dan tunjangan berkala

Jawaban : C

35. Pada tahun 1900-an terjadi perubahan teknologi secara drastis, perkembangan organisasi, dan munculnya serikat buruh yang berusaha memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan buruh mengakibatkan ….

A. dibentuknya serikat Pekerja Seluruh Indonesia
B. dibentuknya serikat Buruh Seluruh Indonesia
C. dibentuknya departemen personalia
D. campur tangan pemerintah dalam pengelolaan perusahaan

Jawaban : C

36. Urutan-urutan jabatan secara vertikal maupun serangkaian peluang secara horizontal yang disusun organisasi disebut jalur karier ….

A. rangkap
B. tradisional
C. Jaringan
D. Lateral

Jawaban : C

37. Ketentuan pemerintah yang mewajibkan perusahaan melaporkan lowongan pekerjaan akan melindungi calon tenaga kerja terhadap….
A. informasi yang simpang siur
B. diskriminasi peluang kerja
C. percaloan tenaga kerja
D. penerimaan tenaga kerja dengan cara nepotisme

Jawaban : B

38. Berdasarkan ketentuan Pasal 35 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, tentang Ketenagakerjaan, lembaga swasta dapat melaksanakan penempatan tenaga kerja perusahaan asal memenuhi syarat ….
A. minimal berbentuk CV dan mendapat ijin Bupati/Walikota
B. berbadan hukum dan mendapat rekomendasi Menteri Tenaga Kerja
C. mendapat ijin dari kepala daerah atau instansi terkait di bidang ketenagakerjaan
D. berbadan hukum dan mendapat ijin dari instansi terkait di bidang ketenagakerjaan

Jawaban : D

39. Peran manajer sumber daya manusia pada awal perkembangan manajemen SDM pada umumnya bersifat ….

A. lintas departemen
B. jamak
C. lintas fungsi
D. Tunggal

Jawaban : D

40. Sinkroniasi strategi dan praktek SDM dengan strategi bisnis perusahaan harus dilakukan oleh profesional SDM. Hal ini sesuai dengan peran .….

A. manajer SDM strategik
B. manajer operasional
C. manajemen Penelitian dan pengembangan
D. manajemen profesional

Jawaban : A

41. Apa yang dimaksud dengan aspek formal?

A. Komponen organisasi yang bersifat terbuka dan mudah diakses pihak luar
B. Komponen organisasi yang bersifat terbuka dan tidak mudah diakses pihak luar
C. Komponen organisasi yang bersifat tertutup dan tidak mudah diakses pihak luar
D. Komponen organisasi yang bersifat tertutup dan mudah diakses pihak luar
Jawaban: A

42. Apa yang dimaksud dengan aspek informal?

A. Komponen organisasi yang tidak tersembunyi, afektif dan berorientasi sosial dan psikologikal, serta berkaitan dengan aspek keperilakuan
B. Komponen organisasi yang tersembunyi, afektif dan berorientasi social dan psikologikal, serta tidak berkaitan dengan aspek keperilakuan
C. Komponen organisasi yang tersembunyi, efektif dan tidak berorientasi sosial dan psikologikal, serta berkaitan dengan aspek keperilakuan
D. Komponen organisasi yang tersembunyi, afektif dan berorientasi sosial dan psikologikal, serta berkaitan dengan aspek keperilakuan
Jawaban: D

43. Organisasi mempunyai 5 karakteristik utama, yaitu:
A. Unit/entitas sosial, beranggotakan minimal 2 orang, berpola kerja yang tidak terstruktur, mempunyai tujuan yang ingin dicapai, dan mempunyai identitas diri.
B. Unit/entitas sosial, beranggotakan minimal 2 orang, berpola kerja yang terstruktur, mempunyai tujuan yang ingin dicapai, dan tidak mempunyai identitas diri.
C. Unit/entitas sosial, beranggotakan minimal 2 orang, berpola kerja yang terstruktur, mempunyai tujuan yang ingin dicapai, dan mempunyai identitas diri.
D. Unit/entitas sosial, beranggotakan minimal 2 orang, berpola kerja yang terstruktur, tidak mempunyai tujuan yang ingin dicapai, dan mempunyai identitas diri.

Jawaban: C

44. Manakah alur kerja organisasi menciptakan nilai tambah yang benar dari peran organisasi bagi kehidupan manusia di bawah ini?
A. Masukan (input) yang diperoleh dari lingkungan organisasi ← Proses transformasi terhadap input dalam rangka memberi nilai tambah ← Output yang dihasilkan ← Lingkungan organisasi: menjual output ke pelanggan
B. Masukan (input) yang diperoleh dari lingkungan organisasi ← Proses transformasi terhadap input dalam rangka memberi nilai tambah → Output yang dihasilkan ← Lingkungan organisasi: menjual output ke pelanggan
C. Masukan (input) yang diperoleh dari lingkungan organisasi → Proses transformasi terhadap input dalam rangka memberi nilai tambah ← Output yang dihasilkan ← Lingkungan organisasi: menjual output ke pelanggan
D. Masukan (input) yang diperoleh dari lingkungan organisasi → Proses transformasi terhadap input dalam rangka memberi nilai tambah → Output yang dihasilkan → Lingkungan organisasi: menjual output ke pelanggan

Jawaban: D

45. Di bawah ini, mana pernyataan yang benar? Organisasi bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:
A. Organisasi berorientasi ekonomi (bisa disebut sebagai organisasi berorientasi laba-profit oriented organization), dan organisasi tidak berorientasi ekonomi (disebut organisasi laba – not-for-profit organization)
B. Organisasi berorientasi ekonomi (bisa disebut sebagai organisasi tidak berorientasi laba-profit oriented organization), dan organisasi tidak berorientasi ekonomi (disebut organisasi nirlaba – not-for-profit organization)
C. Organisasi berorientasi ekonomi (bisa disebut sebagai organisasi berorientasi laba-profit oriented organization), dan organisasi tidak berorientasi ekonomi (disebut organisasi nirlaba – not-for-profit organization)
D. Organisasi berorientasi ekonomi (bisa disebut sebagai organisasi berorientasi laba-profit oriented organization), dan organisasi tidak berorientasi ekonomi (disebut organisasi nirlaba –profit organization)

Jawaban: C

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm