25 Contoh Soal AKG MTs Tahun 2024 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

25 Juni 2024 15:59 WIB
Kumpulan contoh soal AKG MTs tahun 2024 lengkap dengan kunci jawabannya.
Kumpulan contoh soal AKG MTs tahun 2024 lengkap dengan kunci jawabannya. ( Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan mengenai kumpulan contoh soal AKG MTs tahun 2024 dan kunci jawabannya.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program Madrasah Education Quality Reform (MEQR).

AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024, dan wajib diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA.

AKGTK ini dilaksanakan secara daring di Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) yang berlokasi di satuan pendidikan madrasah terdekat di Kabupaten/Kota masing-masing.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi akan menentukan TAK yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan AKGTK dan mencatatkannya di SIMPATIKA.

Terkait dengan hal ini di bawah ini kumpulan contoh soal AKG MTs 2024 dan kunci jawabannya yang dapat Anda jadikan sebagai bahan belajar, dikutip dari berbagai sumber.

Soal AKG MTs Tahun 2024 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Pedagogik

Soal 1

Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah....

  • Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
  • Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
  • Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
  • Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa
  • Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

Jawaban: Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

Soal 2

Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi, yaitu "menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras", jika seo pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah…

Jawaban: Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar.

Soal 3

Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif.

Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya....

Jawaban: Konsep

Soal 4

Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran yang tepat yaitu....

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm